Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Cara Membuat Sitemap Blog Paling Lengkap 2019

Bagi seorang pemula dalam dunia blog, mungkin belum paham mengenai fungsi dari sitemap. Secara umun, sitemap membantu pada pembaca ataupun search engine untuk memudahkan dalam mengetahui isi dari website. Karena, dalam sitemap tersedia kumpulan link yang bisa di akses. Bagi semua website, adanya sitemap merupakan hal yang sangat penting. Bagaimana cara membuatnya? Simak cara membuat sitemap blog secara lengkap dibawah ini.
Cara Membuat Sitemap Blog Paling Lengkap 2019
Cara Membuat Sitemap Blog Paling Lengkap 2019
Peta situs ini merupakan salah satu strategis Cara Mengoptimalkan SEO Blog. Sitemap sangat berguna untuk membantu dalam penyaring berbagai link di blog anda. Dengan adanya sitemap, maka google akan menjadi lebih mudah dalam mempelajari dan perayapan blog anda di mesin hasil pencarian google karena mempunyai struktur yang baik.

Saat ini, banyak dari para blogger yang menggunakan blogspot ataupun wordpress. Keduanya mampu untuk menghasilkan blog yang berkualitas bagi para penggunjung. Termasuk dalam dibuatkan sitemap untuk kebutuhan pengguna dan search engine. Ternyata, tidak sulit untuk membuatnya. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut kami sampaikan cara membuat sitemap blog dengan lengkap.

Cara Membuat Sitemap 

Dibawah ini, kami akan berikan cara untuk membuat sitemap di blogspot maupun wordpress. Ini dia cara membuat sitemap xml untuk blogger:


Cara Membuat Sitemap Blogger 2018/2019

Cara Membuat Sitemap Blogger 2018/2019

Blogger menjadi salah satu situs yang dapat dimanfaatkan untuk membuat blog. Yaitu dengan memiliki alamat subdomain .blogspot.com. Bagi anda yang memiliki blog dengan blogger dan ingin membuat sitemapnya maka jangan bingung. Berikut ini cara membuatnya:

1. Masuk Ke Halaman Blogger
Langkah pertama yaitu masuk ke halaman blogger dengan klik disini. Kemudian, anda akan diarahkan pada halaman mengenai blogger. Disini anda dapat memiliki blog yang akan di pasangkan sitemap. Pilih blognya dan pastikan belum terdapat sitemap.

2. Buat Halaman Baru
Setelah itu, anda perlu membuat halaman baru. Caranya yaitu dengan klik pada halaman kemudian akan tampil mengenai halaman yang sudah pernah di buat. Lanjut klik pada tulisan halaman baru dan isikan judul dengan “Sitemap”.

3. Masukan Code Sitemap
Berikutnya, beralih ke mode tulisan HTML dan masukan kode dari sitemap dibawah ini.
<script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="https://infoopas.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
</div>
Ganti tulisan yang berwarna merah dengan blog milik anda yang akan di pasangkan sitemap. Kemudian, klik publikasikan.

4. Cek Hasilnya
Terakhir, anda bisa mengecek hasilnya dengan cara mengunjungi laman tersebut. Maka, akan tampil sitemap mengenai postingan anda. Disini, terdapat beberapa judul postingan dari yang terbaru ataupun terlama seperti gambar diatas. Setelah sitemap dibuat, anda bisa mendaftarkannya ke search engine untuk dapat di crawling.


Cara Membuat Sitemap Wordpress

Wordpress merupakan salah satu CMS yang banyak digunakan saat ini. Hampir 30% website yang ada menggunakan wordpress. Karena, wordpress menyediakan kemudahan dalam penggunaanya. Termasuk bagi anda yang memiliki blog menggunakan wordpress maka dapat memasangkan sitemap. Ikuti cara dibawah ini untuk membuatnya:

1. Login Dashboard Admin

Pertama-tama anda harus login ke halaman dashboard admin wordpress. Pastikan bahwa anda login sebagai admin bukan penulis ataupun lainnya. Karena, hanya admin yang bisa bekerja untuk membuat sitemap tersebut.

2. Install Plugin
Ya, wordpress menawarkan kemudahan dan hasil yang begitu sesuai. Termasuk anda tidak perlu repot dalam mengatur berbagai macam kode untuk di pasangkan. Karena, hanya dengan menginstall plugin maka sudah selesai semuanya. Anda bisa menambahkan plugin” Google XML Sitemap”. Cukup dengan menginstall plugin tersebut, maka secara otomatis akan menambahkan laman sitemap.xml pada blog wordpress anda.

3. Cek Hasilnya
Setelah anda melakukan installasi dari plugin, maka dapat melihat hasilnya dengan mengunjungi link bloganda.com/sitemap.xml. Maka, akan tampil informasi mengenai url dari sitemap yang telah aktif pada blog anda. Lebih jelasnya seperti terdapat pada gambar diatas. Kemudian, selanjutnya anda bisa mendaftarkan ke search engine.

Itulah cara membuat sitemap website sendiri, sangat mudah bukan? turorial ini semoga bisa membantu jangan lupa informasi ini dibagikan dengan yang lain sesama blogger pemula yang masih bingung membuat sitemap blog dan wordpresnya.  

Post a Comment for "Cara Membuat Sitemap Blog Paling Lengkap 2019"