Iklan di bawah menu

Beberapa Cara Mempercepat Windows 10 Terbukti Ampuh

Saat ini mayoritas pengguna komputer dan laptop menggunakan Windows 10 sebagai system operasinya. Hal itu karena Windows 10 memiliki beberapa fitur yang sangat membantu penggunanya. Selain itu windows 10 memiliki tampilan yang sangat menggoda hati.

Meskipun OS windows 10 ini terlihat canggih bukan berarti tidak mengalami Kendala. yang sering kali dialami adalah windows 10 lemot tiba-tiba. Masalah seperti ini merupakan suatu hal yang wajar dalam pengoperasian system komputer. Oleh sebab itu maka perlu kiranya anda mengetahui cara mempercepat Windows 10. Berikut ulasanya khusus untuk anda.

Bagaimana Cara Mempercepat Windows 10 ?

Kendala dalam system operasi seringkali terjadi karena beberapa hal yaitu terlalu banyak membuka program yang berat, banyak menggunakan efek dan animasi, hardisk yang penuh, dan berbagai faktor lainnya. 
Beberapa Cara Mempercepat Windows 10 Terbukti Ampuh
Mempercepat windows 10 lemot
Tidak selamanya kendala karena kinerja Windows yang tidak baik. Untuk itu berikut akan di ulas beberapa tips mempercepat Windows 10 secara cepat dan praktis.

1. Ubah Pengaturan Daya Prosesor

Windows menyediakan tiga pilihan menu untuk pengaturan daya prosessor yang digunakan yaitu power saver, balanced, dan high performance. Memilih ketika mode ini memiliki konsekuensinya tersendiri. 

Apabila anda memilih power saver maka kinerja windows akan melambat namun akan lebih hemat batrei dan sebaliknya ketika anda memilih high performance maka batrei anda akan cepat habis.

Namun apabila anda sering merasa komputer sangat lambat maka sebaiknya ubahlah settingan prosesor ke balnced maupun high performance. Untuk mengubah hal tersebut dapat dilakukan dengan menu control panel lalu masuk ke hardware and sound dan pilihlah menu power options. Lalu pilihlah opsi sesuai yang anda inginkan.

2. Uninstall Program yang Tidak Perlu

Cara mempercepat Windows 10 yang kedua yaitu memilah program yang anda install di PC maupun laptop. Banyaknya program yang terinstall akan membuat kinerja komputer menurun. Hal itu karena program akan memakan kapasitas RAM laptop/PC anda. Akibatnya maka laptop anda akan lemot untuk digunakan.

Hapuslah beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Hal itu dilakukan guna menghemat ruang di hardisk dan RAM komputer anda. apabila ruang tersebut longgar maka kinerja laptop akan semakin membaik. Bagi anda pengguna laptop/PC OEM umumnya akan banyak sekali software bawaan yang tidak dapat dihapus, Oleh sebab itu maka unistallah program yang tidak penting.

3. Non Aktifkan Search Index

Search index merupakan sebuah fitur dari windows yang berguna untuk mempermudah pencarian anda terhadap file dan aplikasi tanpa harus menuju ke folder. Fitur ini cukup membantu namun akan mengakibatkan komputer lemot. 

Hal itu karena loading PC akan lebih lambat karena mesin harus mencari file maupun aplikasi ke seluruh folder di hardisk. Hal itu akan berpengaruh ke kinerja komputer.

Bagi anda yang jarang memanfaatkan fitur tersebut sebaiknya lakukan penonaktifkan fitur. Caranya yaitu dengan mengetik “service.msc” pada kota pencarian start menu. 

Lalu akan muncul jendela service, selanjutnya pilihlah call indexing service serta klik sebanyak dua kali dan pilih opsi stop and reboot. Setelah proses reboot selesai maka fitur tersebut sudah di non aktifkan.

4. Atur Background Apps dan Visual Effect

Salah satu kelebihan menginstall Windows 10 dibandingkan dengan yang lainnya yaitu dari sisi tampilannya. Namun tampilan yang lebih baik tersebut akan membuat kinerja komputer menjadi menurun karena banyaknya visual effect dan background apps. Masalah ini diperparah ketika anda menggunakan perangkat komputer/laptop yang memiliki spesifikasi standart.

Untuk anda yang mengalami kendala tersebut sebaiknya aturlah background apps dan visual effect dengan cara mengetik “sysdm.cpl” pada kotak pencarian. Lalu klik tab advanced dan klik setting di performance. Lalu pilihlah adjust for the best performance. Hal ini akan membuat performa komputer lebih baik.

5. Hemat Size pada Partisi System

Penumpukan program pada partisi system , khususnya C:\ pada Windows 10 akan membuat kinerja laptop/PC anda melambat. Hal itu karena hardisk haruslah mendapatkan ruang yang cukup untuk mengoptimalkan kinerjanya. 

Salah satu cara dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan menghapus temporary file, memindahkan aplikasi ke folder lainnya, dan menghapus aplikasi yang tidak penting.

6. Gunakan Anti Virus

Lemotnya kinerja laptop anda seringkali juga terjadi karena adanya virus maupun malware pada system operasi. Hal tersebut akan mengganggu kinerja system dan menurunkan performanya. Untuk mengatasi hal tersebut maka gunakanlah anti virus dan lakukan scan secara berkala. Selain itu agar lebih optimal, lakukanlah update secara berkala terhadap perbaruan dari anti virus tersebut.

7. Update Windows dan Driver

Seringkali anda mengabaikan pemberitahuan untuk update windows dan driver pada PC/laptop anda. padahal hal tersebut dapat meningkatkan kinerja komputer. melakukan update windows akan menutup celah bug dan membuat system kompatibel terhadap berbagai aplikasi terbaru. Update driver juga penting karena akan membuat kinerja hardware dan system operasi menjadi lebih optimal.

Kesimpulan mempercepat kinerja windows

Tenyata banyak sekali penyebab windows 10 lemot. Beberapa cara mempercepat Windows 10 dapat dilakukan dengan mudah. Cara di atas dapat anda pergunakan guna meningkatkan kinerja Windows 10 anda. 

Lambat dan lemotnya komputer dalam merespon perintah tidak melulu karena windows yang digunakan. Oleh sebab itu langkah di atas akan membantu mengurangi faktor lemotnya komputer/laptop anda.

0 Response to "Beberapa Cara Mempercepat Windows 10 Terbukti Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel