Iklan di bawah menu

Begini Cara Menghitung Penghasilan Youtube Adsense

Menjadi seorang youtuber akhir-akhir ini dijadikan sebagai cita-cita kaum milenial. Dari youtube, seseorang bisa mendapatkan popularitas dan pemasukan uang dari iklan karena estimasi pendapatan youtube terbilang tidak sedikit. Uang yang didapat dari youtube bisa mencapai jutaan hingga miliayaran per bulan.


Namun, cita-cita tersebut saat ini harus digapai dengan usaha yang lebih berat khususnya bagi seoran youtuber pemula. Hal ini dikarenakan youtube mulai memperketat syarat bagi channel youtube yang ingin mendapatkan uang dari iklan. Seperti anda tidak boleh menggunakan musik copyright dan upload ulang video orang lain, jika anda lakukan siap-siap chanel anda akan di nonaktifkan permanen.
Uang tersebut bisa didapat dari iklan-iklan yang muncul secara otomatis disetiap di video youtube yang anda upload. Iklan ini biasa dikenal dengan istilah adsense. Jadi pihak adsense sebagai pihak kedua bekerja sama dengan Youtube untuk menampilkan iklan. Dari setiap klik iklan itu Anda mendapatkan sebagai uang dengan nominal berbeda-beda dan akan diakumulasi selama sebulan sebelum di transferkan ke ATM terdaftar milikmu. 
Cara Menghitung Penghasilan Youtube Adsense

Bagaimana pembayaran pendapatan youtube? begini penjelasannya. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan uang dari youtube, maka channel perlu dan wajib di monetisasi terlebih dahulu. 

Akun yang bisa di monetasi, harus dengan syarat telah mencapai syarat dari youtube yaitu 4000 jam tayang dan 1000 subscriber. Jika belum mencapai syarat tersebut anda belom bisa menghasilakan uang dari youtube. Agar cepat dimonetisasi syaratnya upload video keren sesering mungkin minimal seminggu 2-3x. Begini cara edit video youtube yang berkualitas.

Bagaimana pembayaran youtube? 

Dengan memiliki channel youtube dan memonetisasinya serta menyambungkan channel tersebut ke adsense, membuat Anda mendapatkan uang darinya. Jangan lupa untuk mengoptimalkan fungsi dari monetisasi pada youtube channel dengan membuat video yang user friendly, konten orisinil, bebas copyright, dan video harus sesuai syarat dari youtube. Lalu bagaimana pembayaran youtube? begini penjelasannya:

Sistem biaya per seribu tayang

Sistem pembayaran youtube 2019 yang satu ini sering dikenal dengan biaya per seribu (BPS) untuk setiap tayangan iklan yang ditayangkan video dengan 1000 kali ditonton. Maksudnya minimal ada 1000 Viewer.

Maka cara menghitung penghasilan youtube ilustrasinya sebagai berikut : Pendapatan 1000 view youtube berapa dolar? tayangan iklan ini menjadi penghasilan tertaksir atau penghasilan kotor. Anda bisa melihat rumusnya dengan RPM = (penghasilan kotor/jumlah tampilan lama) * 1000. Misalnya jika penghasilan kotor Anda $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPS = ($0,15/25*1000)
RPM merupakan singkatan dari Revenue Per Thoushand Impression atau pendapatan rata-rata yang bisa didapatkan dari setiap seribu impresi. Nah, untuk penghasilan publisher adsense sendiri, dapat diperoleh dari RPM antara 1 dolar hingga 5 dolar. Penghasilan ini tergantung juga dari wilayah, jenis konten, serta relevansi iklan yang berhubungan dengan durasi tayang di setiap video. Bagaimana? Sangat mudah bukan mengetahui rumus dari bayaran youtube.

Sistem penerimaan pembayaran youtube

Ketika Anda ingin menerima pembayaran dari youtube, pastikan bahwa sudah melakukan request monetisasi dengan cara membuat akun kepihak adsense.

Baca : Cara Cepat di Terima Monetisasi Youtube 4 Minggu

Verifikasi adsense ini bertujuan untuk mendapatkan PIN Adsense. Nanti pin akan dikirimkan ke alamat rumah melalui kantor pos sesuai alamat yang benar (valid) sesuai identitas KTP aktif. Pin ini dikirim oleh pihak adsense setelah akun adsense Anda berumur 3 bulan atau sudah menghasilkan saldo 10 US Dollar. Pembayarannya bisa diterima melalui Western Union dan cara mengambil uang dari youtube dengan menunjukkan KTP yang sesuai nama pembayaran adsense
Selain melalui Western Union, Anda juga bisa menggunakan pembayaran dengan transfer bank (wired transfer) dan biasanya akan dikenakan potongan biaya paling sedikit 5 US Dollar tergantung dari syarat serta kebijakan dari bank setempat. Namun jika Anda mengambil bayaran dari Western Union, tidak ada potongan biaya sepeserpun ditarik. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan penyesuaian tempat dilokasi Anda menerima bayaran.

Cara melihat penghasilan youtuber bisa dilihat dari dashboard analytics youtube. Di dashboard tersebut, Anda bisa melihat perkembangan jumlah taksiran dari pendapatan harian, mingguan, hingga bulanan. Tidak hanya itu, di dashboard tersebut Anda juga bisa melihat penambahan subscriber, melihat tayangan permenit, dan jumlah tayangan setiap bulannya dengan lengkap.

Itulah, ilustrasi cara menghitung penghasilan/pendapatan dari youtube adesense. Semoga mencerahkan dan mulai upload video. Semakin sering semakin banyak penghasilan yang Anda dapatkan dari youtube. Salam sukses.

0 Response to "Begini Cara Menghitung Penghasilan Youtube Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel