Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

10 Cara Mengatasi Laptop/PC Lemot, Yang Wajib Kamu Tau!

Laptop lemot tentu disebabkan karena banyak hal. Jika tidak di atasi dengan segera, maka dapat menganggu keperluan anda dalam menggunakannya. Untuk itu, sangat perlu segera diperbaiki agar tidak menyebar ke sistem lainnya. 

Jadi untuk mengatasi laptop/pc lemot ini ada dua kategori penting yaitu secara hardware dan software. Kita akan fokus secara hardware, secara software akan tetap kita bahas karena juga mempengaruhi kecepatan laptop.
cara mengatasi laptop lemot, wajib kamu tau!

Meskipun jenis laptop terbaik yang digunakan. Kadang terasa lambat dan sangatlah mengganggu hingga membuat kita jengkel. Terutama, jika anda sedang ingin cepat menyelesaikan pekerjaan. Lebih jelasnya, yuk ketahui cara mengatasi laptop lemot dibawah ini yang bisa sobat lakukan dirumah.

Beberapa Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot

1. Upgrade RAM


Tips mengatasi laptop lemot dengan upgrade RAM



Kita langsung ketips yang pertama mengatasi laptop lemot. Sekarang, anda cek berapa RAM yang laptop anda miliki? Jika masih 2 GB saja maka harus segera dilakukan upgrade atau menambah RAM. 

Karena, kebutuhan software saat ini sudah cukup besar. Minimal, RAM yang harus dimiliki yaitu sekitar 4GB.

Karena, jika hanya menggunakan RAM 2GB saja sangat berat menjalankan banyak aplikasi. Terlebih, untuk kebutuhan multitasking yang memang harus di penuhi. 

Untuk itu, lakukan upgrade RAM sesuai pada kebutuhan saat ini. Dengan kapastitas RAM yang lebih besar maka kebutuhan multitasking akan semakin kencang.

Cek laptop yang anda gunakan apakah masih ada slot kosong kalau eman ada bisa tambah RAM sesuai dengan kapasitas memori yang sudah terpasang saat ini. 


Tapi, jika tidak ada slot kosong, nanti bisa sekalian upgrade yang kapasitas RAM serta speed yang lebih besar dari yang kamu miliki saat ini sob. Namun pastikan RAM yang anda beli disupport sama motherboard yang anda miliki.


2. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Cara Mengatasi Laptop Lemot Hapus Aplikasi tidak Penting

Cara mengatasi laptop lemot yang bisa anda lakukan yaitu melakukan penghapusan aplikasi. Hal ini sangat baik untuk anda lakukan. Karena, secara tidak sadar banyak aplikasi yang di biarkan begitu saja atau tidak terpakai setelah menginstall. 

Atau, anda lupa untuk melakukan penghapusannya sehingga tetap berjalan otomatis. Hal ini bakal mengganggu kemampuan kecepatan laptop/pc.

Tidak jarang, aplikasi yang kurang berguna justru memiliki ukuran yang begitu besar. Hal inilah yang harus di ketahui oleh banyak pengguna. Hapus aplikasi dengan segera dan bersihkan laptop dari segala aplikasi. Dengan begitu, laptop akan menjadi lebih kencang.

3. Ganti Hard Disk Ke SSD

Cara Mengatasi Laptop Lemot Ganti Hard Disk ke SSD

HDD sudah termasuk cukup jadul dan harus segera di ganti ke SSD. Solid State Drive lebih memiliki kecepatan memori yang lebih tinggi. 

Dibandingkan dengan HDD yang jauh lebih rendah di bandingkan dengan SSD. Karenanya, sangat penting untuk anda dapat melakukan pergantian ini.

Terutama, anda bisa melakukan cek kualitas HDD terlebih dahulu. Untuk kemudian, jika sudah buruk kualitasnya dapat dilakukan pergantian ke SSD. Dijamin, setelah melakukan pergantian ini akan membantu untuk mengatasi laptop agar tidak lemot.

4. Install Ulang Operasi Sistem

Cara Mengatasi Laptop Lemot Install Ulang Operasi Sistem

Operasi sistem yang sudah digunakan selama bertahun tahun dan tidak dilakukan update bisa saja bermasalah dengan kecepatan laptop. 

Saat ini, banyak dari operasi sistem yang menggunakan windows 7, windows 8, windows 10. Terkadang, masalah ini muncul karena adanya aplikasi yang tidak kompatibel dengan software windows.

Untuk itu, perlu dilakukan penanganan yang tepat. Salah satu caranya dengan install ulang (update OS) yang anda gunakan saat ini dengan update OS versi terbaru atau versi lama yang original. 

Baca Juga : Cara Install Windows 10


Dengan melakukan install ulang, memungkinkan agar dapat memperbarui penggunaan laptop yang lebih baik dan peningkatan perfoma. Dijamin, laptop tidak akan lemot lagi!

