Iklan di bawah menu

Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Hang Yang Sudah Parah


Kebutuhan penggunaan laptop semakin tinggi di era saat ini. Tidak heran, jika dalam sehari-hari membutuhkan laptop dalam kegiatannya. Termasuk untuk beberapa keperluan pekerjaan yang mengharuskan menggunakan laptop. Terkadang, laptop yang digunakan terasa lemot dan sangatlah mengganggu hingga membuat kita jengkel. Terutama, jika anda sedang ingin cepat menyelesaikan pekerjaan. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi laptop lemot? Simak cara lengkapnya ada pada artikel ini.

Laptop lemot tentu disebabkan karena banyak hal. Jika tidak di atasi dengan segera, maka dapat menganggu keperluan anda dalam menggunakannya. Untuk itu, sangat perlu segera menyingkirkan agar tidak menyebar ke yang lainnya. Adapun anda bisa melakukan beberapa cara, banyak teman sudah membuktikan, sebelum menuju ke tempat perbaikan laptop. Lebih jelasnya, yuk ketahui cara mengatasi laptop lemot dibawah ini.

Beberapa Cara Mengatasi Laptop Lemot


Dibawah ini adalah cara mengatasi komputer atau laptop yang lemot dan sudah lamban paling mudah dan ampuh serta sudah terbukti. Akan kami berikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop lemot atau hang dengan cara-cara sederhana saja. Ini dia caranya antara lain:

1. Upgrade RAM


Cara Mengatasi Laptop Lemot Upgrade RAM


Sekarang, anda cek berapa RAM yang laptop anda miliki? Jika masih 2 GB saja maka harus segera dilakukan upgrade. Karena, kebutuhan software saat ini sudah cukup besar. Minimal, RAM yang harus dimiliki yaitu sekitar 4GB.

Karena, jika hanya menggunakan RAM 2GB saja sangat berat menjalankan banyak aplikasi. Terlebih, untuk kebutuhan multitasking yang memang harus di penuhi. Untuk itu, lakukan upgrade RAM sesuai pada kebutuhan saat ini.

2. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Cara Mengatasi Laptop Lemot Hapus Aplikasi tidak Penting

Salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu melakukan penghapusan aplikasi. Hal ini sangat baik untuk anda lakukan. Karena, secara tidak sadar banyak aplikasi yang di biarkan begitu saja setelah menginstall. Atau, anda lupa untuk melakukan penghapusannya.

Tidak jarang, aplikasi yang kurang berguna justru memiliki ukuran yang begitu besar. Hal inilah yang harus di ketahui oleh banyak pengguna. Hapus aplikasi dengan segera dan bersihkan laptop dari segala aplikasi. Dengan begitu, laptop akan menjadi lebih kurang.

3. Ganti Hard Disk Ke SSD

Cara Mengatasi Laptop Lemot Ganti Hard Disk ke SSD

HDD sudah termasuk cukup jadul dan harus segera di ganti ke SSD. Solid State Drive lebih memiliki kecepatan memori yang lebih tinggi. Dibandingkan dengan HDD yang jauh lebih rendah di bandingkan dengan SSD. Karenanya, sangat penting untuk anda dapat melakukan pergantian ini.

Terutama, anda bisa melakukan cek kualitas HDD terlebih dahulu. Untuk kemudian, jika sudah buruk kualitasnya dapat dilakukan pergantian ke SSD. Dijamin, setelah melakukan pergantian ini akan membantu untuk mengatasi laptop agar tidak lemot.

4. Install Ulang Operasi Sistem

Cara Mengatasi Laptop Lemot Install Ulang Operasi Sistem

Operasi sistem yang sudah digunakan selama bertahun tahun dan tidak dilakukan update bisa saja bermasalah. Saat ini, banyak dari operasi sistem yang menggunakan windows 7, windows 8, windows 10. Terkadang, masalah ini muncul karena adanya aplikasi yang tidak kompatibel dengan software windows.

Untuk itu, perlu dilakukan penanganan yang tepat. Salah satu caranya dengan install ulang OS yang anda gunakan saat ini dengan update OS versi terbaru atau versi lama yang original. Dengan melakukan install ulang, memungkinkan agar dapat memperbarui penggunaan laptop yang lebih baik. Dijamin, laptop tidak akan lemot lagi!

5. Scan Laptop dari Virus

Cara Mengatasi Laptop Lemot Scan Laptop dari virus

Bisa jadi, laptop anda yang lemot disebabkan karena adanya virus. Karena, virus juga mempengaruhi kinerja dari laptop menjadi lamban. Terlebih, jika laptop yang dimiliki selalu terhubung dengan internet dan terlalu sering dalam melakukan installasi ataupun mendownload secara bebas.

Tanpa anda sadari, Saat online virus masuk dan menyerang ke bagian laptop. Terutama, di bagian software gratis yang dapat terserang dengan begitu tajam. Karena itu, diperlukan scanning yang membantu agar laptop tidak lemot. Anda bisa menggunakan antivirus gratisan ataupun premium.

6. Harddisk Melampaui Batas Penuh Hingga 90%-95% Bahkan Lebih

Harddisk Melampaui Batas Penuh Hingga 90%-95% Bahkan Lebih

Jangan salah loh penyebab laptop lemot lainnya disebabkan karena harddisk hampir penuh. Lihat gambar diatas ditandai dengan berwarna merah artinya warning buat anda bahwa harddisk mulai penuh. Menurut para ahli komputer banyak nya File dan data yang disimpan akan memperlambat komputer hingga 50%. Oleh karena itu segeralah atasi dengan menghapus sebagian data yang tidak di gunakan lagi misal musik dan film.

7. Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Dalam Tampilan

Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Dalam Tampilan

Istilahnya multi-tasking yaitu membuka aplikasi terlalu banyak dalam satu waktu, misal anda sedang mengerjakan proyek Edit photo. Tentu yang di buka tidak hanya satu aplikasi. Mulai dari Membuat efek Photoshop, membuka Corel Draw dan lain-lain jika Ram yang anda gunakan kecil maka laptop menjadi lebih lambat dan bahkan hang.

Cara diatas berlaku untuk semua windows

Nah, itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot pada windows yang dapat anda lakukan terbukti ampuh dan sudah. Tentu, sangat praktis bukan cara diatas? Terlebih, sangat menghemat biaya anda. Namun, jika laptop lemot dikarenakan masalah hardware dan software maka anda bisa berkonsultasi langsung dengan tempat ahli service. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Hang Yang Sudah Parah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel