Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

9 Cara mudah membuat Artikel SEO Page 1 Google

infoopas - Hallo sahabat blogger kali ini kita bahas tentang membuat artikel SEO, namun sebelumnya apa itu Search Engine Optimization (SEO), Berpengaruh kah dengan perkembangan blog? Jawabannya ya tentu sangat berpengaruh, menurut algoritma Google dan para master SEO mengungkapkan bahwa agar dapat bersaing dan bisa berada di halaman page 1 google pencarian, maka wajib membuat artikel SEO menggunakan teknik Search Engine Optimization yang optimal.

Banyak sekali teman-teman yang kesulitan menulis artikel begitupun seorang blogger pemula. padahal kita tahu inti dari sebuah blog adalah artikel. Jika tujuan membuat blog agar menghasilkan uang dari internet adalah dengan memberikan layanan konten artikel setiap hari sehingga banyak yang berkunjung ke blog atau website kita.

Intinya adalah Setiap menulis artikel gunakan teknik SEO friendly (enak dibaca), karena mengoptimalkan sebuah konten, membidik visitor (orang) tertarik membaca, tidak hanya enak dibaca tetapi juga bermanfaat oleh pembaca.

Lalu bagaimana dengan seorang blogger pemula, yang tidak terbiasa menulis? jawab nya adalah harus belajar dan sering latihan menulis, begitupun dengan saya waktu awal membuat blog infoopas ini. Sangat kaku ditambah wawasan yang kurang, sehingga kendala dalam setiap kali membuat konten artikel.

Cara menulis artikel SEO yang optimal

Cara mudah membuat Artikel SEO Page one Google
Cara mudah membuat Artikel SEO Page one Google seperti website www.infoopas.com

Menurut pengalaman saya menggunakan teknik dan optimal SEO yang tepat, sehingga saya bisa berada di page one google seperti gambar di atas, saya akan menggunakan bahasa yang sederhana, menjelaskan perlahan agar mudah di praktekan untuk edukasi blogger pemula. nah, kenapa bisa berada 1 page google berikut tips cara menulis artikel dan penjelasannya


1. Judul yang tepat Sasaran

Inti dari sebuah artikel adalah pemilihan judul yang tepat sasaran, gunakan judul yang unik dan kemungkinan besar di cari pengunjung, tentunya mudah di pahami sehingga dapat membuat penasaran pengunjung. Judul yang tepat menentukan pencarian google dan menentukan banyaknya pengunjung (visitor).

Jangan mengunakan judul artikel terlalu panjang maksimal 9 kata, terkecuali blog sudah terkenal boleh-boleh saja menggunakan judul yang panjang. kita disini sebagai pemula, jadi targetkan kata kunci yang sederhana.

2. Riset Keyword dengan tools gratisan

Riset Keyword denga tools gratisan

Lihat Gambar diatas, Setelah menentukan judul artikel langkah berikutnya menguji keyword judul sudah tepat atau belom, untuk riset keyword yang biasa saya gunakan ialah Ubersuggest, klik Neipatel.com tuliskan dua atau tiga kata yang ingin kalian bidik. 

Nanti akan muncul beberapa kata yang bisa kalian pakai untuk judul artikel. sebaik apapun artikel yang kalian buat tidak akan berpengaruh jika salah menentukan target judul artikel, gunakan beberapa keyword kata turunan tersebut, rangkai menjadi sebuah kalimat untuk judul yang tepat.

3. Membuat Optimal Susunan Artikel 

Mengoptimalkan susunan artikel, misal begini anda mau membuat proposal, bukankah proposal yang baik jika kerangkan penulisannya teratur. Dengan cara ini diharapkan kita bisa menulis berdasarkan kerangka dan memudahkan kita menyusun tiap-tiap paragraf.

Sama seperti membuat artikel ilmiah atau untuk tugas kuliah, caranya adalah dimulai dari pengertian atau penjelasan misal contoh artikel yang saya buat 8 Langkah Blog diterima Google Adsense atau tentang belajar SEO dalam 10 Menit. Paragraf pertama jelaskan yang berkaitan dengan judul tersebut, paragraf kedua subjudul dan seterusnya sampai dengan kesimpulan.

