Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

13 Manfaat buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh dan Pencegahan Penyakit

Pisang merupakan salah satu buah yang biasa dijadikan buah pencuci mulut dan selalu ada di meja makan. Pisang kepok, pisang tanduk, pisang ambon, pisang raja dan lain-lain semuanya bernutrisi sama dan berkhasiat. Rasanya yang manis dan nikmat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman dan kue. Meskipun harga pisang murah ternyata manfaat pisang yang luar biasa sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Manfaat buah Pisang untuk Kesehatan
Khasiat buah pisang untuk kesehatan dan pencegahan penyakit 
Bagusnya pisang memiliki tinggi kandungan gula dan serat sehingga buah pisang banyak digunakan oleh pria olahragawan untuk pemulihan energi saat selesai olahraga. Banyak atlit pria memilih buah pisang sebagai pemulihan dan menambah stamina. Dan tidak hanya itu, masih banyak manfaat dari buah pisang yang dibutuhkan tubuh kok, Berikut beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan dan pencegahan penyakit.


Manfaat Pisang untuk Menyehatkan Tubuh dan Mencegah Penyakit

1. Melancarkan peredaran darah

Pisang dapat melancarkan peredaran darah karena pisang memiliki kandungan potasium dan kandungan kalium untuk membantu menurunkan tekanan darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.

Selain kalium dan potasium pisang juga mengandung vitamin B6 yang penting dalam pembuatan kekuatan antibodi dan hemoglobin dalam darah. Vitamin B6 berfungsi dalam menjaga gula darah tetap stabil.



2. Membantu pencernaan dan baik untuk usus

Serat yang terkandung dalam buah pisang sangat baik untuk mengurangi resiko penyakit sembelit, mencampur pisang dengan segelas susu membantu mengurangi penyakit usus yang berbahaya


3. Menjaga kesehatan mata

Pisang memiliki vitamin A yang larut dalam lemak yang sangat penting untuk melindungi mata.


4. Menyehatkan jantung dan tulang

Mengkonsumsi pisang pada saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung secara optimal.

Buah pisang kaya akan serat makanan, yang berkhasiat bisa mencegah penyakit jantung koroner, buah tropis ini juga memiliki kandungan kalium yang tinggi namun rendah natrium. pisang merupakan buah yang baik untuk mencegah tekanan darah tinggi penyabab jantung.



5. Membantu peremajaan kulit

Tidak hanya daging nya saja, kulit pisang juga bermanfaat untuk kecantikan seperti untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, dapat menyembuhkan pemulihan luka saat cedera, dan membantu peremajaan kulit untuk kecantikan saat iritasi.

6. Sumber energi

Pisang megandung 3 jenis gula alami, glukosa, sukrosa dan laktosa yang dapat dengan mudah di ubah menjadi energi. Makanya banyak atlet yang suka makan buah pisang saat jeda latihan dan setelah latihan untuk menambah energi akibat olahraga secara instan.


7. Sistem Syaraf yang sehat

Kandungan potasium pada pisang dapat mencegah serangan strok, yang biasa menyerang saraf. Terbukti sebuah penelitian menunjukan bahwa sering mengkonsumsi pisang dapat mengurangi 40% kematian akibat sakit strok. 


8. Penyakit Anemia

kandungan besi pada pisang menjadikan buah ini baik di konsumsi setiap hari oleh penderita kurang darah.


9. Penyakit Liver

Satu buah pisang setiap hari yang di campur dengan madu dapat memberikan stimulan untuk menambah nafsu makan bagi penderita liver.


10. Diare

Pisang juga di rekomendasikan untuk perawatan diare. elektoril seperti kalium akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare sehingga penderita diare akan merasa lemah dan lemas

11. Kesehatan ginjal

Manfaat buah pisang untuk kesehatan ginjal. Karena pisang mengandung kalium. Dengan bantuan kalium pisang juga bisa mengurangi resiko gagal ginjal.


12. Manfaat buah pisang untuk ibu hamil

Menurut studi dan penelitian merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah pisang 2-3 buah setiap hari. Khasiat buah pisang untuk ibu hamil dapat membantu perkembangan otak janin. 

Pisang mengandung berbagai nutrisi salah satunya asam folat yang dibutuhkan ibu hamil. Tidak hanya itu saja asam folat juga berperan dalam pembentukan sumsum tulang belakang pada janin.



13. Membantu program diet

Diet yang baik adalah harus memperhatikan pencernaan tubuh semakin lancar pencernaan maka semakin mendapatkan tubuh yang ideal.

Manfaat pisang untuk diet bisa sobat lihat dari kandungan yang terdapat didalamnya yaitu Kandungan gizi dan serat yang tinggi tetapi rendah lemak pada pisang dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan membuat lebih cepat kenyang. oleh karena itu, konsumsilah buah pisang setiap hari sebagai bagian program diet

Jenis pisang untuk diet sehat dan cepat adalah pertama pisang ambon, karena pisang ambon jenis pisang yang mengandung senyawa asam lemak rantai pendek. senyawa ini berguna untuk meningkatkan kemampuan menyerap nutrisi didalam tubuh. Kemudian pisang cavendish dan pisang raja sangat baik digunakan untuk pengganti nasi (karbohoidrat).

Demikianlah, informasi mengenai khasiat pisang. Selagi mudah didapatkan dan rasanya juga enak. Mari ambil manfaat buah pisang dengan menikmati kelezatan nya untuk menjaga kesehatan. Mulai sekarang jadikan pisang sebagai buah favoritemu dirumah.

Post a Comment for "13 Manfaat buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh dan Pencegahan Penyakit"