5. Scan Laptop dari Virus

Cara Mengatasi Laptop Lemot Scan Laptop dari virus

Bisa jadi, laptop yang lemot disebabkan karena adanya salah satu jenis virus laptop yang masuk. Karena, virus juga mempengaruhi kinerja dari laptop menjadi lambat. 

Terlebih, jika laptop yang dimiliki selalu terhubung dengan internet dan terlalu sering dalam melakukan installasi ataupun mendownload secara bebas.

Tanpa anda sadari, Saat online virus masuk dan menyerang ke bagian laptop. Terutama, di bagian software gratis yang dapat terserang dengan begitu tajam. 

Karena itu, mengatasi laptop lemot diperlukan scanning anti vrus yang membantu agar laptop tidak lemot. Anda bisa menggunakan antivirus gratisan ataupun premium.

6. Harddisk Melampaui Batas Penuh Hingga 90%-95% Bahkan Lebih

Harddisk Melampaui Batas Penuh Hingga 90%-95% Bahkan Lebih

Jangan salah loh penyebab laptop lemot lainnya disebabkan karena harddisk hampir penuh. Lihat gambar diatas ditandai dengan berwarna merah artinya warning buat anda bahwa harddisk mulai penuh. 

Menurut para ahli komputer banyak nya File dan data yang disimpan akan memperlambat komputer hingga 50%. 


Oleh karena itu, segeralah mengatasi dengan menghapus sebagian data yang tidak di gunakan lagi misal musik dan film yang sudah di putar.

7. Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Dalam Tampilan

Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Dalam Tampilan

Istilahnya multi-tasking yaitu membuka aplikasi terlalu banyak dalam satu waktu, misal anda sedang mengerjakan proyek Edit photo. 

Tentu yang di buka tidak hanya satu aplikasi. Mulai dari Membuat efek Photoshop, membuka Corel Draw dan lain-lain jika Ram yang anda gunakan kecil maka laptop menjadi lebih lambat dan bahkan hang.



8. Pastikan Laptop Bersih

cara ampuh meningkatkan perfoma laptop/pc

Processor suka panas? ini bisa jadi banyaknya debu yang menempel. Jadi kamu bisa bangat tuh bersihin debu ya biar gak ada yang menempel di komponen-komponen laptop/pc. 


Kelihatan sepeleh sih tapi ini sangat penting agar laptop tidak hang. Karena untuk menghindari overhead. Prosessor, grafikal atau komponen lain yang tertutup debu rawan gampang bangat laptop panas (overhead). Jika laptop sudah panas maka susah bangat mendapatkan perfoma maksimal.


Kalau saya biasa membersihkan laptop/pc, menggunakan semprotan gas duster 720, jadi debu-debunya bakal langsung hilang ketiup udara yang berteknan tinggi namun komponen-komponen laptop tetap aman. 


Selain itu kamu juga bisa menggunakan kuas lembut sambil ditiup-tiup biasa. Saya lebih merekomendasikan menggunakan gas duster tersebut harganya murah kok guys.


9. Matikan Animasi Windows

Mengatasi laptop lemot tanpa install ulang dengan cara mematikan animasi windows. Animasi ini emang selalu bikin tampilan lebih kece ya, tetapi sekaligus juga bikin laptop terasa berat. Apalagi spesifikasi laptop yang anda gunakan pas-pasan alias kecil.

Nah, kamu bisa matiin saja animasinya. Cara mematikanya sebagai berikut :

  • Langsung klik start pada windows (Lihat gambar dibawah)
Cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang
  • Ketikan "Perfomance" pada kolom search program
Cara mengatasi laptop lemot


  • Kemudian klik saja perfomance Information and tools

Cara mengatasi lemot pada laptop
  • Masuk ke visual effects
  • Pilih dan Centang : Adjust for best perfomance
  • Klik OK Selesai


10. Menghapus File Sampah yang tidak Berguna

Agar laptop tidak lemot dan hang

Jika laptopmu masih juga lambat coba deh bersihkan file sampah yang tidak berguna. Kamu Bisa pakai Disk Cleanup for bawaan dari windwos sendiri, atau juga bisa memakai bantuan software lain seperti CCleaner Free. 

Ini penting. Karena, perlu ruang yang cukup untuk dapat performa terbaik dari hardisk atau SSD tetap optimal. Minimal 90% dari total ruang hardisk.

Kesimpulan

Cara mengatasi laptop lemot diatas berlaku untuk semua windows ya. Nah, itulah beberapa tips cara agar laptop tidak lemot. Tentu, sangat praktis bukan cara diatas? Terlebih, sangat menghemat biaya anda. 

Namun, jika laptop lemot dikarenakan masalah hardware dan software maka anda bisa berkonsultasi langsung dengan tempat ahli service. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "10 Cara Mengatasi Laptop/PC Lemot, Yang Wajib Kamu Tau!"