Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

5 Tips Menabung Untuk Pelajar Dalam Waktu Singkat 12 Juta!

Tips menabung pelajar - Menabung memang sebagai salah satu metode manajemen keuangan pribadi perlu diketahui dan ditanamkan sejak menjadi pelajar. Mengingat betapa pentingnya menabung ini maka sangat perlu sekali bagi pelajar untuk melaksanakannya agar terbiasa.

Menabung untuk pelajar memang menjadi hal yang sulit dilakukan, jangankan menyisihkan uang untuk ditabung, mendapatkan uang jajan tambahan saja cukup sulit karena masih tergantung sama orang tua.

Akan tetapi, bukan hal yang mustahil bagi anda yang ingin menabung meski masih berstatus sebagai pelajar, menabung ini juga dapat dijadikan sebagai tantangan finansial tersendiri bagi anda. Yuk kita bahas satu persatu cara menabung untuk pelajar.

Tips Cara Menabung Untuk Pelajar

Terdapat beberapa cara menabung yang bisa anda gunakan agar barang yang anda inginkan bisa tercapai dalam waktu singkat. Misal untuk beli motor, modal kuliah, modal usaha, atau untuk traveling. Berikut tips menabung pelajar yang benar:

#1 Pastikan Tujuan dan Target dari Menabung


Tips menabung untuk pelajar dalam waktu singkat
Cara menabung untuk pelajar
Tips menabung untuk pelajar yang pertama adalah dengan menentukan tujuan dan target dari menabung anda, ini harus dilakukan karena sangat penting untuk menentukan tujuan mengapa kalian akan menabung. Selain itu, tujuan dan target ini juga akan semakin memotivasi anda supaya tidak berlebihan dalam mengeluarkan uang.

Bagi pelajar mungkin tujuan dari menabung adalah untuk membantu orang tua dalam membayar sekolah, menabung untuk beli motor, beli kamera, ingin liburan atau pun ingin membeli barang yang diinginkan. 

Setelah jelas tujuannya, langkah selanjutnya adalah menentukan target. Target jumlah uang yang akan dikumpulkan nanti seberapa besar yang harus dikumpulkan perhari, perminggu atau perbulan. 

Selama proses menabung konsisten jangan pernah menggunakan uang tabungan kalian untuk membeli sesuatu yang tidak penting misal rokok, membeli barang yang bukan prioritas dan tidak produktif.

#2 Menentukan Tempat Dimana Anda Akan Menabung

Cara menabung untuk pelajar dengan menggunakan celengan
cara menabung cepat untuk pelajar
Jika anda tidak memiliki celengan atau berngkat maka tempat yang paling aman untuk menyimpan uang anda adalah di bank. Apalagi, saat ini banyak bank yang menawarkan produk tabungan yang khusus untuk pelajar dimana potongan perbulannya akan kecil. 

Namun, jika dirasa menabung di bank cukup ribet, cara yang lain yang bisa diterapkan adalah dengan cara manual yaitu dengan menggunakan celengan.

Menurku agar maksimal menabung lebih baik menggunakan celengan yang tidak bisa dipecahkan atau mudah dirusak. lebih baik gunakan gembok, lalu kuncinya dibuang saja, atau titipkan pada orang tua.

Karena anda tidak dapat mengambil uang seenaknya, jadi dapat dipastikan uang tidak akan berkurang. Tentunya simpan celengan di tempat yang aman supaya tidak hilang dicuri dan anda harus menyimpannya di tempat yang tersembunyi. Hal ini dilakukan agar jauh dari pandangan dan pikiran anda untuk membukanya.

#3 Sisihkan Sebagian Uang Jajan Anda Untuk Ditabung

Cara menabung untuk pelajar dalam setahun
Cara menabung untuk seorang pelajar
Berapapun uang jajan yang di berikan orang tua kepada anda, sebaiknya sisihkan beberapa persen untuk ditabung misal 30 persen. Menabung memang perlu manajemen yang hebat, anda harus dapat mengatur sisa 70 persen mu untuk kebutuhan – kebutuhan sehari-hari.

Anggaplah cara ini sebagai tantangan walaupun terkesan memaksa. Akan tetapi, apabila anda mampu melewati ini dan mulai terbiasa. Pasti akan indah pada waktunya dan akan menghasilkan tabungan sesuai dengan tujuan dan target impian anda.

#4 Berhemat Dan Menyibukkan Diri Di Sekolah

Tips hemat untuk pelajar agar bisa menabung
Tips hemat untuk pelajar agar bisa menabung
Cara mengumpulkan uang untuk pelajar adalah dengan menghemat pengeluaran atau kurangi jajan disekolah. Misal uang jajan kalian dari orang tua 50.000 sehari. Gunakan saja 1/2 dari uang tersebut untuk biaya tranportasi dan seporsi makanan + mineral. 

Agar lebih hemat dan target menabung cepat terkumpul dalam setahun, Anda bisa membawa bekal dari rumah, tidak sering ikut main di luar, menggunakan alat tranportasi yang murah atau jika rumah dekat dengan sekolah bisa berjalan kaki atau bersepeda. 

Jadi dalam sehari anda bisa menabung 35rb. dalam sebulan anda berhasil menabung 1.050.000 dikali setahun 12.600.000 sudah bisa liburan ke bali atau beli hp terbaru. ya kan mudah?

#5. Kurangi Nongkrong atau Malam Mingguan

Kan kak harus gaul, jadi harus banyak nongkrong. Yaelah kalau mau gaul gak mesti nongki di cafe mahal. Kalaupun anda pengen sekali nongki, carilah tempat yang termurah dan kalau bisa yang positif. Misal di warung, angkringan. Juga bisa nongkrong sambil olahraga bareng doi. Paling kalian hanya beli gorengan dan segelas es teh manis. Pengeluaran paling 5rb-10rb.

Kesimpulan

Cara menabung pelajar diatas bisa tercapai jika Anda menyibukkan diri pada saat di sekolah, misal rajin mengunjungi perpus untuk belajar di saat jam istirahat, mengikuti kegiatan – kegiatan ekstrakulikuler yang bermanfaat untuk menghindarkan anda dari main-main tidak jelas yang akan menghabiskan uang pengeluaran tak terduga.


Demikianlah pembahasan dalam artikel ini mengenai Tips Menabung Pelajar yang dapat anda contoh. Semoga apa yang dijelaskan dalam artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda para pembaca dan pelajar yang ingin memulai untuk menabung

Post a Comment for "5 Tips Menabung Untuk Pelajar Dalam Waktu Singkat 12 Juta!"