Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Inilah 6 Cara Menghemat Kuota Internet di HP, 100% Ampuh

Efek bekerja dan belajar dari dirumah banyak yang mencari cara menghemat kuota internet, terutama ibu-ibu yang menemani anaknya belajar dari rumah di hp. Dengan menghemat kuota internet secara tidak langsung bisa menghemat pengeluaran bulanan. Karena paket kuota di indonesia masih tergolong mahal.

Semakin besar paket data internet di indonesia semakin mahal. Belum lagi ditambah kebutuhan lainnya. Ini sangat membebani. Setuju gak nih ibu-ibu? hehe

Cara menghemat kuota internet semua operator

Menghemat kuota internet hp sangat di butuhkan bagi setiap orang. Karena, kebutuhan internet saat ini sudah menjadi hal yang utama. 
Untuk itu, anda harus mengetahui bagaimana cara menghemat kuota internet untuk semua operator (telkomsel, tri, axis). Simak sampai habis ya.

Ini Dia Cara Menghemat Kuota Internet Semua Operator

Untuk mengatasi kuota internet yang cepat sekali habis, sobat bisa menggunakan beberapa setinggan. Coba mengikuti tips cara menghemat kuota dibawah ini:

1. Cek Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Settingan Terbaru Cara Menghemat Kuota Internet, 100% Ampuh
untuk menghemat kuota, cek aplikasi berjalan di latar belakang

Cara menghemat kuota internet yang pertama adalah cukup mudah, dengan cara cek aplikasi berjalan dilatar belakang.

Sering kali, melakukan install aplikasi tanpa melihat secara jelih apakah aplikasi tersebut menguras kuota atau tidak. Hal ini kerap di lakukan oleh banyak orang yang memang baru saja menggunakan smartphone. Tidak semua aplikasi aman untuk digunakan. Terlebih, banyak yang juga menghabiskan kuota internet.

Untuk itu, alangkah baiknya anda melakukan pengecekan dari aplikasi yang berjalan di latar belakang. Terutama, seperti sosial media yang memang selalu membutuhkan internet. 

Jika di rasa terlalu berlebihan dalam penggunaan kuota, sebaiknya bisa di lakukan penghapusan. Berikut cara cek aplikasi yang banyak memakan kuota data untuk menghemat kuotamu 
  • Buka ponsel anda
  • Masuk ke pengaturan dari ponsel
  • Kemudian klik pada koneksi
  • Klik pada penggunaan data
  • Lalu klik penggunaan data seluler
  • Maka akan terlihat aplikasi yang memang banyak menghabiskan kuota


2. Matikan Akses GPS

Cara menghemat kuota internet dengan mematikan akses GPS berjalan

Global Positioning System merupakan aplikasi yang berguna untuk melakukan deteksi dari lokasi anda. Untuk anda yang menggunakan smartphone android, sudah pasti akan secara otomatis menyalakan fitur ini. 

Tentunya, banyak dari yang belum tahu mengenai fitur akses lokasi tersebut.

Ternyata, untuk fitur ini juga cukup menguras kuota. Terutama, saat anda melakukan perjalanan dan tidak mematikan data. Maka, secara otomatis fitur ini tetap bekerja untuk mendapatkan lokasi terbaru anda saat ini. 

Untuk itu, sangat penting agar bisa mematikan fitur GPS pada smartphone. Biasanya, terdapat pada bagian pengaturan system ui. Kemudian, terdapat logo lokasi yang bisa anda klik untuk mematikan.

3. Nonaktif Fitur Auto Update Play Store

Mau hemat kuota ? non aktifkan fitur auto update play store

Tips ampuh untuk bisa menghemat kuota internet adalah menonaktifkan fitur auto update play store / App store kecuali settingan terhubung langsung dengan wifi . Para pengguna android harus paham bagaimana cara kerja dari smartphone itu sendiri. 

Salah satunya yaitu play store yang secara otomatis akan melakukan update. Karena, fitur ini memang sudah terbawa langsung saat anda membeli ponsel pertama kali. 

Mungkin, anda tahu bahwa terkadang terdapat notifikasi bahwa aplikasi telah di perbarui. Padahal, hal inilah yang membuat kuota anda menjadi boros. Berikut cara menonaktifkannya:
  • Buka Ponsel sobat
  • Masuk ke aplikasi play store
  • Lakukan swap ke arah kanan atau anda bisa klik pada 3 garis bawah
  • Maka akan muncul banyak menu
  • Pilih Setelan
  • Masuk ke Update Aplikasi secara otomatis
  • Pilih “Jangan update aplikasi secara otomatis”
  • Lalu klik selesai
  • Restart ponsel sobat


4. Matikan Data Saat Tidak Digunakan

Cara menghemat kuota internet di hp adalah dengan mematikan data
Cara menghemat kuota internet di hp adalah dengan mematikan data

Solusi yang bisa anda lakukan agar menghemat data internet yaitu dengan mematikan data saat tidak digunakan, seperti saat tidur atau saat sedang berkendara jarak jauh. 

Tidak perlu mematikan hp cukup gunakan modus pesawat (gambar pesawat).

Karena, hal ini akan lebih baik dan terbukti mampu melakukan penghematan kuota internet anda. Terlebih, untuk anda yang banyak menggunakan aplikasi berjenis online. Maka, solusi yang satu ini sangat cocok untuk anda coba!

5. Pakai Browser yang Ringan

Agar internet tidak boros Pakai browser yang ringan
Agar internet tidak boros Pakai browser yang ringan

Agar tetap nyaman berselancar internet maka kebutuhan paling utama adalah browser. Dengan adanya browser kita bisa mencari berbagai informasi didunia maya. 

Taukah anda, ternyata browser dapat membuat paket internet cepat habis. Terutama browser default bawaan handphone.

Oleh sebab itu, saatnya beralih menggunakan aplikasi browser yang ringan dan lebih efisien menghemat internet, seperti software opera mini dan google chrome for hp. Berikut ini cara setting opera/chrome untuk menghemat kuota internet:

Caranya :
  1. Buka google chrome yang sudah di unduh, 
  2. Sentuh klik ikon tiga titik disebelah kanan atas, 
  3. Kemudian pilih setting dan lalu klik bandwith,
  4. Terakhir, pilih data saver untuk mematikan data saving.
  5. Selesai.

6. Kurangi buka aplikasi facebook dan instagram

Cara menghemat kuota internet hp

Facebook dan instagram merupakan media sosial favorite hampir semua umur. Memang sih jika sudah berselancar dua aplikasi ini selalu bikin ketagihan. Gak buka beberapa menit saja seperti ada yang hilang.

Padahal, taukah kamu bahwa media sosial FB da IG ini sangatlah rakus dan boros akan mengambil data kuotamu. Semakin sering anda buka semakin cepat habis kuota internetmu. Gak percaya? silahkan buka menu pengaturan dan cek "Pengelolaan lalu lintas data" 

Bagaimana? pasti dua aplikasi ini paling atas menghabiskan kuota internetmu. Ya kan!

Nah, mulai sekarang kurangilah membuka dan menonton video instagram dan facebook. Lebih baik hanya seperlu saja. Ini lebih irit.

Itulah, Cara menghemat kuota internet untuk semua operatot, tentu dapat anda coba. Sampai saat ini, sudah banyak yang menggunakan dan terbukti berhasil. Dengan begitu, kuota internet anda tidak akan terbuang dengan sia-sia. 

3 comments for "Inilah 6 Cara Menghemat Kuota Internet di HP, 100% Ampuh"