Iklan di bawah menu

Begini Cara Kerja RAM Pada Sistem Komputer/Laptop

Sebelum mengetahui cara kerjanya, tentu Anda harus mengetahui terlebih dulu pengertian RAM itu sendiri. RAM (Random Acces Memory) merupakan perangkat keras yang fungsinya untuk menyimpan data dan menginstruksi program yang akan dan sudah dieksekusi oleh prosesor. 
Penyimpanan dalam RAM hanya bersifat sementara, jadi setelah komputer dimatikan maka RAM akan dikosongkan dan diisi data baru yang saat komputer dihidupkan lagi
Isi RAM dapat diakses secara acak karena tidak mengacu pada letak datanya. Hal ini tentu berbeda dengan tape magnetik atau disk yang harus diakses secara berurutan terlebih dahulu. 
Cara Kerja RAM Pada Sistem Komputer/Laptop
Dari sini, maka RAM lebih cepat daripada harddisk atau media penyimpanan lainnya. Lalu bagaimana cara kerja ram pada sistem komputer? Ketahui selengkapnya hanya di artikel ini.

Cara Kerja RAM Pada Sistem Komputer Yang Perlu Diketahui

Fungsi RAM adalah sebagai media untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer. Jika Anda memiliki RAM yang besar, maka akan semakin cepat juga proses atau kinerja dari komputer tersebut. 
Fungsi lainnya yaitu sebagai tempat penyimpanan data sementara pada komputer. Untuk lebih jelasnya mengenai cara kerja ram di komputer/laptop akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini:

Sebagai Media Penyimpanan Sementara

Cara kerja ram di sistem komputer

Cara kerja ram memang tidak jauh dari media penyimpanan sementara. Hal ini dilakukan pada sistem komputer ketika komputer sedang dalam kondisi menyala. 
Lalu ketika komputer kembali dimatikan, maka segala hal akan dilupakan oleh ram dan media penyimpanan sementara tersebut kembali kosong.
Nah, untuk itu Anda wajib pintar-pintar dalam me-manage ram dengan baik dan benar agar computer tidak lemot. 
Cara terbaik adalah dengan menjaga ram bekerja secara optimal, jadi jangan buka aplikasi terlalu banyak karena akan menguras ram. Anda juga bisa membersihkan RAM secara berkala. Berikut dibawa ini pernjelasnya.
Cara Membersihkan RAM Komputer : Windowos 7, 8,10

Semakin Besar Kapasitas Ram, Kinerja Akan Semakin Cepat

Cara kerja ram di sistem laptop/pc

Kapasitas ram pada sistem komputer yang ideal ada sebesar 4GB. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan penggunakan komputer juga semakin tinggi dengan aplikasi-aplikasinya yang semakin besar. 
Maka dari itu, jika komputer Anda masih memiliki kapasitas ram yang kecil disarankan untuk menambah kapasitas ram sesuai dengan kebutuhan.
Jika kapasitas ram kecil dan kebutuhan komputer besar, maka komputer akan mengalami kelambatan dalam beberapa proses di sistem komputer. Saya pernah membahas tentang cara mengatasi laptop/pc lemot yang bisa anda pelajari.
Hal ini dikarenakan apapun yang akan atau sedang diproses oleh sistem komputer akan tersimpan dalam ram dan core akan mengambil dari ram supaya bisa diproses lebih cepat.

Pembacaan Data Menjadi Lebih Cepat

Dengan adanya ram, semua data dan informasi yang disimpan di harddisk bisa dibuka dengan lebih cepat tanpa perlu memuat ulang dari awal. 
Ketika program atau file dibuka, maka data atau informasi tersebut akan dibaca dan disimpan dalam penyimpanan sementara yang ada pada ram. 
Hal ini mengakibatkan pembacaan data menjadi lebih cepat ketika dibuka kembali saat komputer belum di matikan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan mengenai cara kerja ram pada sistem komputer. Ada beberapa jenis ram yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mempercepat kinerja dari komputer. Diantaranya yaitu D RAM, SD RAM, DDR RAM, RDR RAM, S RAM, dan EDO RAM. 
Tentu dari masing-masing jenis ram tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dari komputer.

0 Response to "Begini Cara Kerja RAM Pada Sistem Komputer/Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel