Iklan di bawah menu

Cara Install Windows 10 Secara Mudah

Cara install Windows 10 merupakan hal yang anda harus ketahui karena windows ini adalah windows yang paling mutakhir saat ini. Windows 10 banyak digunakan khususnya pada laptop maupun PC yang terbaru karena beberapa kelebihanya yaitu compatible di berbagai perangkat, memiliki fitur asisten virtual Cortana, dapat di upgrade secara gratis, terdapat Microsoft Edge, dan masih banyak lagi.

Cara Install Windows 10 Secara Mudah

Kelebihan yang dimiliki Windows 10 membuat anda harus melakukan upgrade windwos anda ke Windows 10. Sebelum melakukan install windows anda harus melakukan check perangkat komputer maupun laptop apakah compatible dengan windows ini atau tidak. Setelah itu barulah anda melakukan proses intalasi dari Windows 10. Berikut ini akan di ulas langkah-langkah dalam melakukan intall Windows 10.

Langkah-Langkah dalam Menginstall Windows 10

Windows 10 memiliki berbagai kelebihan yang menarik perhatian para pengguna system operasi windows. Banyak orang yang ingin melakukan upgrade maupun install ulang windows ke Windows 10. Untuk itu berikut akan di ulas tahapan dan langkah-langkah untuk menginstall Windows 10 dengan benar dan praktis. Metode ini dapat digunakan meskipun pemula sekalipun, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Siapkan Installer Windows 10

Langkah awal untuk melakukan intall Windows 10 adalah mempersiapkan installer. Installer yang digunakan dapat berupa DVD installer maupun flashdisk. Namun untuk tutorial kali ini media untuk melakukan install yaitu DVD installer. Installer DVD dan flashdisc secara umum tidak terdapat perbedaan dan keduanya dapat dilakukan namun terdapat sedikit perbedaan di dalam prosesnya.

DVD installer mula-mula dilakukan setting terlebih dahulu boot device priority. Anda dapat menemukannya pada menu BIOS. Untuk melakukan proses intall ini anda harus memastikan bahwa daya dari laptop anda memadai. Pasalnya proses untuk melakukan install Windows ini cukup lama, dengan waktu 30-60 menit. Sebaiknya anda melakukan proses ini sambil mengisi daya menggunakan charger.

2. Lakukan Setting BIOS

Cara install Windows 10 yang selanjutnya yaitu lakukan setting BIOS. Langkah ini dilakukan untuk memastikan ketika anda melakukan proses booting maka booting yang dilakukan dari DVD installer. Proses booting umumnya dilakukan dari HDD. Hal itu membuat ketika anda gagal dalam proses ini maka proses install tidak akan berjalan. Berikut adalah beberapa tahapanya.

  • Masuklah ke Menu BIOS

Untuk masuk ke menu BIOS anda harus melakukan restart laptop atau komputer. Selanjutnya silahkan anda tekan tombol delete/del pada keyboard komputer anda. Namun perlu anda perhatikan bahwa setiap laptop dan komputer memiliki cara yang berbeda untuk dapat masuk ke menu BIOS. Oleh sebab itu maka bacalah manual book laptop anda untuk mencari tahu untuk masuk ke menu BIOS.

Setelah anda masuk ke menu BIOS maka lakukanlah pindah ke tab boot dengan cara menggeser menggunakan cursor di keyboard anda. Umumnya setiap laptop dan komputer  akan menampilkan hal yang sama yaitu pada tampilan menu boot akan muncul Hard Drive (HDD) sebagai awal untuk proses booting.

  • Ganti Hard Drive menjadi CD Room Drive

Hard Drive (HDD) yang berada di atas pada menu boot haruslah anda ganti dengan CD Room Drive. Hal ini dilakukan agar ketika anda melakukan booting maka yang diproses dari DVD. Untuk menggantinya anda tinggal menggeser dengan menggunakan keyboard + dan -. Pindahkan CD Room Drive hingga sampai ke posisi paling atas.

  • Simpat Settingan BIOS Tersebut

Apabila CD Room Drive sudah berada di posisi atas maka selanjutnya lakukan proses simpan dengan cara menekan tombol F10. Setelah muncul notifikasi maka anda klik yes untuk membuat settingan yang di ubah tersimpan.

3. Lakukan Tahap Installasi Windows 10

Setelah mengubah settingan BIOS maka dilanjutkan dengan proses intall Windows 10. Selanjutnya lakukan proses booting, lalu anda akan diminta untuk memilih bahasa. Pilihlah Bahasa Indonesia pada menu time and currency format. Lalu kliklah menu install now. Selanjutnya akan muncul halaman pernyataan dan centanglah di menu i accept the license term.

4. Lakukan Tahapan Partisi

Partisi dilakukan untuk membagi space ruang penyimpanan anda. Untuk melakukan proses partisi pilihlah drive 0 unallocaterd space lalu klik new dan apply. Anda dapat melakukan partisi 2 atau lebih sesuai keinginan. Selanjutnya klik ok untuk membuat system reserved partition. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama mulai dari 30 hingga 1 jam.

Ketika anda melakukan tahapan ini komputer anda akan restart dengan sendirinya. Setelah selesai lalu pilihlah bahasa yang diinginkan lalu isilah berbagai pertanyaan sesuai keinginan anda. lalu isilah No pada pengaturan privacy. Tunggulah beberapa saat dan proses intall anda telah selesai.

Cara install Windows 10 membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam mengikuti langkah-langkah di atas. Hal itu karena apabila terdapat langkah yang terlewat maka anda harus mengulanginya lagi. Untuk itu cermat dan teliti akan membuat anda lebih mudah untuk melakukan proses intall Windows 10 ke laptop maupun PC anda.

1 Response to "Cara Install Windows 10 Secara Mudah"

  1. Hibernation is different from sleep mode. Sleep mode is a low power mode for electronic devices.etcher alternative

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel