Iklan di bawah menu

3 Rumus Excel Pengurangan Yang Sering Digunakan Terlengkap

Dalam Microsoft Excel, ada berbagai macam rumus atau fitur yang bisa di manfaatkan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan fitur-fitur lainnya. Microsoft excel di kembangkan bertujuan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah, analisis data.
Rumus-rumus dan fungsi yang ada di Microsoft Excel 2007-2010, antara lain: rumus rata-rata excel, pengurangan, penjumlahan, vlookup, if, dan bisa digunakan juga untuk mencari persen di excel. Lalu bagaimana tutorial pembuatan rumus excel pengurangan yang sering digunakan? Simak artikel ini sampai habis yah!

Rumus Excel Pengurangan Yang Sering Digunakan Wajib Anda Ketahui

Tutorial rumus pengurangan di excel
Tutorial rumus pengurangan di excel / gambar : termasmedia.com
Pengurangan menjadi salah satu operasi yang bisa dikerjakan dengan mudah dengan excel. Jika Anda ingin mengetahui Rumus pengurangan excel, perhatikan pembahasan yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Rumus pengurangan angka secara langsung


Rumus Excel Pengurangan otomatis
Rumus Excel Pengurangan
Rumus pengurangan miscrosoft excel yang pertama bisa Anda lakukan dengan mengurangi secara langsung jumlah angkanya. Cara yang satu ini menjadi cara basic dan bisa Anda kuasai dengan cepat karena konsepnya sama dengan berhitung seperti biasa. Untuk rumus dalam Microsoft excelnya adalah sebagai berikut:
=angka1 – angka2
Rumus yang pertama ini perlu ditulis terlebih dahulu dengan tanda sama dengan (=) dan diikuti angka yang pertama dikurangi angka berikutnya. Selanjutnya, Anda hanya perlu menekan enter untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Tidak hanya digunakan untuk melakukan pengurangan terhadap 2 angka saja, cara ini bisa dilakukan terhadap pengurangan yang lebih dari 2 sesuai kebutuhan.

2. Rumus pengurangan angka dengan Cell

Contoh tabel rumus pengurangan excel cell
Contoh tabel rumus pengurangan excel cell
Selain pengurangan secara langsung, di micrsofot excel juga terdapat rumus pengurangan menggunakan cell. Cara ini pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan cara sebelumnya, hanya angka-angkanya saja yang perlu diganti dengan cell-cell yang ada di microsoft excel. Rumusnya adalah:
=cell1 – cell2
Dari rumus di atas, diketahui bahwa rumus tersebut sama dengan rumus yang ada sebelumnya. Perbedaannya terletak pada rumus pertama yang menggunakan angka langsung, sedangkan rumus kedua menggunakan cell. 

Untuk strukturnya sama yaitu didahului dengan tanda sama dengan (=) lalu angka diganti dengan cell yang dipilih untuk dilakukan pengurangan. Pilih dua cell atau lebih dan jangan lupa letakkan tanda kurang (-) diantara cell-cell yang dipilih.

3. Rumus pengurangan angka dengan MIN

Rumus Excel Pengurangan min
Rumus Excel Pengurangan

Selain menggunakan angka langsung dan cell, terdapat cara lagi untuk bisa melakukan operasi pengurangan di Microsoft excel. Cara ini adalah dengan MIN yang merujuk pada kata minimal agar dapat melakukan pengurangan. Rumus MIN ini digunakan untuk mencari nilai yang paling rendah antara cell-cell yang dipilih. Rumusnya adalah:
=Min(cell1:cell2)
Dari rumus tersebut, ada perbedaan dengan rumus-rumus sebelumnya. Pada rumus kali ini, penulisan awalnya masih tetap menggunakan tanda sama dengan (=) dan diikuti dengan kata “MIN”. Kemudian, di dalam kurung harus dimasukkan cell-cell yang akan dikurangi seperti pada pembahasan sebelumnya. Nah, perbedaan selanjutnya adalah penggantian tanda kurang (-) lagi dengan tanda titik dua ( : ).
Begitulah tutorial rumus excel pengurangan yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi dan bermanfaat bagi Anda. Semoga dapat dengan mudah dipahami dan dimengerti karena rumus-rumus dalam Microsoft excel sangat berguna untuk mencari serta menemukan penyelesaian dalam pelaksanaan pekerjaan dikantor maupun sekolah.

0 Response to "3 Rumus Excel Pengurangan Yang Sering Digunakan Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel