Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

5 Bahan Baju Kaos yang Bagus dan Adem Untuk Distro

Kain merupakan bahan utama untuk membuat baju. Kualitas sebuah kaos ditentukan dari bahan baku kain bagus dan terbaik. Jika salah memilih kain, maka kualitas baju kaos akan mudah luntur, berjamur, panas, bau dan bahkan cepat rusak.

Jenis bahan baju kaos sangatlah banyak, namun ada beberapa jenis kain yang umum sering digunakan seperti katun, polyester, cardet, polo, lacoste. Jika sobat ingin membuka usaha baju distro, maka pilih bahan kain dari katun. Karena katun merupakan bahan baju kaos yang paling bagus.

Selain itu, kain yang berbahan katun selain nyaman saat dipakai, menyerap keringat dan dingin, sedangkan bahan polyester cenderung lebih panas sehingga jarang dipakai untuk baju kaos dan tidak di rekomendasi jika digunakan untuk baju kaos polos dan distro.


Harga bahan kaos kiloan bervariasi tergantung jenis kain, bahan dan type nya. Jenis kain berbahan 100% kapas (catton) tentu akan lebih mahal dibanding jenis kain berbahan polyester (plastik)

 Bahan baju kaos yang bagus dan adem

Apa saja bahan baju untuk kaos yang sering di pakai di Indonesia? mana yang bagus, murah atau cocok buat keperluan anda? Agar tidak salah memilih bahan kain, yuk simak penjelasan dibawah ini. 


Jenis-Jenis Bahan Kain Baju Kaos Brand Terkenal

Jenis kain kaos yang perlu anda ketahui ini sering di gunakan para pemilik tokoh distro dan brend terkenal indonesia dan dunia. Seperti digunakan untuk kaos polos (tanpa gambar), kaos distro, kaos polo dan sampai dengan pakaian perempuan. Berikut penjelasan bahan baju kaos yang bagus dan adem:

1. Katun / cotton combed

5 Bahan Baju Kaos Distro Yang Sering Digunakan Brand Terkenal
5 Bahan Baju Kaos Distro Yang Sering Digunakan Brand Terkenal
Bahan katun atau biasa sering disebut cotton combed adalah bahan dasarnya terbuat dari benang 100% kapas. Jenis bahan Cotton combed ini sering sekali dipakai untuk bahan baju kaos polos karena tekstur bahan nya yang lembut, dingin, adem, menyerap keringat dan nyaman di kulit. 

Akibat terbuat dari 100% kapas inilah katun combed termaksud terbaik didunia dan sangat digemari oleh pemilik konveksi dan distro terkenal seperti 3second dan green light. Bahannya cocok untuk sablon gambar/tulisan.

Harga bahan kaos cotton combed kiloan kisaran 100rb-110rb per kilo gram, dan termaksud mahal dari jenis bahan kain lainnya, karena dapat menyerap keringat dengan cepat, udara dengan mudah masuk kepori-pori badan sehingga adem ketika digunakan saat beraktifitas diluar ruangan.

Ada berbagai macam jenis katun yaitu cotton combed 20s, Combed 24s Cotton combed 30s dan 40s. Lalu apa bedanya ? Sangatlah sederhana kita dapat membedakannya, sebagai berikut:
  • Katun combed 20s : jenis bahan yang tekstur kainnya paling tebal dari semua angka
  • Katun combed 24s : jenis bahan yang tekstur kainnya tebal sedang
  • Katun combed 30s : Jenis kain yang tekstur bahannya tipis
  • Katun combed 40s : Jenis kain yang tekstur bahannya sangat tipis
1 kg (kiloan) kain cotton combed 30s biasanya jadi berapa kaos? Dalam 1 kg untuk ukuran standar M & L dapat 5 pcs kaos lengan pendek, dan 6 pcs untuk size s dewasa. dan 7-8 pcs size S untuk baju anak-anak. sedangkan dalam 1 kg kain cotton combed 24s dapat 4 baju lengan pendek dewasa dan 3 baju baju kaos lengan panjang baju dewasa.


2. Cotton Bamboo

Jenis bahan baju kaos lainnya adalah Katun bamboo, memiliki tekstur kain yang sama dengan katun combed yaitu dapat menyerap keringat, lembut, adem, nyaman dipakai. 

Namun seperti namanya bamboo sehingga selain bahan kapas 100% juga memiliki ekstra tambahan serat bambu dicampuran bahannya. Dalam 1 kg kain cotton bamboo dapat mengahasilkan 4-5 pcs kaos dengan ukuran standar M-L lengan pendek dewasa.

