Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

4 Cara Mudah Membersihkan File Sampah Di Hp Wajib Anda Coba!

Secanggih apapun Hp juga memiliki kemampuan yang terbatas dalam performa. Harus rutin membersihkan file sampah. Karena jika tidak hp mengalami penurunan. Seperti smartphone menjadi lambat, memori penuh, tidak bisa install aplikasi, bahkan baterai jadi lebih boros loh. 

Jika sudah begitu, bisa jadi hp anda mempunyai terlalu banyak file sampah yang menumpuk dalam penyimpanan RAM dan ROM, sehingga mempengaruhi kinerja hp yang kita gunakan.


Cara membersihkan file sampah di hp android

File yang tidak berguna atau biasa disebut file sampah yang terlalu banyak menumpuk ini dapat menyebabkan kapasitas penyimpanan memori pada hp menjadi penuh. Solusi untuk hal seperti yaitu dengan menghapus file sampah yang terdapat dalam hp, saat ini tidak terlalu sulit untuk membersihkannya. Ada yang secara manual maupun menggunakan aplikasi. Yuk simak.

Tutorial Membersihkan File Sampah Di Hp Dengan Mudah


Untuk membersihkan file sampah yang terdapat di hp, anda bisa menggunakan beberapa cara. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan Cara Manual Pada Menu Setelan

Tutorial membersihkan file sampah di hp

Cara membersihkan file sampah di hp dengan mudah yang pertama adalah Menggunakan cara manual pada Menu Setelan. Ini merupakan cara yang paling mudah dan tidak memerlukan banyak waktu untuk membersihkannya. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Masuk ke menu Setelan pada hp android anda
  • Pilih menu Penyimpanan
  • Tunggu hingga proses menghitung penggunaan memori selesai, kemudian pilih Cache Data
  • Akan muncul kotak notifikasi untuk konfirmasi penghapusan data cache, kemudian pilih Ok.
  • Selesai

2. Menggunakan Cara Manual Pada Menu File Manager

Masih menggunakan cara manual tanpa memerlukan bantuan aplikasi lain, cara ini dapat dilakukan dengan cara anada harus masuk ke menu file manager, Namun langkah-langkahnya mungkin akan sedikit berbeda tergantung dengan hp apa yang anda pakai.

Caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut : 
  • Masuk ke menu File Manager (Menu yang berisi folder folder berkas tempat penyimpanan memori internal dan eksternal)
  • Pilih aplikasi atau file cache yang akan anda bersihkan
  • Cari tombol, pilihan, atau menu yang dapat membawa anada untuk membersihkan file sampah yang ada
  • Jika sudah menemukan pilih Clear Cache
  • Kemudian akan muncul notifikasi konfirmasi penghapusan cache. Pilih Ok dan selesai.

3. Menggunakan Aplikasi Clean Master

Clean master aplikasi pembersih file sampah di hp android

Jika kamu merasa cara manual masih susah untuk diikuti tutorialnya, Coba menggunkan cara mudah membersihkan file sampah berikut, yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi clean master. 

Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk membersihkan file sampah hp android di Play Store, Namun yang terbaik dan sering digunakan adalah Clean Master. 

Aplikasi pembersih sampah file di hp ini memiliki kelebihan spesialisi kemampuan yang luar biasa. Hanya sekali klik, maka ototmatis 

 Caranya pun cukup mudah yaitu tinggal download di Play Store kemudian buka aplikasinya kemudian pilih Junk Files untuk menghapus file sampah yang ada di hp anda.

4. Menggunakan Aplikasi SD Maid

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk membersihkan file sampah yang ada di hp adalah SD Maid. Aplikasi SD Maid merupakan aplikasi pembersih file sampah pada hp android yang popular juga selain Clean Master, karena kemampuannya dalam urusan membersihkan file sampah yang sangat luar biasa.

Anda bisa mendownloadnya di Play Store, cara menggunakannya cukup mudah, dengan memasang dan buka aplikasi kemudian pilih menu Pindai, lalu tunggu hingga proses scanning selesai, pilih Bersihkan untuk menghapus file sampah dan Selesai, coba cek apakah penyimpanan memori berubah menjadi lebih banyak atau tidak.

Begitulah beberapa cara membersihkan file sampah di hp dengan mudah yang dapat anda pratikkan sendiri apabila anda mengalami hp berkurang performanya atau lemot dikarenakan file sampah yang banyak menumpuk.

Post a Comment for "4 Cara Mudah Membersihkan File Sampah Di Hp Wajib Anda Coba!"