Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Segudang Manfaat Olahraga Yoga untuk Pemula Wanita dan Pria

Pada umumnya yoga yang dikenal sebagai olahraga wanita saja ternyata yoga punya manfaat yang sama untuk kesehatan jiwa bagi pria, oleh karena itu olahraga yoga sangat digemari pria dan wanita, banyak Kelas-kelas yoga sudah menjamur dikota besar, ada yang berbayar ada juga gratis yang dilakukan oleh komunitas olahraga yoga.

Peneliti dari Boston University menemukan banyak khasiat dari gerakan yoga. Olahraga yoga dengan istilah olahraga tubuh (meditasi) mental dan pikiran dan masih banyak keuntungan bagi kesehatan jiwa. Yoga dapat menenangkan pikiran yang stress, membantu tubuh menjadi lebih segar dan rileks.


Yoga dapat melancarkan darah dan melancarkan pernafasan, menguatkan jantung dan membentuk otot. Bagi anda seorang pemula yoga, anda boleh mencoba setiap sesi gerakan yoga 30 detik dengan gerakan ringan yang mudah terlebih dahulu, agar badan menjadi lentur dan terbiasa tidak kaku, sebelum melangkah kegerakan yang lebih sulit. Berikut penjelasan manfaat olahraga yogya

Manfaat Olahraga yoga untuk pria dan wanita bagi kesehatan

Melancarkan pernafasan

konsetrasi yoga melancarkan pernafasan
Kelas yoga dapat melatih kita teknik pernafasan yang baik, yoga memusatkan energi pada teknik tarikan nafas, dalam yoga teknik ini dikenal dengan istilah pranayama. 

Gerakan yoga pranayama melatih anda mengambil nafas panjang dan mengeluarkan nafas perlahan sehingga paru-paru menjadi lebih baik. Latihan nafas pranayama juga dapat mengurangi masalah asma. Jika sobat yang punya riwayat asma cobalah latihan yoga secara rutin dan benar.

Meditasi yoga dapat mengurangi Stres dan meningkatkan konsentrasi

meditas yoga dapat mengurangi stres

Salah satu manfaat yoga untuk pria yang sudah sibuk dengan aktifitas rutin bekerja seharian adalah mengembalikan mood. Karena menurut studi menunjukan bahwa rutin yoga dapat memperbaiki mood, ngurangi stress, menyegarkan badan, tidur jadi lebih nyenyak karena setiap gerakan yoga menggabungkan teknik pernapasan dan meditasi. menurut sebuah penelitian yang dikerjakan di Boston university school of medicine bahwa yoga meningkatkan aktifitas GABA memperbaiki ketidak seimbangan sistem saraf sehingga gejala seperti stress berkurang dan konsentrasi meningkat.


Yoga dapat menurunkan berat badan

Yoga bisa menurunkan berat badan

Anda yang kesulitan menurunkan berat badan? Manfaat yoga untuk diet loh, boleh mencoba olahraga yang satu ini, yoga bisa dibilang olahraga murah dan hemat waktu. Dengan rutin yoga membantumu mengontrol nafsu makan yang berlebih. Dengan belajar kosentrasi pada latihan yoga anda akan terlatih menahan rasa keinginan untuk makan setiap waktu.

Saat latihan dengan gerakan hatha yoga 1-1,5 jam setiap sesinya anda berhasil membakar lemak 300-500 kalori, setiap kalori yang terbakar akan dikeluarkan melalui keringat. Bahkan orang percaya faedah yoga juga bisa mengecilkan perut yang buncit. Baca Juga cara lain mengecilkan perut buncit tanpa olahraga yang berat.

Mengencangkan otot-otot tubuh dan meringankan sakit punggung

Beberapa gerakan yoga jika dilakukan dengan benar akan meringankan sakit punggung bahkan bisa mengobati, hal ini disebabkan karena setiap meditasi gerakan dapat melenturkan tubuh. 

Tidak hanya itu, yoga juga mengencangkan otot-otot tubuh lainnya, karena hampir semua otot bekerja saat meditasi dalam gerakan yoga, seperti otot lengan, betis, bokong, abdomen, perut, dan bahu. Jika rutin berolahraga yoga tubuh akan terbentuk dengan sendirinya. Anda bisa mencoba cara cepat membentuk badan berotot.

Manfaat Gerakan yoga dapat menguatkan keseimbangan Tubuh

Gerakan plank dalam yoga

Meningkan energi dalam tubuh sangatlah penting, agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu rasa malas, lelah dan tidak semangat. Lakukan meditasi yoga gerakan keseimbangan yang benar dengan beberapa varian, misal plank, lateral, down-dog, spinal-arch. Melalui gerakan keseimbangan ini dapat menguatkan otot secara berkala namun efisien hasilnya.

meningkatkan kebugaran setiap hari

Guna menjaga kebugaran tubuh setelah beraktivitas padat, dengan rutin latihan yang berkualitas. badan akan terasa fresh dan segar, otot-otot akan lentur, saraf kembali bekerja normal dengan gerakan yang benar postur tubuh menjadi lebih baik sehingga yoga akan terasa manfaatnya. 

Kesimpulan

Itulah, beberapa manfaat olahraga yoga yang sehat untuk tubuh, meskipun sebagai pemula tetaplah menjaga kualitas makanan yang sehat. meskipun awal-awal latihan cukup sulit namun jika badan sudah terbiasa akan terasa ringan demi kesehatan tubuh, ketenangan pikiran setelah meditasi sehingga konsentrasi pikiran meningkat. Salah Sehat !


Anda bisa memilih waktu yoga pagi atau sore hari. Namun perhatikan kemampuanmu jangan dipaksakan. Sudah banyak Testimoni manfaat yoga baik itu untuk kesehatan, kecantikan dan yoga bisa bikin awet muda.

Post a Comment for "Segudang Manfaat Olahraga Yoga untuk Pemula Wanita dan Pria"