Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

6 Cara Membersikan RAM Laptop Windows : 7, 8, 10 Untuk Pemula

Membersihkan RAM laptop secara berkala harus sering dilakukan. Karena data yang menumpuk dan penuh didalam RAM akan pasti mengalami masalah ketika laptop digunakan. Seperti, ketika bermain game tiba-tiba crash karena terlalu berat, ketika menjalankan browser lemot, dan masalah lain-lain. 

Apalagi bagi Anda pengguna laptop dengan spesifikasi RAM rendah 1GB, duh sudah pasti kinerja laptop menjadi terganggu dan tidak menjalankan semua aplikasi secara maksimal karena keterbatasan RAM tersebut.
Cara Membersikan RAM Laptop Windows : 7, 8, 10

Apa pengertian RAM? RAM merupakan salah satu komponen hardware penyimpanan pada komputer dengan fungsinya untuk menyimpan data sementara sebelum diproses oleh CPU. 
Nah sahabat infoopas, untuk memperlancar kinerja laptop windows 7, 8, 10 karena RAM yang terbatas, Anda perlu cara membersihkan Ram laptop dengan mudah. 

Bagaimana sih caranya ? yuk kita bahas di artikel ini.

Beberapa Cara Membersihkan Ram Laptop Dengan Mudah

Kita hahrus tau penyebabnya dulu. Ada banyak penyebab RAM laptop menjadi penuh, seperti kapasitas RAM yang terlalu kecil, pemakaian aplikasi diluar kemampuan RAM, banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, dan lain-lain. 
Dengan mengetahui penyebab RAM tersebut, maka Anda hanya perlu melegakan RAM tersebut agar laptop menjadi kencang kembali.

1. Merestart Laptop

Cara membersihkan ram laptop windows 7, 8 dan 10 bisa dilakukan dengan restart laptop. Cara pertama ini sih tergolong sangat mudah dan cukup berhasil dapat membersihkan RAM.
Dengan melakukan restart laptop bisa menghapus memori dan mengatur ulang semua program yang berjalan di latar belakang. Perlu diingat bahwa cara ini tidak bisa meningkatkan kualitas RAM, tetapi hanya dapat membersihkan proses yang berjalan di latar belakang agar lebih lega.
Lalu, Bagaimana cara restart laptop? 
Klik gambar windows pojok bagian kiri, kemudian cari tulisan shut down, dan pilih restart. Masih bingung? Lihat gambar dibawah ini.
Cara mengatasi ram laptop penuh
Cara mengatasi ram laptop penuh

2. Mematikan Aplikasi/Proses yang tidak Diperlukan


Cara mengurangi penggunaan ram pc bisa dilakukan dengan mematikan proses yang tidak penting dan sering berjalan di latar belakang. 

Gampang bangat kok, anda bisa mengetahui apa saja program tersebut dengan membuka task manager di start menu atau bisa tekan di keyboard laptop secara bersamaan yaitu ctrl + shift + esc

Kemudian pilihan hentikan (End Task) program-program yang tidak penting atau sudah tidak digunakan lagi untuk melegakan ram. Misal pada gambar dibawah saya memilih untuk menghentikan aplikasi "photoscape".


Masih juga bingung,? padahal mudah cara mengatasinya. Lihat no. urutan gambar dibawah yah.

Cara mengurangi penggunaan ram pc / laptop
Cara mengurangi penggunaan ram pc / laptop

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting


cara membersihkan RAM laptop windows 10
cara membersihkan RAM laptop windows 10 
Apabila laptop Anda masih memiliki banyak aplikasi yang tidak penting namun tetap bersemayan di laptop. Aplikasi ini bisa jadi sumber borosnya ram Anda. 

Aplikasi yang jarang dibuka hanya akan membuang-buang sumber daya ram dan Anda wajib menghapusnya. 

Tips mengatasinya jika anda menggunakan windows 10 sebagai berikut : Pergi ke setting lalu pilih apps dan lakukan penghapusan ( klik uninstall) terhadap aplikasi yang tidak diperlukan tersebut. Lebih jelasnya lihat gambar di atas.



4. Mengurangi Efek Visual di Windows


Cara membersihkan ram laptop yang penuh windows 7,8,10
Cara membersihkan ram laptop yang penuh windows 10
Cara mengatasi ram penuh windows 10 dapat dilakukan dengan mengurangi efek visual yang ada di windows. Cara ini terbukti ampuh walaupun nantinya windows sudah tidak secantik setelah ada efek-efek visualnya.

Cara nonaktifkan efek tersebut adalah 


  • Dengan cara klik kanan pada this laptop
  • Kemudian klik advanced system setting (menu bagian kiri)
  • Klik lagi setting yang ada di kolom perfomance
  • Lalu, atur dengan uncheck (MENGHILANGKAN CENTANG) pada efek visual yang tidak dibutuhkan agar tidak bikin Ram penuh
  • Selesai.

Bingung juga?lihat gambar diatas yah kawan, dan jika masih bingung lagi, baca juga cara mempercepat windows 10



5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Membersihkan RAM


aplikasi ccleaner terbukti ampuh membersihkan ram

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan ram secara manual, jangan khawatir karena bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Cleaner. Menggunakan aplikasi ccleaner terbukti ampuh membersihkan ram, sehingga banyak orang yang mencobanya.


Ram Cleaner adalah program yang cocok digunakan untuk membersihkan ram laptop / PC. Metode kerjanya yaitu menonaktifkan aplikasi yang idle lalu mengaktifkannya kembali ketika dibutuhkan.



6. Upgrade RAM Laptop/PC


Jika dengan cara-cara di atas laptop Anda masih bermsalah dan lemot, sebaiknya lakukan upgrade ram laptop Misal dari 2 GB ke 4 GB (minimal) sesuai dengan kebutuhan agar bisa digunakan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.


Upgrade ram sangat di rekomendsikan. Untuk cara upgardenya jika anda sudah ahli dibidang service laptop bisa dilakukan sendiri. Agar datamu tetap aman lebih disarankan kunjungi tempat service terpecaya yang sudah memiliki pengalaman.


Untuk biaya upgrade tergantung kapasitas RAM yang diinginkan. Rata-rata sih Rp. 400.000,- hingga Rp.600.000

Begitulah cara membersihkan Ram laptop windows 7, 8, 10 dengan mudah. Mau pakai cara mengatasi ram yang penuh mana dulu nih sob? semoga bermanfaat.

Post a Comment for "6 Cara Membersikan RAM Laptop Windows : 7, 8, 10 Untuk Pemula"