Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Inilah Perbedaan Hardware dan Software Beserta Contohnya Pada Komputer

Hallo kawan, hari ini kita akan mengulas tentang perbedaan, pengertian hardware dan software. Sebab masih banyak yang bingung bahkan belom tau hardware software. memang sih keduanya memiliki perbedaan tetapi fungsi yang berbeda. Dalam sistem komputer terdapat hardware dan software. Keduanya sama-sama memiliki peran penting dan saling mendukung.
Namun, kedua hal tersebut tentu terdapat perbedaan. Perbedaan hardware dan software bisa anda ketahui dari banyak hal. Secara umum, banyak yang mengenal hardware sebagai perangkat keras. Sedangkan, software berarti perangkat lunak.

Secara sederhana, memang seperti itu. Hanya saja, masih ada hal yang sangat mendalam lagi. Tentunya berkaitan dengan bagian dalam komputer tersebut. Baik dari hardware maupun software keduanya sangat berpengaruh. Karena, jika ada salah satu komponen yang kurang tidak dapat berjalan dengan baik. Perbedaan hardware dan software harus anda ketahui secara lebih dalam lagi.

Apa Pengertian Software Dan Hardware ?

Hardware adalah perangkat keras yang terdapat pada komputer. Secara fisik, dapat di lihat oleh anda. Karena, fungsi dari hardware sendiri memang cukup penting. Jika suatu komputer tidak terdapat hardware maka dapat di pastikan error.

Jadi hardware ini ibarat suatu benda/komponen yang dapat terlihat secara fisik dan dapat dipegang. Hardware meliputi setiap komponen untuk dapat di konfigurasi (merakit) pada satu komputer, sehingga seluruh komponen tersebut dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai input (perintah).
Inilah Perbedaan Hardware dan Software

Sedangkan, pengertian software sendiri memiliki arti sebagai perangkat lunak yang dapat di install pada sebuah komputer sebelum bekerja. Software terbuat dari bahasa pemograman (coding) yang dibentuk menjadi sebuah aplikasi (setup).

Jadi, perangkat lunak ini tidak dapat terlihat secara fisik tetapi berfungsi untuk membantu kinerja dari komputer. Seperti untuk kinerja komputer agar dapat melakukan berbagai macam aktivitas. 


Apa Contoh hardware dan software ?


Setelah diatas memahami pembahasan perbedaan antara hardware dan software, untuk lebih memahaminya saya akan memberikan contoh-contoh hardware dan software beserta fungsinya. 

A. Contoh Hardware

Hardware merupakan bentuk fisik dari sebuah komputer. Didalamnya, terdapat beragam komponen untuk saling bekerja.  Berikut beberapa contoh hardware dan fungsinya :

1. Monitor

Perbedaan antara software dan software?

Siapa yang tidak mengenal dengan monitor? Perangkat keras ini sangatlah penting. Karena, digunakan untuk melihat tampilan dari sistem komputer yang sedang berjalan. Dengan munculnya tampilan tersebut maka anda bisa melakukan berbagai macam keperluan. Tampilan visual yang diberikan saat ini terus mengalami perkembangan.

2. CPU

CPU merupakan contoh Hardware

Central Processing Unit ialah perangkat keras yang berfungsi sebagai menerima dan melaksanakan perintah. Istilah lainnya, di sinilah proses tempat tersebut dijalankan dengan benar sesuai perintahnya. Jika salah satu komponen dalam CPU rusak, maka sulit CPU menerima perintah (input) dari user. 

3. Speaker

Jelaskan Perbedaan Hardware dan Software

Tentunya, anda sudah tahu bahwa fungsi dari speaker yaitu untuk mengeluarkan suara. Jadi, jika komputer ingin terdapat suaranya maka bisa menggunakan perangkat keras speaker ini. Berbagai macam merek saat ini dijual dipasaran.

4. RAM

Begini penjelasan tentang hardware dan software

Random Acces Memory bekerja untuk digunakan dalam penyimpanan data sementara. Penggunaan dari RAM juga cukup berpengaruh pada komputer anda. Jika komputer memiliki RAM yang tinggi, maka prosesnya menjadi lebih cepat begitupun sebaliknya, jika RAM memiliki ruang penyimpanan sedikit, maka proses melaksanakan perintah menjadi lambat (loading lama).

