Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Keindahan Pulau Maratua dengan Julukan sebagai Paradise Island atau Firdaus

Indonesia yang terkenal banyak pulau-pulau nya selalu menjadi primadona yang wajib di jelajah  seperti Bali, Lombok dan yang lainnya. Salah satu pulau eksotis di Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi selatan kota Tarakan Kalimantan Timur dan berbatasan langsung dengan Malaysia dan Filipina adalah maratua. Pulau dengan julukan sebagai Paradise Island atau firdaus ini memiliki atol dan koral yang begitu indah dan masih alami.

Untuk menuju ke tempat ini, harus pergi terlebih dulu ke Bandara Juwutan di Tarakan. Saat ini sudah banyak alternatif Dari Tarakan, dapat menggunakan pesawat menuju Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau. Kemudian dari Tanjung Redeb, menggunakan speed boat atau kapal penumpan menuju Pulau Maratua. 

Jika cuaca bagus membutuhkan sekitar kurang lebih 3 jam menuju Pulau Maratua dari Tanjung Redeb. selain menggunakan speed boat bisa mengunakan pesawat menuju pulau maratau namun sebagai traveler atau backpacker sebaiknya menggunakan speed boat selain murah kita bisa melihat pemandangan sekitar pulau dan bisa mengunjungi beberapa pulau selain maratua di sekitar kepulauwan dermawan.

Berikut kenikmatan jika berkunjung kepulau Maratua :

1. Penyu Hijau

Penyu hijau di pulau Maratua (sumber : imgarcade.com )

Dengan nama latin Chelonia mydas, kita bisa melihat penyu-penyu hijau ini di sepanjang pantai Pulau Maratua. Pulau ini terkenal sebagai tempat bertelur bagi penyu hijau terbesar di perkirakan  ada ratusan penyu bertelur di pulau ini setiap tahunnya.

2. Diving

Para pecinta snorkeling dan diving ini akan menjadi moment yang indah karena Di Kepulauan Derawan, khususnya Pulau Maratua terkenal menjadi lokasi snorkling dan diving yang begitu indah. kita bisa melihat berbagai terumbu karang yang beraneka ragam dan Warna di laut sekitar Pulau Maratua.

Menurut orang-orang setempat ada 21 titik penyelaman yang bisa di coba di sini. setiap obyek penyelaman memiliki eksotisme tersendiri yang berbeda-beda. Jika para diving beruntung bisa menjumpai langsung penyu hijau dan ikan pari raksasa sambil menyelam di tempat ini.

Keindahan pulau Derawan  di Maratua, sumber ig @pia_pieull
Terdapat dua titik penyelaman yang paling terkenal di tempat ini yaitu turtle traffic dan big fish country.

1. Turtle traffic

Di tempat ini para diving dengan mudah menjumpai penyu hijau ada ratusan penyu hijau sering melintas di area ini. Jadi kita bisa melihat dengan jelas penyu hijau dari dekat, sehingga tempat ini menjadi rekomendasi untuk kamu.

2. Big Fish Country

Salah satu tempat favorite lainnya untuk diving yaitu big fish country. Lokasi ini arusnya cukup kuat dan banyak ikan berukuran besar seperti ikan pari raksasa, ikan tuna, dan bahkan hiu berukuran besar anda bisa jumpai disini. Dive spot di Pulau Maratua selalu terdapat berbagai binatang laut yang unik dan menarik ada ubur-ubur, kuda laut, gurita, lobster, cumi-cumi, barakuda dan bahkan hiu putih.

Abu Ziyad
Abu Ziyad Wisdom : "Hamba yang banyak dosa, jika kehilangan b akan jadi hama di dunia."

Post a Comment for "Keindahan Pulau Maratua dengan Julukan sebagai Paradise Island atau Firdaus"