Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

5 Cara Ampuh Mengatasi Jingling Blog dan Wordpress Wajib Tahu

Seorang blogger harus pandai mengatasi berbagai masalah blog, selain bom klik iklan, hal menyebalkan yaitu jingling blog. Kegiatan yang satu ini cukup merepotkan karena menyerang blog dengan mendatangkan visitor palsu. Google sangat tidak menyukai hal seperti ini karena dapat di anggap sebagai spam. 

Jumlah trafik merupakan suatu hal yang paling berpengaruh, semakin tinggi pengunjung semakin baik sebuah blog di mesin pencari, Namun tidak dengan jingling karena di anggap sebuah spam robot, bahaya yang ditimbulkan dapat membuat blog anda turun reputasinya di google. Jangan khawatir, anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Yuk, ketahui cara mengatasi jingling blog pada artikel ini.
Cara Mengatasi Jingling Blog Wajib Anda Coba

Siapa yang tidak merasa terganggu saat blognya terkena jingling? Semua blogger sudah pasti sangatlah terganggu. Terlebih, jika jingling yang di datang memiliki tingkat volume yang cukup besar. Maka, dapat menganggu kepercayaan blog anda di pencarian google. Untuk itu, setelah anda mengetahui bahwa blog sedang di serang jingling. Segera mungkin untuk dapat mengatasinya. Inilah cara mengatasi jingling blog yang bisa anda gunakan.

Beberapa Cara Mengatasi Jingling Blog dan Wordpress

Terdapat beberapa cara mengatasi jingling pada blog anda. Sebagai berikut :

1. Setting Robots.txt

Cara yang cukup ampuh untuk dilakukan yaitu dengan melakukan setting pada bagian robots.txt. Mengapa demikian? Karena, untuk membantu agar hanya googlebot saja yang diperbolehkan untuk melakukan perayapan blog. Dengan cara ini, cukup baik untuk dilakukan agar tidak terserang jingling pada blog. Cara ini hanya berlaku untuk para pengguna blogger. Berikut ini caranya:

2. Buka Dashboard Blogger

1. Pertama, anda bisa membuka dashboard dari blogger. Yaitu dengan mengunjugi halamanan blogger disini lalu melakukan sign in.

2. Kemudian, akan terdapat banyak navigasi di sebelah kiri. Anda bisa klik pada setelan/settings.


3. Akan muncul beberapa pilihan seperti basic, post, emal dll. Kemudian pilih preferensi penelusuran / Search Preferences. 



4. Setelah itu, akan terlihat “robots.txt” 5. klik pada edit.



3. Edit Robots.txt

Selanjutnya Setelah klik edit (nomor 4 diatas), yang harus anda lakukan yaitu melakukan editing dari file ini. Klik centang “ ya” untuk dapat mengaktifkan setelan khusus. Setelah itu, anda bisa menambahkan teks dibawah ini ke dalam kolom dari file kemudian save.
User-agent: Mediapartners-GoogleDisallow:
User-agent: GooglebotAllow: /Disallow: /search 
User-agent: *Disallow:
Sitemap: http://www.bloganda.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Lanjut, ubahlah tulisan yang berwarna merah dengan alamat dari blog anda. Kemudian, anda dapat melakukan klik pada tulisan simpan perubahan. Maka, robots.txt sudah selesai di setting dan jauh lebih aman dari jingling yang bisa saja menyerang. Tunggulah sampai terdeteksi atau di index oleh google minimal 1x24 jam atau biasanya paling lama seminggu.

Cara Mengatasi Jingling Wordpress


4. Install SSL

Secure Socket Layer merupakan salah satu langkah yang dapat mengamankan website anda dari serangan jingling. SSL memiliki ciri khas yaitu adanya perubahan dari http ke https. Keamanan yang diberikan jauh lebih tinggi di bandingkan sebelumnya. Bagaimana cara menginstallnya? Untuk blogspot bisa memanfaatkan cloudfare. Sedangkan, untuk pengguna wordpress bisa memanfaatkan SLL yang diberikan secara gratis di cpanel setiap hosting.

5. Install Plugin Wordpress

Tidak jarang, para pengguna wordpress juga menjadi sasaran oleh para pengguna jingling. Serangan bot yang berlebihan pada blog dapat menyebabkan website menjadi down dan sebagainya. Jadi, sangat penting untuk dilakukan penanganan yang tepat. Salah satu yang bisa digunakan dengan menginstall plugin. Plugin yang memiliki keamanan fitur user agent.

W3 Total Cache memiliki fitur tersebut dan terbukti mampu untuk menangkal datangnya bot berlebihan secara otomatis. Plugin ini bekerja di latar belakang, dengan secara otomatis di latar belakang. Selain itu, plugin ini juga bermanfaat untuk dapat mempercepat loading blog anda. Jadi, double manfaatnya. Tentu, anda harus mencobanya!

Dampak Buruk dari Jingling

Alangkah baiknya sebelum membahas tentang cara mengatasi jingling lebih baik kita mengetahui dampak buruk dan negatif dari jingling untuk sebuh blog dan wordpress, seperti berikut:
1. Terdeteksi SPAM oleh mesin google
2. Dapat di banned oleh google adsense
3. Situs, blog, web, wordpres bisa di hapus (penalty) oleh google.
4. Rengking alexa tidak bagus

5. Tidak ada clinet atau endorse yang mau bekerja sama

Oke, itulah informasi 5 cara ampuh mengatasi jingling dan dampak negatif yang di timbulkan dari penggunaan jingling, karena algoritma mesin google selalu berubah dari waktu ke waktu, oleh karenanya sangatlah mudah bagi google mengetahui jingling jika sengaja di lakukan oleh seorang blogger untuk meningkatkan trakfik secara instan (bot) bukan organik (hasil pencarian di google). 


Semoga blog yang anda bangun dengan susah payah terhindar dari orang jahil yang ingin jingling, dan bagi yang suka jingling masih ada waktu untuk sadar karena tuhan tidaklah tidur. lebih baik gunakanlah cara-cara halal untuk cara mendapatkan uang dari internet. Gunakan ilmu dan kepintaranmu untuk kebaikan dan saling menolong.

Post a Comment for "5 Cara Ampuh Mengatasi Jingling Blog dan Wordpress Wajib Tahu"