5. Mouse Dan Keyboard

Perangkat keras yang penting yaitu mouse dan keyboard. Pada sebuah komputer, penggunaan mouse dan keyboard ini sangat berarti. Karena, mouse akan membantu dalam pengarahan dari pekerjaan. Sedangkan, keyboard bisa di gunakan untuk melakukan inputan (angka, huruf, simbol).


6. Hardisk

Contoh hardware pada sebuah komputer dan laptop

Laptop atau komputer memerlukan ruang penyimpanan sekunder yang besar untuk dapat menampung file atau data seperti dokument, video, foto dan sebagainya. Ruang penyimpanan hardisk juga bervariasi mulai dari yang rendah hingga 1 terabyte. Semakin besar semakin baik.

Selain itu, hardisk berfungsi dapat mengoptimalkan kinerja sebuah software yang telah di instal pada sebuah komputer dan menyimpan data permanen kesektro yang terdapat pada disk didalamnya untuk dibaca dan ditulis (read dan write).


7. Prosesor dan Fan

perdedaan hardware dan software beserta contoh

Dalam satu ruang CPU terdapat yang namanya prosesor dan fan. Prosesor merupakan induk atau bisa dibilang 'otaknya komputer' dan berbentuk sebuah chip. Sehingga berperan sangat vital, menentukan optimasi kinerja komputer itu sendiri. Prosesor berfungsi sebagai pengolah data didalam sistem komputer. 

Sedangkan Fan satu kesatuan dengan prosesor yang berfungsi sebagai pendingin agar tidak mudah panas dan lemot.

B. Contoh Software

Software juga memiliki fungsi yang penting pada komputer. Tanpa penggunaan software yang tepat, maka komputer tidak berjalan dengan baik. Ini dia contoh atau jenis-jenis software:

1. Sistem Operasi 

Contoh software adalah sistem operasi
Contoh software adalah sistem operasi by kangmuizz.com
Tanpa adanya sistem operasi, maka komputer tidak akan berjalan. Untuk itu, harus terdapat sistem operasi. Saat ini yang banyak digunakan yaitu windows. Sebenarnya, masih banyak sekali sistem operasi lainnya seperti linux, MacOS dan lainnya. Di hp biasa disebut juga sistem operasi android dan ios.

Saranku, untuk hasil yang maksimal dan mengindari terjadinya sistem operasi error, sebaiknya menggunakan sistem operasi yang original (lisensi legal). Menganai harga SO bervariasi, misal windows 10 versi provesional dibandrol dengan harga Rp 2,6 juta.


C. Jenis Sistem Operasi dan Contohnya

3 Jenis sistem operasi komputer yang sering digunakan:

1. Sistem operasi jaringan, yang dirancang untuk menangani jaringan pada komputer. Contohnya windows server dan red hat pada Linux.

2. Stand alone, Sistem operasi yang memiliki fitur lengkap dan memiliki kelebihan dapat berdiri sendiri. Sistem operasi stana alone hingga sekarang paling populer digunakan. Contohnya sistem operasi windows, Linux, dan Mac Os.

3. Siste Operasi Embedded, Sistem operasi ini kebalikan dari stand alone, yaitu tidak dapat berdiri sendiri karena sudah tertanam langsung pada komputer. Beberapa contohnya javaOS, eCOS, embedded Linux

2. Aplikasi

Jenis-jenis Software atau Aplikasi komputer

Komputer tanpa adanya aplikasi maka tidak akan berguna bukan? Untuk itu, perangkat lunak yaitu berupa aplikasi yang biasa anda gunakan. Seperti untuk aplikasi microsoft word, adobe premier dan lainnya.

3. Driver Software

Perangkat lunak dan perangkat keras tidak akan saling terhubung jika tidak di hubungkan. Disinilah, fungsi dari driver software bekerja untuk membantu hal tersebut. Jadi, bisa di gunakan untuk berbagai macam keperluan. 

Contoh driver software yaitu drivers laptop, driver komputer, driver printer, driver wifi, driver bluetooth, driver flashdisk dan sebagainya.

Itulah ulasan lengkap mengenai hardware dan software. Sekarang, anda semakin paham mengenai perbedaan kedua hal tersebut. Serta, untuk contoh dari keduanya juga berbeda. Jadi, sekarang anda tidak bingung lagi bukan?

Post a Comment for "Inilah Perbedaan Hardware dan Software Beserta Contohnya Pada Komputer"