Iklan di bawah menu

Tips Persiapan Sebelum Tes Administrasi TNI/Polisi Agar Lolos

Agar lolos menjadi tni/polisi maka kelengkapan berkas administrasi hal penting sebelum melaksanakan tes administrasi (rikmin). Berkas asli dan foto copy seperti KTP dan SKCK  merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi setiap calon siswa dan taruna untuk masuk TNI dan POLRI. 

Berkas-berkas syarat administrasi ini nanti akan disimpan dalam 2 map. Satu map berisi berkas foto copy legalisir dan map yang satunya lagi berisi berkas asli yang disusun rapi sesuai perintah panitia. Dalam berkas tes administrasi meliputi berkas kependudukan, keterangan BNN, berkas pendidikan dari SD-SMP-SMA, SKCK, foto warna maupun hitam putih dan sebagainya. Nanti akan di cek satu persatu untuk di cocokan oleh tim TNI/POLRI sebagai panitia seleksi. Jika calon siswa telah memenuhi syarat yang telah di tentukan, maka dipastikan akan lulus ke tahap selanjutnya.

Sekuat apapun fisikmu, sehebat apapun mentalmu tak berguna dan menjadi sia-sia jika berkas administrasi yang anda lampirkan sebagai syarat tahapan pertama tes tni tidak lengkap dan tidak sesuai saat pendaftaran. Karena saat pengumuman anda akan di gugurkan oleh panitia jika tidak dilengkapi selama waktu yang di berikan.
Tips persiapan sebelum tes administrasi rikmin TNI/Polisi agar lulus

Akan tetapi, Saat rekrutmen tni ataupun polisi sebelum seleksi administrasi, setiap calon siswa terlebih dahulu melakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan terlebih dahulu loh. Jika syarat memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm untuk pria, dan 157 cm untuk perempuan terpenuhi, maka calon siswa dapat diterima berkas yang sudah disiapkan tadi ke tahap seleksi tes administrasi (rikmin)..

Persiapan Tes Administrasi Pendaftaran TNI/Polisi 2019

Agar seleksi administrasi berjalan dengan lancar dan di luluskan ketahan berikutnya, perlu sobat siapkan syarat berkas yang telah di tentukan menjadi anggota tni/polisi. Setidaknya ada 5 syarat yang perlu dipersiapkan. Berikut ini tips persiapan tes administrasi tni/polri agar lulus, sebagai berikut:

1. Lengkapi Berkas Sesuai Syarat yang Ditetapkan.

Tugasmu sebelum mendaftar, bacalah baik-baik dan teliti persyaratan pendaftaran tni polisi 2019-2020 mulai dari berkas yang dibutuhkan sampai dengan syarat kesehatan fisik agar sobat lulus tes kesehatan. Jika sudah lengkap bawalah berkas administrasi tersebut ke tempat pendaftaran penerimaan TNI/POLRI, Biasanya untuk pendaftaran tni di kodam dan pendaftaran polisi polsek/polres.

2. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Tes administrasi baik itu tentara maupun polisi pasti membutuhkan adanya SKCK,atau biasa disebut surat kelakuan baik, merupakan salah satu syarat juga masuk tni/polisi. SKCK bisa anda dapatkan di polres/polda setempat dimana anda mendaftar. misal anda mendatar tni di kodam 3 siliwangi, maka SKCK harus wilayah Jawa Barat. SKCK berfungsi sebagai catatan apakan anda pernah terlibat kriminal atau tidak.

3. Legalisasi Berkas Administrasi

Persiapan tes administrasi berikutnya adalah semua syarat berkas asli ijasah, KTP, SKCK dan sebagainya kecuali foto, dalam seleksi rikmin harus di lengkapi dengan fotocopy yang telah di legalisir. 

Pastikan semua berkas tersebut telah di lagalisir oleh pihak berwenang setempat yang bisa di pertanggung jawabkan di kemudian hari. Jangan coba-coba memanipulasi karena pasti akan ketahuan. Sobat tidak hanya gugur menjadi anggota melainkan dapat berurusan dengan aparat hukum.

Persiapan apa saja yang harus di legalisir tes administrasi tni/polisi: 
  • KTP Domisili
  • AKTA Kelahiran
  • Izasah Sekolah SD-SMP-SMA-Kuliah
  • Kartu Keluarga
  • Buku Rapor Sekolah
  • SKCK
  • Kartu identitas lainnya (yang disyaratkan)
  • Semua berkas diatas siapkan Masing-masing 10 rangkap.

4. Keaslian dan Kesesuaian Berkas

Sebelum anda memutuskan berangkat menyerahkan berkas pendaftaran, alangkah baiknya setiap calon siswa memastikan dan memeriksa lagi dengan teliti setiap berkasnya. Pastikan data-data utama seperti nama, tempat & tanggal lahir, dan nama orang tua dalam semua berkas tidak ada yang berbeda satupun. Misal nama lengkap di kartu keluarga Indra Usmanan, maka wajib sama dengan nama di KTP tidak boleh beda atau di singkat menjadi Indra Usm dan lain lain, begitupun dengan data orang tua.

5. Melakukan Pendaftaran Online

Dewasa ini pendaftaran online wajib di lakukan oleh semua institusi tak terkecuali tni/polri. pendaftaran online ini dilakukan agar terhindar dari praktek-prakter kotor calo. Sebab biaya masuk tni/polisi gratis telah dibiayai oleh negara. stop percaya calo bergentayangan yang menawarkan kelulusan. 

Saat jadwal pendaftaran tni/polisi 2019/2020 dibuka biasanya untuk bintara Juni-agustus, pendaftaran PaPk TNI bulan september-oktober, Akmil/akpol bulan februari-april.  Sobat bisa cek langsung secara berkala website pendaftaran online tentara maupun polisi. Karena biasanya jika jadwal pendaftaran telah di buka maka dipastikan sudah bisa di akses oleh setiap calon siswa. Anda bisa mendaftar jam berapapun pagi maupun malam selama batas pendaftaran belom di tutup. 

Pendaftaran online dapat dilakukan di alamat website resmi berikut:

Situs Untuk Pendaftaran Online TNI :

Website Untuk Pendaftaran atau penerimaan Polri : 

Rekrutmen TNI-Polisi

Demikian, informasi tips persiapan sebelum tes administrasi (rikmin) tni/polisi yang anda harus persipkan dari jauh-jauh hari minimal 3-6 bulan sebelum pendaftaran tni-polisi dibuka. Jika sudah dipersiapkan dengan matang sobat dijamin lulus. 

Selain itu sobat bisa tenang dan bersiap secara mental serta fisik yang baik. Sebab syarat fisik masuk tni juga cukup berat. Baca : Tips Kuat Lari 12 Menit dalam Tes Jasmani TNI/Polri setidaknya setelah persiapan berkas administrasimu selesai, anda masih punya waktu berlatih fisik. semoga tahap seleksi rikmin awal (administrasi) berjalan.

0 Response to "Tips Persiapan Sebelum Tes Administrasi TNI/Polisi Agar Lolos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel