Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Penyebab dan Cara Mudah Memperbaiki Speaker Hp Rusak

Apabila speaker hp rusak dan fungsinya tidak berjalan lagi dengan normal. Tentu membuat hp tidak lagi bekerja maksimal. Karena speaker hp dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan mendengarkan suara baik dari seseorang yang menelpon atau dari suara musik dan video.
Speaker menjadi salah satu perangkat keras yang vital ada di setiap perangkat elektronik seperti hp, laptop, dan lain-lain. Ketika speaker tersebut rusak, tentu langkah yang harus diambil adalah dengan menemukan penyebab speaker hp rusak dan cara memperbaikinya.

A. Penyebab Speaker Hp Rusak 

Terdapat beberapa penyebab speaker HP rusak yang diakibatkan karena kerusakan sistem pada hp. Ada juga penyebab lain karena korosi speaker oleh uap air dari keringat atau tangan saat menyentuh speaker. 
Korosi bisa menyebabkan speaker menjadi mengeluarkan suara statis sehingga tidak dapat bekerja optimal. Adanya debu yang menumpuk juga akan menghalangi suara pada speaker.

B. Bagaimana Cara Memperbaikinya Speaker HP Rusak?

Penyebab dan Cara Mudah Memperbaiki Speaker Hp Rusak

Jika sudah speaker nya yang bermasalah maka tidak bisa lagi dibetulkan dengan software, sebaiknya dibawa ketempat service resmi dan terpercaya atau bisa coba-coba memperbaikinya sendiri. Ketahui cara memperbaiki speaker rusak pada pembahasan di bawah ini:

B.1 Membersihkan Kotoran Yang Menempel Pada Speaker Hp

Cara mengatasi speaker hp mati salah satunya adalah dengan membersihkan kotoran yang menempel dan menumpuk pada speaker. Kotoran ini bisa berupa debu karena orang-orang sering menaruk hpnya di sembarang tempat bahkan di tempat yang berdebu. Anda bisa mengatasinya menggunakan kuas kecil untuk membersihkan debu-debu yang menempel di speaker hp tersebut.
Cara membersihkan speaker kotor sangatlah mudah, pertama Anda buka casing hp supaya mudah untuk dibersihkan. Lalu buka dudukan dan perekat speaker secara perlahan dan mulai bersihkan bagian yang kotor dengan kuas kecil. Apabila sudah dirasa bersih, tutup kembali dudukan, perekat, dan casing hp. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak komponen yang lainnya.

B.2 Pergi Ke Service Hp Resmi dan Terpercaya

Speaker hp tidak mengeluarkan suara bisa diakibatkan karena korosi. Penyebab dari timbulnya korosi ini karena terkena air, basah keringat, dan lain-lain. Penguapan air yang ada di speaker bisa menyebabkan kerusakan besar dan bisa menjadi tidak bersuara. Apabila penyebab speaker hp mati karena korosi air, pergilah ke service hp untuk diganti atau dibersihkan korosinya.
Apabila speaker hp terkena tetesan air, ambil langkah cepat dengan mengeringkannya sebelum kerusakan bertambah parah. Jika hp kemasukan air, Anda bisa merendam hp tersebut ke dalam beras hingga airnya hilang. Jauhkan hp Anda dari sumber air agar tidak terkena percikannya, hal ini diperlukan bagi hp yang belum memiliki sertifikasi bahwa dirinya adalah anti air.

B.3 Ganti Speaker Dengan Yang Baru 

Apabila penyebab speaker hp rusak karena gangguan sistem hardware hp, solusi yang paling tepat adalah dengan membawanya ke tempat service untuk dilakukan penggantian speaker. Jika Anda bisa memperbaiki sendiri di rumah, gunakan beberapa alat yang sering digunakan untuk service hp dan lakukan dengan hati-hati.
Nah itulah penyebab speaker hp rusak dan cara memperbaikinya yang bisa dilakukan sendiri di rumah hingga membawanya ke tempat service. Dengan mengetahui penyebab yang sering terjadi pada speaker hp, disarankan untuk menjaga speaker tersebut agar tidak sampai rusak. 

Salah satu langkahnya yaitu jangan menggunakan volume maksimal pada speaker karena dapat mempercepat kerusakan pada speaker. Sekian pembahasannya dan semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Penyebab dan Cara Mudah Memperbaiki Speaker Hp Rusak"