Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

4 Ciri Ciri DBD Yang Anda Harus Waspada Dan Ketahui

Ciri ciri DBD - DBD saat ini menjadi salah satu penyakit yang perlu di waspadai. Kondisi ini mengakibatkan kebocoran pada pembuluh darah. Akibatnya, trombosit menjadi menurun. Kondisi seperti ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. DBD di tularkan oleh nyamuk aedes aygypti. Pahami ciri ciri DBD yang anda harus waspada dan ketahui.

Serangan dari nyamuk Aedes Aegypti menyebabkan adanya virus Dengeu. Hal inilah yang menjadi penyebab DBD. Sampai saat ini, demam berdarah sudah menyebar sekitar 50 Juta kasus setiap tahunnya. Sangat banyak bukan? Untuk itu, perlu di tingkatkan kewaspadaan. Inilah ciri ciri DBD yang anda harus waspada dan ketahui.

Beberapa Ciri Ciri DBD Yang Anda Harus Waspada Dan Ketahui

Kemunculan penyakit ini memberikan beberapa ciri-ciri yang ada pada tubuh. Berikut beberapa ciri-ciri DBD:

1. Suhu Badan Tinggi

 Ciri Ciri DBD Yang Anda Harus Waspada Dan Ketahui
suhu badan tinggi

Jika merasakan suhu badan menjadi lebih tinggi, maka waspadai bahwa bisa menjadi ciri ciri DBD. Biasanya, untuk suhu yang berlangsung mencapai 40 Derajat Celcius ataupun lebih. Anda bisa mengeceknya menggunakan termometer suhu badan agar lebih jelas.

Biasanya, gejala demam tinggi ini terjadi saat malam hari. Jika sudah seperti ini, maka dapat di pastikan terkena DBD. Maka, segera untuk dapat dilakukan penanganan. Yaitu dengan mengunjungi rumah sakit terdekat untuk diberikan penanganan yang sesuai. Jangan sampai terlambat!

2. Mual Dan Muntah

 Ciri Ciri DBD Yang Anda Harus Waspada Dan Ketahui
Mual dan muntah

Bagi para penderita DBD, akan merasakan mual dan muntah secara tiba-tiba. Mengapa hal ini terjadinya, karena adanya infeksi virus yang sudah menyebar ke beberapa bagian dari tubuh. Karena itu, hal ini menyebabkan energi dari tubuh cukup terkuras.

Biasanya, gejala ini muncul pada awal dari terkena infeksi virus dengue. Bahkan, dalam kurun waktu sehari setelah terinfek sudah bisa terjadi. Jadi, anda harus paham mengenai hal ini. Langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan mengunjungi rumah sakit agar diberikan penanganan.

3. Kepala Berat

 Ciri Ciri DBD Yang Anda Harus Waspada Dan Ketahui
Kepala berat

Jangan anggap sepele sakit kepala. Justru, waspadai! Bisa saja ini merupakan ciri dari terkena virus dengue. Biasanya, untuk sakit kepala yang dirasakan yaitu cukup cepat. Bahkan, dalam seharian setelah virus dengue menyebar ke dalam tubuh. Kemudian, kepala akan menjadi lebih berat.

Banyak dari orang yang terkena DBD mengatakan bahwa sangat membutuhkan istirahat. Bahkan, untuk berpikir sedikit saja tidak mampu. Karena, memang kinerja dari otak terkuras habis dari virus tersebut. Mulai sekarang, jangan anggap remeh sakit kepala! Jika hal ini sudah terjadi, lakukan penanganan dengan tepat.

4. Muncul Ruam Merah

 Ciri Ciri DBD Yang Anda Harus Waspada Dan Ketahui
Muncul ruam merah

Saat tubuh sudah terinfeksi adanya DBD dalam waktu 2-5 hari, maka akan terkena ruam dbd ditandai merah. Untuk ruam pada tubuh akan muncul setelah terkena demam. Jadi, jika sudah selesai demam dan muncul ruam ini. Dapat di pastikan bahwa infeksi virus pada tubuh sudah semakin menyebar.

Terutama bintik merah dbd pada bayi 7 bulan akan terlihat dengan jelas. Untuk itu, perlu di lakukan penanganan yang tepat. Karena, energi dari tubuh akan menjadi lebih habis. Kebocoran pada pembuluh darah membuat trombosit menjadi menurun. Segera menuju ke Rumah Sakit agar diberikan penanganan yang tepat.

Apa pengobatan demam berdarah ?

Yang harus kita lakukan adalah tentu pertolongan pertama untuk mencegah agar saat fase demam berdarah tidak lebih parah. Minum banyak cairan jus buah jambu merah, Makan yang teratur dan istrahat yang cukup. Jika pertolongan pertama ini tidak efektif segera konsultasi kedokter agar mendapatkan penanganan yang tepat sebelum fase yang lebih parah. Baca juga : Tips Merawat pasien DBD tanpa opname

Demikianlah, ulasan mengenai ciri ciri DBD yang harus anda waspada dan ketahui.  Fase demam berdarah sendiri cukup panjang dan mencapai 7 hari untuk pulih. Karena penyakit ini bisa saja menyerang semua umur, maka harus lebih di tingkatkan kewaspadaanya. Serta, pastikan selalu menjaga kebersihan agar tidak ada nyamuk yang menyebarkan virus dengue. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "4 Ciri Ciri DBD Yang Anda Harus Waspada Dan Ketahui"