Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

5 Cara Cepat Memperbaiki Mouse Wireless Tidak Terdeteksi

Mouse wireless memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk mengklik dan menscroll halaman tanpa terganggu oleh kabel yang terbelit atau berantakan. Tanpa mouse pekerjaan tidak akan efektif. Jadi, jangan sampai mouse rusak sehingga tidak terdeteksi.

Ketika mouse wireless tidak terdetikesi dilaptop. Ada banyak faktor yang terkait dengan masalah ini. Seperti bisa saja penerimaan sinyal telah rusak, baterai habis, dan driver mouse belum terinstal dengan baik.

Perbedaan mouse kabel dan mouse wireless yaitu adanya perangkat yang berfungsi sebagai Receiver berupa Dongle yang dihubungkan ke port USB komputer dan Transmitter berupa mouse itu sendiri. 
Cara cepat memperbaiki mouse wireless tidak terdeteksi

Setelah banyak melakukan ujicoba dan referensi penyebab mouse error, kami menemukan beberapa tips dan cara untuk memecahkan masalah mouses wireless laptop tidak terdeteksi. Jadi simak ya.

Ini Dia Cara Memperbaiki Mouse Wireless Yang Tidak Terdeteksi!

Bagimana menghadapi mouse wireless logitech, toshiba, slec, hp hot mini, universal, dan kobwa yang tidak bisa terkoneksi? Berikut akan dijelaskan mengenai cara memperbaiki mouse wireless tersebut. Ikuti langkah dibawah ini :

1- Ganti Baterai Mouse

Cara mengatasi mouse wireless mati

Cara mengatasi mouse wireless mati yang pertama gampang ditebak adalah dengan mengganti baterai terlebih dahulu karena dugaan awal ini sangat wajar untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan mouse wireless dapat menyala dengan bantuan daya dari baterai. 

Maka dari itu, jika Anda telah merasa bahwa baterai mouse sudah lama tidak diganti. Gantilah baterai agar mouse wireless dapat menyala kembali. Pernah saya alami sendiri, tidak sadar batrei didalam mouse sudah habis.
Nah, cara terbaik kamu bisa menggunakan baterei untuk mouse wireless yang bagus berikut ini energizer alkaline, ultrafire dan ABC. Ketiga jenis baterei tesebut memiliki ketahanan luar biasa.

2- Sinyal Receiver Mouse Wireless Telah Rusak

Setelah mengganti baterai dan masih mouse tetap tidak terkoneksi. Cara memperbaiki mouse wireless mendadak tidak menyala bisa jadi karena penerima sinyalnya sudah rusak. Kasus ini sering terjadi karena receiver yang dimiliki oleh mouse tersebut kualitasnya tidak bagus.

Terkadang memang hardware mouse mengalami kerusakan sehingga mouse tidak mampu mengirim sinyal kepada bluetooth dongle (receiver) meskipun sudah menggunakan baterei baru
Cara mengetahui sinyal receiver mouse wireless rusak adalah sensor/laser lampu berwarna merah dibawah mouse tidak lagi menyala. Jika sudah laser sudah sudah rusak mau tidak mau harus mengganti mouse yang baru. Solusinya rawatlah mouse wireless kamu dengan baik agar kerusakan pada hardware tida terjadi.

3- Mouse Wireless Tidak Bagus Kualitasnya

Selain sinyal receiver mouse, akibat mouse tidak berfungsi karena kualitas dari keseluruhan mouse wireless yang tidak bagus. Sehingga dapat mengakibatkan mouse mati secara mendadak. 

Jadi, ketika Anda ingin membeli mouse sebaiknya pintar-pintarlah pilih dari brand yang sudah terkenal memiliki kualitas yang bagus. Saranku, jangan tergoda harga murah tetapi tidak memiliki kualitas terbaik, mending beli yang sedikit mahal tetapi lebih awet.
Baca juga : 7 Pilihan Mouse Gaming Terbaik

4- Lepas dan Pasang Kembali Dongle Mouse Wireless

Tips mengatasi mouse wireless tidak berfungsi

Wireless mouse not working bisa diatasi dengan melepas dan memasang kembali dongle (penerima sinyal) ke port USB di komputer tersebut. Cara ini biasanya berhasil di komputer yang tiba-tiba hilang koneksi. 

Coba lakukan langkah ini : Lepas dongle dari port laptop/komputer. Setelah beberapa saat restart laptop terlebih dahulu, kemudian pasang kembali dongle tadi yang dicopot. Ohya, ini berlaku bagi mouse kabel biasa maupun mouse wireless.

5- Reinstall Driver dari Mouse Wireless

Cara memperbaiki mouse wireless

Apabila mouse wireless mati dan telah menjalankan cara-cara di atas namun belum juga menyala. Langkah mengatasi mouse wireless yang satu ini patut dicoba. Kerena biasanya dirver untuk mouse tidak terinstal dengan baik. 

Kembali periksa driver dari mouse wireless tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap driver mouse wireless terinstal dengan baik atau tidak dengan memerhatikan beberapa cara berikut :
  • Hubungkan dongle dari mouse wireless ke port USB komputer
  • Buka menu start lalu klik kanan pada 'Computer'
  • Pilih 'Properties' dan akan muncul kolom baru dan pilih 'Devide Manager'
  • Setelah muncul jendela Device Manager. Periksa bagian “Universal Serial Bus Controller” apakah ada tanda seru warna kuning atau tidak. Apabila tidak ada, maka mouse wireless sudah terdeteksi. Tapi jika terdapat tanda seru warna kuning, artinya driver mouse wireless bermasalah
  • Anda bisa memperbaikinya dengan instal ulang driver USB dan driver mouse wireless pada komputer. Biasanya setelah langkah ini dilakukan, mouse wireless yang tadinya bermasalah sudah teratasi dan kembali bisa digunakan.
Itulah, mengenai cara memperbaiki mouse wireless yang tidak terdeteksi.dengan mudah. Cara-cara di atas bisa kamu coba terlebih dahulu sebelum membeli mouse wireless yang baru. Selamat mencoba kawan.

Post a Comment for "5 Cara Cepat Memperbaiki Mouse Wireless Tidak Terdeteksi"