4. Menyusun Paragraf pada setiap kalimat

Buatlah setiap paragraf dalam artikel tersusun rapi seperti yang saya jelaskan diatas, Paragraf kedua dan seterus nya setelah penjelasan ialah tahap awal, cerita masalah (sebab-akibat) dan di akhiri penutup atau kesimpulan.  

Setiap paragraf tidak boleh kalimat terlalu pendek, minimal 150 kata. dan juga ngan teralu panjang supaya lebih enak di baca dan mesin pencari google tidak bingung.

5. Menulis artikel jangan Keluar dari konten judul

Ini juga penting salah satu optimal SEO dan tidak membingungkan google, jangan pernah keluar dari kontek yang di bahas, Misal judulnya tentang Manfaat Oatmeal untuk diet tenyata yang di bahas tentang blog, sehingga tidak singkron antara judul dan isi setiap paragraf.

Fokuslah apa yang mesti dibahas, cobalah merangkai kata dengan gaya bahasa sendiri, buat setiap kalimat tersusun secara detail, sebelum di publish pastikan tidak ada kalimat yang typo tidak telalu banyak, dan hapus kata yang tidak enak dibaca (baku)

6. Membuat internal link yang sesuai judul

Cara ini bertujuan agar pengunjung blog tetap ingin berlama-lama dan terus membaca artikel yang lainnya, namun perlu di perhatikan internal link yang kita gunakan masih sesuai atau berhubungan dengan judul yang kita bahas

Jika topik yang kita bahas tentang makanan, maka sebaiknya internal link yang kita pasang tentang makanan juga. jangan membuat bingung pencarian google dengan internal link yang tidak sama.

7. Optimalkan Panjang dalam satu artikel

Sebenarnya tidak ada batasan jumlah kata dalam satu artikel, kadang ada satu judul hanya menggunakan 500 kata namun tetap berada di page on google, ini di sebabkan google lebih suka jika kalimat tersusun bagus dan berkualitas.

Hanya sebagai saran, alangkan baiknya buatlah satu artikel lebih dari 1000 kata labih panjang lebih bagus, dengan artikel yang lengkap maka dipastikan dapat bersaing di beranda page 1 google.

8. Artikel original dan artikel harus layak baca

Membuat konten juga tidak boleh ngasal menulis artikel original lebih efektif, maksudnya adalah tulisan yang kita buat tidak melanggar duplikat artikel. karena kebiasaan kita ingin cepat-cepat membuat artikel baru sehingga aturan google dan blog pun dilanggar misal membajak artikel orang lain lalu dengan cara copy-paste mentah-mentah.

Jikapun kehabisan ide lalu ingin rewrite artikel orang lain dengan maksud mengembangkan lebih luas, berikut Tips unik Menulis Ulang artikel Blog Orang lain gunakanlah gaya bahasa sendiri sehingga tidak melanggar aturan dan aman bebas plagiat dan tetap di cintai google.

Tips menulis ulang artikel ini juga sudah berada di beranda page one google, silakan ketik di google dengan kata kunci "Menulis ulang artikel orang lain 2019"

9. Daftar Google webmaster tools console dan bing

Langkah Akhir setelah menulis artikel adalah input link judul ke google search console dan bing, kenapa mas perlu di daftarkan digoogle search console dan bing? supaya blog dan artikel yang anda buat bisa lebih cepat terindex mesin pencari google dan bing. Cara daftar Bing 

google search console
Tampilan google search console 


Jika sudah mendaftar ikuti langkah di atas namun disini saya belom menjalaskan cara mendaftar google search console sudah banyak yang membahas silahkan cari di google ya sahabat.

Kesimpulan membuat artikel yang menarik untuk dibaca

Blog itu apa yang membuat orang tertarik ingin mengklik dan membacanya? ya tentu tulisan nya terstruktur, artikel Original dan buatlah artikel dengan kerangka yang baik, seperti daftar isi sebuah buku dimulai dengan judul dan di akhiri dengan kesimpulan.

Perlu di ingat, Mengoptimalkan SEO Friendly untuk menembus halaman pertama google bukanlah teknik yang instan, perlu waktu berminggu-minggu, namun jika anda beruntung bisa langsung tembus page one dalam hitungan menit atau jam.

Faktor tersebut berpengaruh dengan kuatnya tingkat persaingan kata kunci yang anda bidik, jika belom mengerti silahkan membaca ulang dari awal lagi. 

Post a Comment for "9 Cara mudah membuat Artikel SEO Page 1 Google"