Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Manfaat Buah Jambu biji Merah untuk Kesehatan

infoopas.com - Jambu biji adalah jenis buah tropis. Jambu biji tumbuh subur hampir diseluruh wilayah indonesia. Rasanya yang manis dan banyak manfaat untuk kesehatan menjadikan buah jambu biji merah sangat laku dipasaran karena buah jambu sangat populer dimasyarakat.
Jambu batu sebenanrnya terdiri dari beberapa jenis, ada yang jambu biji merah dan jambu biji putih, dua jenis jambu biji ini tidak hanya lezat dan harganya yang murah-meriah, tetapi juga sama-sama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Manfaat Buah Jambu biji Merah untuk Kesehatan
Kita tidak perlu membahas satu persatu jambu biji ini ya, karena manfaat kesehatan yang dibutuhkan tubuh, dua jenis jambu ini sama saja, Nah sekarang simak ya


kandungan psidium guajava fruit

Kandungan Jambu biji yang memiliki bahasa latin Psidium guajava ini sangat komplit, Bayangkan satu biji Buah jambu merah mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh manusia. Jambu biji merah juga merupakan buah yang tinggi serat sehingga bisa menjadi alternative jika anak yang susah makan sayur dan untuk ibu hamil.
Beberapa yang kandungannya cukup tinggi seperti 

  • vitamin A, vitamin C, asam folat, vitamin B6, vitamin B3, kalium, mangan, magnesium, sampai dengan mengandung tembaga. Bahkan nih katanya kandungan vitamin C dalam buah jambu biji merah lebih tinggi daripada jeruk. Wow

Manfaat dari buah jambu biji merah

Manfaat dari buah jambu biji merah
jus jambu biji merah by pixabay
Melihat Kandungan yang terdapat pada jambu biji merah tentu memiliki banyak manfaat yang mungkin sebagian orang belum mengetahui, Apa saja sih manfaatnya untuk kesehatan kita

  1. Untuk pengobatan dan mencegah kanker, karena Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker yaitu likopen
  2. Dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan, karena satu buah jambu biji merah mengandung 12% serat kebutuhan tubuh
  3. Apakah anda penderita diabetes? kandungan serat yang tinggi maka sangat baik untuk penderita diabetes, karena penderita diabetes diwajibkan melakukan diet gula tertentu untuk mencegah risiko naiknya kadar gula darah.
  4. Baik untuk kesehatan jantung, Kandungan serat dalam jambu dapat menurunkan kolesterol LDL dan kandungan kalium yang tinggi dalam jambu biji merah juga dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah.
  5. Buah Jambu Biji dapat meningkat system kekebalan tubuh, karena mengkonsumsi satu buah jambu biji sehari saja sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda, luar biasa bukan?
  6. Meningkatkan kadar trombosit, bagi penderita demam berdara atau DBD disarankan mengonsumsi buah jambu biji merah setiap hari untuk meningkatkan trombosit karena lebih efektif. Tips merawat Pasien DBD tanpa harus opname jadi tidak perlu dirawat Inap
  7. Manfaat jambu biji merah untuk diet. Dipercaya dapat Menurunkan berat badan. Mau diet cobalah makan satu buah jambu perut menjadi terasa lebih kenyang karena mengandung serat yang tinggi. Serat mejadikan anda malas makan banyak.
  8. Jambu biji dapat menyembuhkan Diare, karena tanaman jambu biji memiliki kandungan astringen.

Penutup Manfaat Jambu dan cara Penyajian

Demikianlah manfaat dari buah jambu biji merah, sebetulnya masih banyak manfaat lainnya yang terkandung dalam buah jambu, misal manfaat jambu biji untuk ibu hamil dan bahkan menurut penelitian jaman dulu, daun jambu biji juga digunakan sebagai alternative penyembuhan sebagai obat tradisonal karena dalam daun jambu mengandung zat antibakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri masuk dalam tubuh.

Boleh kok buah nya bisa dimakan langsung tanpa dikupas, cukup di cuci sampai benar bersih, atau buah jambu biji bisa di jus, untuk menambah manfaat kesehatan boleh tambahkan sedikit madu asli. sedangkan daun nya sebagai obat tradisional, cukup merebus dengan 3 gelas air dengan api sedang. selamat mencoba, sehat selalu.

Post a Comment for "Manfaat Buah Jambu biji Merah untuk Kesehatan"