Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Segudang Manfaat Rebusan Daun Seledri yang Jarang Diketahui

Daun-daunan selain enak dijadikan rempah bumbu masak, juga menyimpan segudang manfaat, contohnya daun seledri. Tanaman ini selalu di budidaya kan hampir disetiap negara karena kaya akan khasiat nya.
Segudang Manfaat Rebusan Daun Seledri yang Jarang Diketahui
Segudang Manfaat Rebusan Daun Seledri yang Jarang Diketahui
Daun seledri banyak mengandung nutrisi didalamnya seperti asam folat, vitamin A, vitamin K dan C, asam pantotenat, ganesium, fosfor dan masih banyak lagi. kandungan dalam daun seledri tersebut sangat dipercaya berguna dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Daun seledri dapat direbus, penyedap rasa alami sup dan soto, bahkan bisa di jus. Berikut ini adalah manfaat rebusan daun seledri yang harus anda ketahui.


1. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga memicu munculnya berbagai penyakit yang sangat berbahaya seperti kardiovaskular. untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cepat, anda boleh mencoba meminum rebusan daun seledri. Karena kandungan 3-n-butylphthalide (BuPh) dapat mengontrol kadar kolesterol.


2. mengobati rematik 

Apabila rematik menyerang akan tentu mengganggu aktivitas sehari-hari karena menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada sendi. pemicu  utamanya karena kelebihan asam urat yang menumpuk pada sendi.


3. mengobati anemia 

Rebusan daun seledri juga bisa digunakan untuk mengobati anemia, atau yang biasa disebut kurang darah yang menyebabkan sakit kepala sepanjang hari. untuk anda yang mengalami masalah anemia jangan khawatir minum rebusan daun seledri.


4. Mengatasi kulit berminyak

Kulit berminyak sering sekali dikeluhkan oleh wanita karena dapat mengganggu hasil make up dan bisa menjadi masalah. Pemicu utamanya disebabkan kadar hormon yang berlebih. Maka, manfaat daun seledri untuk wanita adalah dapat mengatasi kulit berminyak tersebut dengan meminum rebusan daun seledri karena dapat membantu mengurangi minyak berlebih.


5. Mengobati batuk

Apabila mengalami batuk berdahak tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari apalagi sedang bekerja. Cara mengolah daun seledri untuk mengobati batuk adalah dengan merebus nya. Mengkonsumsi rebusan daun seledri dapat mengobati dahak berdahak. Kandungan yang terganggu dalam rebusan daun seledri ini dapat dijadikan obat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak. 


6. Anti kanker

Khasiat rebusan daun seledri dapat memerangi kanker. Kandungan seperti luteolin diyakini sebagai komponen yang dapat memerangi kanker. Penelitian menyebutkan sel luteolin ini membuat sel kanker sangat gampang dihancurkan. Bukan hanya itu senyawa ini juga aktif menghentikan sel tumor.


7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi salah satu penyakit berbahaya untuk tubuh, karena dapat menyebabkan strok. tidak hanya itu hipertensi dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada otak. Maka, manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi yaitu dapat menurunkan darah tinggi (hipertensi). 


8. Mengobati mata kering

Mata kering akan mengganggu, karena dapat menyebabkan rasa gatal. Sehingga jika tidak segera diatasi akan menyebabkan iritasi pada mata. untuk itulah jus seledri sangat baik untuk penderita mata kering.


9. Pencuci ginjal alami 

Selama hidup ginjal kita dengan setia menemani menyaring garam dan zat berbahaya yang masuk dalam tubuh. Seiring berjalannya waktu semua zat terbut akan terakumulasi sehingga dibutuhkan perawatan atau pembersihan pada organ ginjal. Manfaat daun seledri untuk ginjal yaitu dapat digunakan sebagai pencuci ginjal alami yang sehat. dengan minum rebusan daun seledri garam dan racun akan keluar melalui air seni.

 Cara mengolah daun seledri untuk diminum:
  • Ambil satu ikat daun seledri segar masih berwarna hijau kemudian cuci dengan air mengalir dengan bersih
  • Potong kecil-kecil baik daun maupun batang seledri kemudian masukan kedalam panci yang berisi 500ml air
  • Rebus selama 10 menit dan kemudian dinginkan
  • Saring rebusan daun seledri tersebut, masukan ke dalam botol yang bersih dan masukan kedalam lemari es
  • Minum satu gelas setiap hari dan rasakan khasiat nya.
Demikianlah, sekilas informasi dari manfaat rebusan daun seledri. Waktu terbaik untuk minum rebusan daun seledri adalah pagi hari ketika perut masih kosong. Jangan lupa sambil berdoa karena kesembuhan hanya milik Tuhan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Segudang Manfaat Rebusan Daun Seledri yang Jarang Diketahui"