Iklan di bawah menu

Cara Membuat Bootable Windows 10 Via Rufus Work 100%

Windows 10 memiliki kelebihan yaitu kompatibel di semua perangkat, memiliki banyak fitur menarik, free upgrade dan berbagai kelebihan lainnya. Kelebihan tersebut membuat Windows 10 banyak di intall. Namun install Windows 10 menggunakan flashdisk membutuhkan proses bootable. Salah satu cara membuat bootable Windows 10 dapat dilakukan menggunakan aplikasi Rufus.
Aplikasi Rufus memiliki kelebihan yaitu ukuranya yang kecil, memiliki pilihan free DOS, dan dapat digunakan pada berbagai sistem operasi. Kelebihan tersebut membuat proses bootable menjadi lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Oleh sebab itu aplikasi ini menjadi pilihan yang cukup bijaksana untuk digunakan untuk bootable Windows 10. Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan.

Tahapan dalam Membuat Bootable Windows 10 Via Aplikasi Rufus

Cara Membuat Bootable Windows 10 Via Rufus
Install windows menggunakan optical disc (CD/DVD) merupakan langkah yang kuno dan ketinggalan zaman karena saat ini proses intall windows sudah beralih ke flashdisc. Bahkan CD/DVD pada beberapa laptop sudah tidak digunakan. Namun hal tersebut membutuhkan proses bootable. Salah satu caranya yaitu menggunakan aplikasi Rufus. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Ungah ISO Windows 10

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk melakukan bootable Windows 10 tentunya yaitu mengunggah ISO Windows 10 terlebih dahulu. Anda dapat menggunggah file tersebut pada Media Creation Tools maupun Tool Windows and Office ISO Downloader. Baik Media Creation Tool dan Windows and Office ISO Downloader memiliki kualitas yang sama.
Hal tersebut karena kedua media tersebut mengambil file langsung dari server Microsoft sehingga kualitasnya sangat baik. Setelah anda mengunggah ISO Windows 10 jangan lupa untuk menyimpan file pada flashdisk. Flashdisk berfungsi sebagai media untuk melakukan install Windows 10 ketika proses bootable telah selesai dilakukan.

2. Persiapkan Flashdisk dengan Kapasitas Besar

Flashdisk yang digunakan untuk proses bootable sebaiknya memiliki kapasitas yang cukup besar. Direkoemendasikan minamal 4 GB dengan tipe 32 bit. Hal itu karena proses ISO Windows 10 cukup besar dan membutuhkan kapasitas flashdisk yang besar. Selain itu pastikan bahwa flashdisk anda kosong dan sudah tidak ada data penting di dalam flashdisk.
Aplikasi Rufus akan menghapus seluruh file yang berada di dalam flashdisk tanpa terkecuali. Hal tersebut membuat anda harus memindahkan file penting terlebih dahulu karena penghapusan dilakukan secara permanen.

3. Unggah Aplikasi Rufus

Salah satu cara membuat bootable Windows 10 yang mudah untuk dilakukan yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Rufus. Tentunya anda harus mengungah aplikasi ini terlebih dahulu sebelum menggunakan. Untuk mendapatkan aplikasi Rufus anda dapat membuka website resminya yaitu di https://rufus.akeo.ie/.
Terdapat 3 jenis file yang dapat dipilih yaitu Rufus 2.18, Rufus 2.18 portabel dan versi lainnya. Apabila anda ingin melewatkan proses install maka disarankan untuk menggunakan Rufus 2.18 portabel.  Hal itu karena memungkinkan untuk anda melakukan proses bootable tanpa harus menginstall Rufus di komputer maupun laptop.  

4. Intall Aplikasi Rufus di Laptop atau Komputer Anda

Tahapan ini hanya berlaku untuk anda yang memutuskan untuk memillih versi Rufus 2.18. proses intall aplikasi ini cukup mudah seperti anda melakukan proses intall software pada umummnya. Untuk melakukan proses intall sebaiknya pastikan bahwa RAM anda cukup untuk memasang aplikasi tersebut di laptop/PC.

5. Buka Aplikasi Rufus

Apabila anda sudah berhasil untuk menginstall maka akan muncul logo aplikasi tersebut dan klik 2 kali. Lalu aplikasi tersebut akan menampilkan Rufus update policy, klik yes untuk melanjutkan menggunakan aplikasi.

6. Pilih ISO Windows 10 di Aplikasi Rufus

Setelah aplikasi Rufus terbuka, maka fokuslah pada bagian device. Gantilah device ke perangkat flashdisk untuk proses bootable. Lalu seketika jendela explorer terbuka lalu pilihlah ISO Windows 10 yang telah anda download. Apabila anda hendak mengganti nama flashdisk dapat menggunakan kolom new volume label. Selanjutnya klik start untuk jalankan aplikasi.

7. Mulailah Melakukan Bootable

Proses bootable anda akan berjalan ketika terdapat tanda bar berwarna hijau di kolom bawah. Tepat dibawahnya akan terdapat proses bootable berjalan sebanyak berapa persen. Aplikasi akan memberikan tulisan ready ketika proses telah selesai dilakukan. Proses bootable ini memakan waktu kurang lebih 10-15 menit. Jangan menekan tombol apapun selama proses ini berlangsung.
Ketika proses sudah mencapai 100 persen maka keluarlah dari aplikasi Rufus dengan menekan tombol close. Itu artinya proses bootable Windows 10 anda sudah selesai dilakukan. Cukup mudah bukan ? Setelah proses ini selesai barulah anda dapat melanjutkan ke proses intall Windows 10.
Untuk melakukan install Windows 10 menggunakan flashdisk mengharuskan anda untuk melakukan proses bootable. Terdapat beberapa cara untuk melakukan proses bootable salah satunya yaitu menggunakan aplikasi Rufus. Cara membuat bootable Windows 10 menggunakan Aplikasi Rufus cukup mudah dan praktis bahkan untuk seorang pemula. Hal itu karena aplikasi ini tidak rumit dan easy user.

0 Response to "Cara Membuat Bootable Windows 10 Via Rufus Work 100%"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel