Iklan di bawah menu

5 Tips 100% Lolos Tes Kesehatan Gigi TNI Sebelum Mendaftar

Tes kesehatan gigi tni merupakan salah satu rangkaian tes kesehatan pertama dalam seleksi penerimaan calon TNI AD AL AU untuk menjaga penampilan dan kenyamanan prajurit TNI.

Setiap calon siswa taruna, bintara, maupun tamtama harus dipastikan sehat luar dalam agar memenuhi syarat masuk anggota TNI di kesatuan angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara. Tes kesehatan dasar pokok menjadi tentara TNI agar tidak gugur saat pendidikan dan saat tugas.

Sebelum melaksanakan tes kesehatan tni ini, sobat terlebih dahulu akan melewati tes administrasi, jika dinyatakan lulus kemudian lanjut ke tahap tes selanjutnya yaitu kesehatan pertama. Proses seleksi penerimaan TNI sangatlah ketat. Hal ini, karena beratnya tanggung jawab menjadi seorang TNI AD AL AU di medan tugas sebagai alat negara dibidang pertahanan.

Tips 100% Lolos Tes Kesehatan Gigi TNI Terbaru
Tips 100% Lolos Tes Kesehatan Gigi TNI Terbaru
Tugas pokok menjadi TNI adalah menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. Oleh sebab itu setiap calon siswa harus layak baik fisik maupun kesehatan. Agar bisa ditempatkan disetiap tugas operasi militer seluruh indonesia. 


Tips 100% Lolos Tes Kesehatan Gigi TNI Terbaru

Tes kesehatan TNI terdiri beberapa tahap pemeriksaan salah satunya kesehatan gigi. Maka berikut ini adalah tips lolos tes kesehatan gigi TNI yang bisa sobat aplikasikan sebelum mendaftar TNI.

1. Periksa gigi setiap 6 bulan

Agar lulus tes kesehatan gigi, Pria maupun wanita pentingnya periksa gigi atau medical check up gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali. Hal ini, bertujuan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi serta memeriksa kondisi gigi secara keseluruhan. 

Percayakan pemeriksaan gigi oleh ahlinya agar dapat mendeteksi dan mengobati berbagai gangguan gigi, misal hasil pemeriksaan sementara ternyata terdapat gigi berlubang (karies), kerang gigi dan gigi tidak rata kemungkinan besar sobat gugur di tes kesehatan gigi.


Karena saat tes kesehatan gigi masuk TNI, ada beberapa hal yang akan dinilai. Penilaian penampilan gigi dan kenyamanan gigi seseorang seperti gigi berlubang, karang gigi, kerusakan gigi, susunan gigi rapi atau tidak (tongos) dan jumlah gigi (ompong).



2. Melakukan tindakan memperbaiki gigi

Setelah pemeriksaan gigi tersebut ternyata ditemukan gigi berlubang maka perlu tindakan lebih lanjut. Jika dokter menyarankan hanya cukup ditambal saja itu gambar gembira karena tidak melakukan tindakan pencabutan gigi.

Temui dokter ahli tentu dokter gigi specialis, karena untuk menjamin mendapatkan hasil yang sempurna. Dental (penambalan) harus dilakukan oleh ahlinya supaya awet hingga 15 tahun (minimal) dan terlihat seperti tidak ada tambalan gigi.


Untuk biaya yang tambal gigi kisaran 90-150rb per gigi. Biasanya RS Gigi dan mulut milik pemerintah lebih murah.



3. Pasang gigi palsu 

Calon siswa / calon prajurit TNI biasa menganggap enteng masalah gigi, sehingga tidak mempersiapkan diri sejak jauh hari. Kalau dadakan itu tidak bisa karena jika kondisi kerusakan gigi parah maka pasti akan sulit dan sobat tidak akan lulus. Persiapan minimal 6 bulan atau paling bagus 1 tahun.

Karena Gigi ompong membutuhkan pemulihan cukup lama setelah pemasangan gigi palsu. Ada yang bertanya apakahgigi graham belakang ompong satu bermasalah dan menyebabkan tidak lolos TNI? sebenarnya tidak masalah, kondisi ini masih ringan sehingga masih berpotensi di terima menjadi prajurit TNI. 