Cotton bamboo hanya memiliki ketebalan kain 30s dan katun bamboo memiliki keunggulan dari katun combed biasa yaitu diantaranya anti bakteri, anti jamur dan juga anti kutu. sehingga jenis kain ini lebih eksekutif, lebih mahal dan cocok sekali buat sobat yang memiliki kulit sensitif.



3. Katun Mamboo

Bahan Baju Kaos Katun Mambo Distro

Bahan dan tekstur nya sama dengan dengan dua jenis katun diatas, cuman bedanya katun mamboo dengan katun combed/bamboo adalah jika pada katun combed itu bahan kainnya polos putih dan berwarna saja. 


Sedangkan katun mamboo ini ada sedikit efek titik-titik, ada warna yang lain dibahanya misal bahan kain warna putih ada titik warna biru, atau bahan kain warna, merah, hitam, navi ada titik putih dan bahkan satu bahan kain terdapat beberapa warna-warni titik. Sehingga jenis kain katun mamboo ini biasa orang sebut kain pelangi karena bentuknya warna nya yang indah.



4. Katun Cardet

Bahan untuk baju kaos berikutnya yaitu katun cardet / cotton cardet. Bahan dasar kain ini juga terbuat dari serat kapas namun tidak 100% tetapi ada campuran sedikit plastik (polyester), sehingga terlihat jelas kurang halus (sedikit kasar) dari katun combed (KW Super Combed). Masih tetap dingin dan menyerap keringat karena masih ada campuran katun nya.

Tetapi bagi sahabat yang memiliki budget kurang, boleh memakai bahan ini, karena masih layak dijual, sehingga bisa menargetkan kelas menengah kebawah. Cotton cardet biasa digunakan untuk baju supporter bola dan komunitas. Dalam 1 kg kain cotton cardet dapat mengahasilkan 4-5 pcs kaos dengan ukuran standar M-L lengan pendek dewasa.



5. Lacoste Cotton Pique

Jenis Bahan Baju Kaos Lacoste Cotton

Lacoste adalah Bahan kain untuk kebutuhan produksi kaos polo atau kaos berkerah. Dengan menggunakan bahan lacoste terdiri 2 macam ketebalan (gramasi) yaitu  Lacoste Cotton 20s (tebal) dan  Lacoste Cotton 24s (tebal sedang), karena teksturnya yang sama saya akan membahasnya sekaligus.


Seperti namanya bahan ini terbuat dari material bahan katun, sehingga  Lacoste Cotton Pique merupakan bahan yang tergolong bagus dari bahan lacoste yang lainnya. karakter bahan ini memiliki rajutan pori-pori yang padat (lobang kecil dipermukaan baju), juga memiliki dua sisi yang berbeda.


Apa Kelebihan dan Kekurangan  Lacoste Cotton?

Bahan ini sangat bagus untuk pembuatan baju polo, kelebihan dan kekurangan Lacoste Cotton. Berikut : 
  • Kelebihan Lacoste Cotton : Nyaman dipakai, adem, kuat, lentur, dan dapat menyerap keringat
  • Kekurangan Lacoste Cotton : Memiliki kesusutan bahan, maksudnya jika baju ini sudah lama (khusus bahan katun) akan menyusut atau mengecil dalam pori-porinya. 
Bahan Lacoste Cotton ini cocok digunakan untuk pembuatan baju komunitas, organisasi, sekolah, perusahaan, seragam olahraga, seragam ivent dan lain-lain. Ada lagi bahan katun lacoste jenis lain seperti Lacoste Cotton PCT, Lacoste PE (Polyester).


Kesimpulan Bahan Baju Kaos Terbaik

Jual bahan kaos dari bahan katun ini tentu sangatlah banyak ditokoh-tokoh kain, Sepanjang jalan otto iskandar dinat bandung (depan pasar baru bandung), Jl. Cigondewah, Jl. holic, dan pasar tanah abang. disitulah tempat jual kain yang sering menjadi langganan saya, karena bahan kain yang meraka jual sangatlah bagus dan lebih murah.

Nah, demikianlah saudara, jenis bahan baju kaos yang digunakan untuk membuat kaos polos, distro, polo dan kaos sablon . Dengan mengetahui 5 bahan baju kaos yang sudah dijelaskan, maka sobat sudah tidak akan bingung lagi mencari dan memilih kain mana yang cocok sesuai kebutuhan produksi dan konsumen. 

Pilihlah bahan kaos yang bagus untuk sablon serta yang bisa membuat nyaman dipakai dengan begitu brand yang anda terbaik kualitas nya dan terkenal didunia. Semoga bermanfaat ya sobat.

Post a Comment for "5 Bahan Baju Kaos yang Bagus dan Adem Untuk Distro"