Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Resep Sambal Pecel Lele dan Pecel Ayam ala Pinggir Jalan


infoopas.com - Makanan pecel lele dan pecel ayam sangat digemari oleh semua kalangan, rasanya yang gurih dan renyah dipadukan dengan sambal tomat dan terasi, menjadikan pecel lele maupun pecel ayam menjadi salah satu hidangan favorite, maka tak heran sudah menjamur di pinggir jalan menjelang sore sampai malam.
Bahan sambal lele goreng pinggir jalan

Banyak orang rela antri lama demi menikmatnya rasa sambal pecel lele ini, Kepikiran gak kita bisa membuat resep sambal pecel lele lamongan sendiri dirumah. Hampir setiap orang ingin Memasak karena sehat dan hemat. Resep sambal rasa pedas gila juga bisa anda bikin, atau menambahkan bahan terasi di sambal sehingga ada sensasi rasa gurih seperti yang biasa di jual dipinggir jalan.

Kuliner khas ini berasal dari daerah jawa timur, untuk menitmati nya pun cukup mudah, hampir setiap daerah pasti menyediakannya, terutama wilayah lamongan karena awal mulanya dari sana.

Resep Sambal Pecel lele pinggir jalanan

gambar by pixabay
Bahan-Bahan nya sebagai berikut :
  1. Tomat segar yang sudah matang 1 Buah, anda bisa menambahkan jika ingin membuat sambal yang porsi banyak
  2. Cabai rawit merah atau cabe kecil, pedasnya tergantung selera biasanya untuk satu porsi makan saya menggunakan 10 biji. mau lebih pedas anda tinggal menambahkan
  3. Cabai merah 3 biji, Hanya untuk mempercantik warna alami sambal bisa juga tidak menggunakan
  4. Bawang Merah sedang 7 biji
  5. Bawang putih sedang 4 biji
  6. Garam sesuai selera, saya lebih suka sedikit asin
  7. Gula putih 1/2 sendok teh pengganti micin
  8. Kemiri satu butir
  9. Lengkuas sebesar kuku kelingking
  10. Terasi, bisa juga tidak menggunakan
  11. Minyak goreng secukupnya

Berikut cara membuat Sambal pecel Lele anda bisa sesuikan selera

  1. Siapkan semua bahan diatas dan cuci bersih agar higenis.
  2. Rebus tomat utuh sampai terlihat matang, biasanya kulit luar tomat akan retak jika sudah matang
  3. goreng cabe rawit dan cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi (jika ingin mau menambahkan terasi) dan lengkuas. diminyak panas sampai matang kurang lebih 5 menit. lalu tiriskan.
  4. Siapkan cobek atau ulekan yang bersih, ulek semua bahan yang sudah di goreng hingga hampir halus, masukan tomat, tambahkan garam, terasi, ulek kembali sampai halus
  5. Siapkan kuali atau teflon dengan api kecil, tuangkan minyak satu sendok makan, lalu goreng semua bahan yang sudah di ulet. cukup 5 menit
  6. Sambal Siap dihidangkan
Bahan sambal pecel juga tidaklah sulit begitupun bumbu sambal pecel ayam. Bisa memasak membuat anda merasa disayangi keluarga dirumah karena Gizi menjadi pertimbangan sendiri. 

Resep Sambal pecel lele ini bisa anda taburi dengan pake kacang, beberapa lembar daun kemangi, koll dan mentimun sebagai lalapannya. tidak hanya lele goreng, sambal ini enak dan nikmat bersama ayam goreng penyet ala lamongan.

Post a Comment for "Resep Sambal Pecel Lele dan Pecel Ayam ala Pinggir Jalan"