Kecuali ompong gigi bagian depan dipastikan tidak bisa diterima / di luluskan. Meskipun hak sepenuhnya dari panitia seleksi TNI.


Akan tetapi alangkah baiknya tidak meremehkan, Logikanya begini sob, misal sobat ompong 1 gigi belakang terus yang ingin menjadi anggota TNI sangat banyak misal 300 orang saat pendaftaran TNI, tentu saingan sobat akan banyak. Otomatis panitia akan memperioritaskan calon lain dulu yang tidak ompong.


Saran, pasang gigi palsu ini harus dilakukan dengan dokter yang sudah berpengalaman supaya tidak mudah lepas dan sebaiknya di Rumah sakit TNI agar sekalian bisa konsultasi. 



4. Perbaiki susunan gigi tonggos dan gingsul

Semua orang ingin senyumnya yang manis, menarik enak dipandang. Begitupun kriteria menjadi TNI harus memiliki penampilan gigi yang menarik dan sehat salah satunya tidak tonggos atau gingsul.

Gigi tongkos merupakan kondisi gigi depan bagian atas lebih condong kedepan sehingga tidak merata jika mengunyah. sedangkan gigi gingsul merupakan gigi kecil berbentuk taring tumbuh menumpuk di atas gigi lainnya, biasanya gigi depan bagian atas.


Dua kondisi inilah tidak di izinkan atau bukan kriteria menjadi TNI. jika sobat biarkan dan nekat mendaftar maka dipastikan tidak akan lulus.


Cara lolos kesehatan gigi dengan memperhatikan kerapihan gigi dan kesehatan gigi secara berkala. Jika menunjukan susunan gigi tidak rata. Maka, memerlukan perawatan yang serius. Berkonsultasilah kedokter gigi agar tindakan apa yang diberikan.


Pada umumnya memperbaiki gigi tonggos dan gingsul adalah pemakaian kawat (behel). Mungkin ada gigi yang harus dicabut, semua itu serahkan sepenuhnya pada ahli nya agar gigi menjadi lebih rapi dan senyum menjadi lebih baik. Perawatan menggunakan kawat gigi minimal 2 tahun sebelum mendaftar tni. 



5. Membersihkan karang gigi

Yang terakhir sebelum mendaftar TNI, tips agar lolos tes kesehatan gigi adalah harus memperhatikan kebersihan karang gigi. Harus dibersihkan terlebih dahulu minimal 1 bulan sebelum tes kesehatan. Kalkulus atau karang gigi merupakan kondisi plak (noda) yang menumpuk di sela-sela gigi dari sisa-sisa makanan kemudian mengeras hal ini menyebabkan gigi berwarna kuning.

Tidak hanya itu plak gigi merugikan kesehatan gigi, karena menjadi tempat berkembangnya bakteri yang dapat merusak gigi dan bau mulut. Jika tidak dibersihkan gigi berpotensi rusak dan berlubang lebih besar.


Cara membersihkan plak gigi bisa dengan cara alami misal sikat gigi secara teratur 2x sehari pagi dan sebelum tidur. Namun, jika plak gigi sudah mengeras dan sulit untuk di bersihkan maka harus membutuhkan bantuan dokter gigi. Segeralah ke dokter gigi untuk tindakan lebih lanjut sebelum tes tni berjalan.



Tips menjaga kesehatan gigi supaya sehat dan tidak bau

  • Sikat gigi secara teratur maksimal 2x sehari
  • Jangan sikat gigi terlalu keras hingga berdarah
  • Hindari merokok
  • Batasi konsumsi makanan yang manis seperti permen dan coklat
  • Perbanyak konsumsi buah 
Demikianlah, tips agar lolos tes kesehatan gigi tni, yang telah dibahas. Gigi yang sehat, rapi dan tidak bau merupakan kriteria terbaik jika ingin masuk menjadi bagian dari TNI. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Tips 100% Lolos Tes Kesehatan Gigi TNI Sebelum Mendaftar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel