Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Strategi Pemasaran Media Sosial (Marketing Online) untuk Bisnis

Media Sosial, Strategi Pemasaran Dalam Media Sosial
Strategi pemasaran media sosial

Apa itu Media Sosial Marketing? 


Media sosial merupakan salah satu contoh sebagai teknik pemasaran online yang banyak digemari oleh para internet marketers saat ini, alasan utamanya adalah karena biaya promosinya yang murah. Bahkan jika semuanya dikerjakan secara manual, maka tidak akan ada biaya sama sekali alias gratis. Kekuatan media sosial sebagai media promosi tentu tidak bisa diragukan lagi, hal ini dikarenakan jumlah pengguna media sosial yang sudah terlampau banyak, membuatnya kini sebagai tempat yang paling tepat untuk melakukan promosi online.

Sekarang ini untuk media sosial seperti Blog, Facebook, Twitter, Instagram dan semacamnya telah menjadi bagian yang sangat - sangat penting di dalam kehidupan masyarakat. Adapun selain untuk kebutuhan bersosialisasi dapat juga digunakan untuk penunjang bisnis. 

Medsos sekarang menjadi salah satu strategi yang bagus dalam aktivitas marketing. Sebagai salah satu media komunikasi, media sosial tidak terlepas dari dampak baik serta buruk bagi penggunanya.

Untuk sebuah Pemasaran di media sosial atau Sosmed Marketing merupakan bagian dari internet marketing. Sangat banyak sekali yang biasa disebut dengan sebuah web marketing yakni sebuah teknik pemasaran online menggunakan website sebagai media komunikasi sebuah perusahaan atau brand. 

Selain itu, ada juga email marketing atau kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media email. Meskipun tak setenar web marketing, email marketing efektif dalam menjaring pelanggan karena menargetkan pelanggan secara personal. 

Malahan banyak para internet marketer profesional yang menggunakan dan menganggap email marketing sebagai strategi online marketing terbaik

  • Tentukan Social Media Utama


tips promosi online


Sebelum menentukan social media yang digunakan, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu siapa target pasar yang akan Anda tuju. 

Yang sedang saya lakukan, dan bisa Anda tiru, target pasar yang saya bidik melalui medsos instagram. Dengan cara membuat akun Instagram untuk jualan  jika Anda lebih memilih media lain, sah-sah saja selama sudah mahir internet marketing.

  • Tentukan Kepribadian
Strategi pemasaran lewat kepribadian

Jika kamu jeli untuk melihat social media milik brand-brand yang ternama, kamu pasti menemukan beberapa kepribadian dan persona yang berbeda. 

Ada yang menyampaikan dengan santai, banyak humornya, ada juga yang serius. Semua itu tidak ada yang salah, tetapi harus diperhatikan bahwa dalam menentukan kepribadian haruslah sesuai dengan bisnis yang Anda miliki (jangan melenceng).

  • Strategi Konten
Agar promosi online efektif buatlah konten yang menarik

Tanpa sebuah konten yang bisa menarik, semua hal yang kamu lakukan dengan social media tidak akan ada hasilnya. Ada yang menjelaskan bahwa “content is king”, jadi Anda harus berlomba-lomba untuk membuat konten terbaik. Jika Anda tidak mahir dalam menulis, Anda bisa menyewa jasa penulis.


  • Strategi Promosi
Pilihlah waktu-waktu yang tepat dan momen yang pas untuk melakukan promosi. Walaupun promo itu disukai oleh konsumen tetapi Anda jangan melakukan promo setiap hari. Kenapa? Selain membuat Anda mendapat keuntungan yang sedikit, membuat promo setiap hari juga bisa membuat konsumen bosan sehingga meninggalkan produk Anda.

  • Buat Jadwal Rutin
Sosmed marketing bukan pekerjaan untuk sampingan yang bisa di tinggalkan seenaknya saja ya, tetapi harus konsisten. Jika hanya dilakukan sesekali saja dalam seminggu, konsumen Anda akan melupakan produk yang Anda miliki. Maka dari itu, harus ada jadwal rutin, mulai dari jadwal harian, mingguan, dan bulanan.


  • Jalin Kerjasama dengan Influencer
influencer sosmed merupakan sebuah orang yang memiliki sebuah akun sosmed dengan follower yang jumlahnya banyak ya, dan memiliki kemampuan untuk membuat dan memengaruhi semua follower-nya. Anda tinggal mencari influencer yang cocok dan mewakili produk yang Anda pasarkan. 

 Untuk tarif sekali post setiap influencer biasanya berbeda-beda tergantung follower yang dimiliki, tetapi umumnya harganya masih masuk akal untuk Anda yang memiliki budget rendah.

Kelebihan menggunakan media sosial untuk marketing

Kehadiran sebuah brand di media sosial menjadi sarana mudah bagi konsumen untuk dapat menyampaikan keluhannya dan perusahaan dapat memanfaatkan media sosial untuk memberikan feedback secara mudah dan cepat, serta tertuju langsung ke konsumen (personal). 

Perusahaan pun pasti mempertimbangkan pelayanan atau servis untuk konsumen yang baik melalui media sosial, serta tetap memantau berbagai keluhan yang disampaikan oleh konsumen. Dengan demikian, perusahaan dapat merespon dengan cepat bahkan sebelum konsumen melaporkannya secara resmi.
Kelebihan menggunakan media sosial untuk marketing

Media sosial dapat digunakan untuk membangun dan menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen, yakni dengan cara berbagi informasi, sehingga konsumen akan mendapat manfaat dan perusahaan dapat meningkatkan penjualan melalui konsumen loyal.

Melalui media sosial, perusahaan atau brand dapat dipromosikan secara mulut ke mulut atau dari diskusi konsumen. etika kita berbicara di dunia bisnis maka kita tidak akan terlepas dengan yang namanya pemasaran. 

Kita ketahui bersama bahwa pemasaran menjadi hal yang sangat penting untuk memperluas dan menjadikan bisnis kita berkembang. Bahkan pemasaran dikatakan menjadi ujung tombak dalam kesuksesan bisnis yang kita miliki. 

Pemasaran merupakan strategi yang dilakukan untuk memperkenalkan produk yang kita miliki dengan maksud untuk bisa menarik konsumen. Dengan demikian maka pemasaran menjadi sangatlah penting untuk dilakukan. 

Namun untuk melakukan pemasaran ini juga tentu akan membutuhkan biaya yang banyak jika kita tidak bisa memilih strategi yang tepat dalam pemasaran.

Dalam melakukan pemasaran yang harus kita lakukan adalah memilih media yang tepat dan efisien serta efektif sehingga pemasaran yang kita lakukan tidaklah sia-sia dan akan berdampak besar kepada konsumen kita terhadap produk yang kita pasarkan. 

Sekarang kita harus lebih cerdas dalam menjalankan bisnis khususnya untuk melakukan pemasaran. Terlebih sekarang ini teknologi semakin canggih dan kita tidak bisa terlepas dengan teknologi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. 

Untuk itu maka kamu harus lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi yang kini ada. Dan yang paling tepat untuk anda pilih adalah melakukan pemasaran melalui media online. Dengan media ini sangatlah efektif untuk dilakukan. Terlebih lagi sekarang ini hampir semua orang memiliki media sosial.

fungsi utama media sosial bagi masyarakat adalah :
  1. Informasi
  2. Inovasi, adaptasi dan kemajuan.
  3. Korelasi
  4. Menjelaskan, menafsirkan, mengomentari makna peristiwa dan informasi.
  5. Menunjang otoritas dan norma-norma yang mapan.
  6. Mengkordinasi beberapa kegiatan.
  7. Membentuk kesepakatan.
  8. Kesinambungan
  9. Mengekspresikan budaya dominan dan mengakui keberadaan kebudayaan. Khusus (subculture) serta perkembangan budaya baru.
  10. Meningkatkan dan melestarikan nilai-nilai.
  11. Hiburan
  12. Menyediakan hiburan, pengalihan perhatian dan sarana relaksasi.
  13. Meredakan ketergantungan sosial
  14. Mobilisasi

Kesimpulan promosi online

Dari uraian diatas bahwa dapat disimpulkan promosi dalam media sosial sangatlah mudah dan tidak memakan waktu yang banyak. 

Dikarenakan media sosial sekarang sangatlah dekat dengan kaum milenial sehingga jika mereka ingin melakukan bisnis atau jasa, mereka dengan mudah untuk mempromosikan nya didalam media sosial.

Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun tidak bisa terlepas dengan media sosial yang ada, dan ini menjadi peluang anda untuk melakukan strategi yang tepat dalam melakukan pemasaran. 

Medsos menjadi sebuah media yang paling efektif ya, untuk digunakan sebagai media pemasaran dan berbisnis. Kamu cukup membutuhkan sebuah modal ide dalam mendesain dalam brosur atau iklan yang menarik. Kemudian anda bisa mengunggahnya di sosmed yang kamu miliki. 

Anda bisa mengunggahnya di facebook, twitter, blog, BBM, Whatsapp dan yang lainnya. Dengan menggunakan media sosial ini anda bisa dengan mudahnya untuk melakukan pemasaran bisnis yang kamu miliki. Bahkan anda bisa memasarkan produk yang anda miliki hingga diluar daerah bahkan hingga luar negri.

Post a Comment for "Strategi Pemasaran Media Sosial (Marketing Online) untuk Bisnis"