Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

4 Cara Mudah Sharing Printer Windows 10 Via Jaringan LAN

Sharing printer merupakan salah satu fitur terbaik windows 10 yang sangat membantu pekerjaan. Hanya membutuhkan jaringan LAN semua dapat terkoneksi dalam satu perintah untuk dapat dipakai bersama. Windows 10 memiliki beberapa kelebihan dari segi tampilan, keamanan, dan berbagai fitur yang menunjangnnya.


Manfaat dari sharing printer ini kita dapat ngeprint dari jarak jauh seama LAN/Wifi masih terkoneksi kejaringan. Cara sharing printer Windows 10 dapat dilakukan dengan mudah. Yuk kita ulas sampai bisa oke..

Langkah-langkah dalam Menggunakan Fitur Sharing Printer Windows 10

Windows 10 memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya yaitu memiliki beragam fitur yang memudahkan penggunanya. Salah satu fitur yang cukup baik dan sangat membantu yaitu sharing printer. 
Cara Sharing Printer Windows 10 Via Jaringan LAN
Fitur tersebut akan membuat anda tidak perlu memasukkan data ke flashdisk untuk di print di komputer yang berdekatan dengan mesin printer. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan sharing printer pada windows 10.

1. Aktifkan Network and Sharing Center

Langkah pertama untuk memanfaatkarn fitur sharing printer di Windows 10 yaitu dengan mengaktifkan network and sharing center. Untuk mengaktifkan network and sharing center silahkan anda masuk ke menu control panel pada laptop maupun komputer anda. 

Untuk mengakses menu control panel dengan mudah Klik windows dan R pada komputer anda secara bersamaan akan muncul seperti gambar dibawah. 
Cara Sharing Printer Windows 10 melalui LAN

Selanjutnya ketikan control panel dan  klik ok atau enter untuk masuk ke menu control panel. Setelah anda sudah mengakses menu control panel maka masuklah ke menu network and internet
Cara Sharing Printer Windows 10 menggunakan LAN

Lanjutkan ke menu network and sharing sharing center. Setelah masuk ke menu tersebut selanjutnya pilihlah menu change advanced sharing setting. ubahlah setting komputer anda menjadi turn on network discovery serta turn on file and sharing printer.
Cara Sharing Printer Windows 10 Via Jaringan LAN

Langkah di atas adalah untuk memberikan akses kepada pengguna lain untuk dapat memanfaatkan printer yang terhubung ke komputer anda. Selain printer, anda juga dapat melakukan sharing data dan file kepada pengguna lain. Tentunya file yang dapat diakses oleh pengguna lain haruslah mendapatkan izin dari anda terlebih dahulu.

Apabila anda ingin meningkatkan keamanan dengan cara memasang password bagi setiap pengguna yang ingin memanfaatkan fitur sharing printer dapat dilakukan dengan menghidupkan opsi all network. Apabila anda mengaktifkan menu tersebut maka setiap orang yang ingin melakukan akses kepada perangkat printer haruslah memasukkan password yang tentunya sudah diatur sebelumnya.

Apabila anda ingin mematikan opsi password tersebut dapat dilakukan dengan cara mengubah pengaturan komputer anda ke opsi turn off password protected sharing dan klik save changes. Langkah tersebut akan menonaktifkan opsi password yang anda setting sebelumnya. Sampai disini anda telah membuka akses printer untuk dapat digunakan di banyak perangkat komputer.

2. Aktifkan Sharing Printer

Cara sharing printer Windows 10 menggunakan jaringan LAN cukup mudah dan efisien untuk dimanfaatkan. Setelah mengaktifkan network and sharing center langkah selanjutnya yaitu aktifkan menu sharing printer. Langkah pertama untuk mengaktifkan sharing printer yaitu dengan mengakses control panel.

Setelah masuk ke menu control panel lalu masuklah ke menu hardware and sound dan lanjutkan dengan pilih devices and printer. Setelah anda sudah masuk ke menu tersebut maka dapat dilihat daftar printer yang sudah di install pada komputer. Silahkan anda pilih printer yang ingin terkoneksi dengan perangkat yang menggunakan Windows 10 dengan memanfaatkan jaringan LAN. (Lihat Gambar 1-2 dibawah).
Gambar 01 hardware dan sound


Apabila anda sudah menentukan printer mana yang diizinkan untuk mengakses printer maka klik kanan pada printer dan masuklah ke printer properties
Lanjutkan ke menu tab sharing. Lalu centanglah di opsi share this printer. lalu klik ok untuk melanjutkan pengaturan. Anda juga dapat mengganti nama printer sesuai dengan kesepakatan bersama. Itulah cara mengaktifkan sharing printer di PC maupun laptop anda.

3. Aktifkan Akses Printer yang Sudah di Share

Setelah anda sudah mengaktifkan network and sharing center serta memilih printer yang mendapatkan akses ke perangkat anda dengan sharing printer maka langkah selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan akses printer. langkah ini dilakukan untuk membuat perangkat lain dapat melakukan proses pengeprintan dari komputer lainnya.

Langkah yang pertama yaitu masuk ke control panel dan aktifkan menu turn on file and sharing printer dan turn on network discovery. Selanjutnya masukklah ke menu file explorer dan masuk ke menu network. Komputer selanjutnya akan menampilkan daftar perangkat komputer yang sudah terhubung. Selain itu anda juga daoat melihat daftar printer yang sudah di share ke perangkat lainnya.

4. Klik Connect dan Selesai

Apabila anda sudah memastikan bahwa di menu setting sudah turn on baik file and sharing printer serta network discovery maka artinya komputer anda sudah terkoneksi dengan sharing printer Windows 10. Untuk melakukan proses print maka silahkan untuk menekan connect di file explorer. Cukup mudah bukan?

Itulah cara sharing printer Windows 10 melalui jaringan LAN. Cara di atas dapat anda gunakan untuk memanfaatkan fitur sharing printer Windows 10. Cara ini cukup mudah dan dapat diterapkan tanpa pembatasan unit selama jaringan LAN di tempat anda memadai. Sharing printer sangat membantu untuk mengoptimalkan pekerjaan anda.

Post a Comment for "4 Cara Mudah Sharing Printer Windows 10 Via Jaringan LAN"