Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

7 Jenis Kain Terbaik Untuk Gamis Pria dan Wanita Modern

Gamis merupakan baju yang digemari wanita muslimah saat ini. Hal ini memiliki variasi yang beragam. Selain itu, bahan yang digunakan juga kualitas bagus. Dalam pembuatan gamis memang hal paling utama yang diperhatikan adalah memilih jenis kain yang terbaik. 

Karena, hal inilah yang sangat mempengaruhi kualitas dan kenyamanan dalam menggunakannya dalam waktu yang lama. Baik untuk kegiataan sehari-hari maupu untuk sholat.
Jenis kain gamis terbaik untuk pria dan wanita

Mungkin kebanyakan pembeli gamis pria/wanita belum mengetahui bahan kain gamis yang beredar dipasaran. Jika belum tulisan sahabat infoopas ini sangat cocok dijadikan rujukan dalam memilih jenis-jenis kain yang berkualitas. Langsung saja yuk, simak ulasan berikut.


Jenis-Jenis Kain Gamis Yang Berkualitas

1. Kain Jersey

Kain jersey merupakan jenis kain terbaik untuk gamis 2019

Kain jersey merupakan jenis kain terbaik untuk gamis dan jilbab 2019. Sengaja saya tepatkan pada posisi pertama. Karena kain ini terbuat dari katun dengan campuran sintetis sehingga mampu merenggang. Awalnya kain ini terbuat dari bahan wool.

Bagi sebagian orang yang tinggal di iklim panas, lebih cenderung memilih gamis dengan sifat kain yang adem (dingin), tidak mudah kusut, mampu menyerap keringat dengan baik, serta tidak bau keringat.

Selain sifat karakternya elastis bahan dari jersey ini juga memili karakter kain yang halus, tidak berbulu dan lebih tebal. Terlihat lebih elegan mengikuti bentuk tubuh. Saranku jika anda (wanita) memutuskan membeli gamis dari jersey sebaiknya sih membeli ukuran yang lebih besar. Hal ini untuk menghidari kesan ketat. Kecuali untuk gamis pria.

Harga kain jersey untuk gamis yang ditawarkan penjual di tanah abang dan bandung berkisar antara 29.000. - Hingga 40.000 per meter. Namun, untuk mendapatkan kualitas yang bagus Grade A berkisar harga 60.000. - hingga 80.000 per meter.

Bahan jersey untuk gamis memiliki beragam jenis yang bisa anda jumpai dipasaran, yaitu seperti :

  • Spandek jersey

Biasa orang sebut jersey korea. Mungkin karena jenis spandek jersey memiliki nilai paling tinggi dipasaran kain gamis. Kain ini memili ciri-ciri permukaan kain keset, tidak mengkilap, serat kainnya halus, adem dan lembut saat disentuh.


  • Jersey stela

Kualitas jersey stela masih sama dengan spandek jersey, namun masih jempolan spandek jersey. Membuat gamis dengan bahan kain ini untuk pasar kelas menengah keatas. Biasa orang sebut jersey super. Ciri-cirinya mirip bahan untuk kaos, tidak mengkilap, adem dan menyerap keringat.


  • Jersey Serena

Nah, untuk jersey serena sebenarnya untuk bahan membuat sportware. Karena kualitas jersey serana sangat dekat dengan kualitas jersey yang di produksi apparel terkenal seperti nike, adidas, new balance dan semacamnya.

Kain ini memiliki permukaan yang lembut dan padat dengan berat sekitar 0,21 kg/m2. Sehingga seiring perkembangan jaman kain ini cocok juga untuk gamis, jilbab dan pakain olahraga kaum hawa.



2. Kain Rayon

Bahan kain untuk gamis yang bagus
Kain Rayon, bahan kain untuk gamis yang bagus. Sumber : Gamisjilbabsyari.com
Untuk membuat gamis yang indah dan nyaman, coba gunakan kain jenis rayon. Meskipun mudah kusut, kain yang terbuat dari serat kayu ini memilki karakter permukaan lembut, ringan, halus dikulit dan dapat menyerap daya keringat yang tinggi seperti kain katun loh. 

Kain rayon untuk gamis memiliki beragam motif yang ditawarkan. Sebagai berikut :

  • Kain Rayon Jersey

Bahan rajutan benang yang berasal dari campuran antara bahan sintesis, wool dan katun. Cocok untuk gamis musim kemarau, karena pasti adem.

  • Kain Rayon Spandek

Rayon spandek memiliki ciri yang cerah, teksturnya lembut dan fleksibel. Sehingga mudah bergerak karena mudah direnggangkan. Kain ini sangat cocok dalam gamis untuk olahraga. Dapat mengikuti lekukan badan.

  • Rayon Polyester

Jika anda menemukan harga gamis yang sangat murah dari pasaran, bisa jadi jenis kain gamis yang digunakan terbuat dari rayon PE. Bahan ini sangat murah dipasaran karena berasal dari campuran serat rayon dan plastik (polyester). Jadi kurang cocok untuk di daerah tropis. Rayon polyester sangat cocok untuk gamis kampanye karena bahannya yang murah. 


3. Kain Ceruti

Gamis yang bagus dari kain ceruti
Kain ceruti termaksud jenis semi premium. Meskipun memiliki tekstur seperti kulit jeruk, kain ceruti tetap lembut ketika diraba. Selain itu, elastis dan adem ketika digunakan. Oleh karenanya cocok untuk gamis dan jilbab.

Kain ceruti dipasaran memiliki beragam jenis yang di jual, seperti ceruti babydoll, ceruti diamond, ceruti premium, dan masih banyak lagi. Soal harga kain ceruti masih terjangkau untuk kelas bawah.


4. Kain Balotelli

Jenis kain balotelli untuk gamis pria

Kain balotelli merupakan jenis kain untuk gamis yang sangat populer sekali digunakan sebagai bahan dasar gamis syar'i, hijab, blouse, rok, hingga baju koko pria. 

Kain ini terbuat dari serat campuran dan memiliki tekstur yang khas, tebal, ringan serta bahan kainnya halus. Coba amati dengan jelas motif kain balotelli ini. Akan terlihat seperti kotak-kotak kecil yang memiliki garis-garis yang tersusun rapih. 

Tekstur yang unik inilah kain balotelli memiliki penggemas dipasaran. Meskipun tidak 100% terbuat dari katun. Selain itu banyak pilihan warna yang ditawarkan. Hal inilah banyak disukai wanita yang menyukai warna-warna motif tertentu.
Jenis kain balotelli untuk gamis wanita
Selain itu, kain balotelli juga memiliki kekurangan seperti : teksturnya kasar dan bergaris, karakter jatuh kainnya masih kalah dengan wolfis, beberapa jenis tipe bahan masih terasa kaku dan panas.

Untuk harga kain balotelly 2020 yang kami himpun dari beberapa toko kisaran Rp. 30.000 - Rp. 40.000 per meter. Untuk harga yang 40.000 sudah masuk kategori kain balotelly A+ premium.


5. Kain Wolfis ( Wool Peach)

kain wolfis bahan yang bagus untuk gamis syari'i
Gambar baju gamis syari'i wanita, sumber : gamisayla.com
Kain wolfis bisa menjadi pilihan bahan kain yang bagus untuk gamis pria/wanita. Selain jersey, kain wolfis ini banyak peminatnya. Serius loh! 

Coba saja jalan-jalan ke tanah abang dan pasar baru atau toko gamis terdekat, cenderung menjual gamis dari jenis kain wolfis ini. Mungkin karena bahan kainnya yang lembut, ringan, tidak licin dan juga adem. Jadi, ketika digunakan sholat terasa sangat nyaman. Gak gerah juga saat dipakai jalan-jalan.

Selain itu, harganya terjangkau untuk kelas menengah kebawah. Ditambah kualitasya yang cukup baik saat digunakan. Membuat bahan wolfis menjadi bahan yang paling banyak dicari untuk membuat busana muslim dan muslimah seperti syari, jubah, gamis pria, rok dan jilbab.

Hal ini menjadi daya tarik bagi konsumen untuk memilih jenis gamis yang ingin dipakai sehari-hari. Karena dapat menyesuaikan warna sesuai style yang ingin digunakan. Dengan menggunakannya bisa beraktivitas dengan leluasa loh. Pengen kan?


6. Kain Katun Jepang

Motif kain katun jepang untuk gamis
Motif kain katun jepang untuk gamis. Sumber : pusathijabterbaru.com
Ada banyak jenis kain cotton atau katun yang dipasarkan di Indonesia. Namun, kain katun yang sering dipakai untuk membuat gamis pria/wanita adalah katun jepang. Kain ini, saat bulan ramadhan tiba menjadi best seller gamis di pasaran.

Kain katun jepang sangat berkualitas dan modern hingga 90-100% premium. Nah, tak heran lagi jika harga jual gamis dari bahan ini cenderung akan lebih mahal dari kain biasa.

Karakter kain ini sangatlah lembut, permukaan halus, tidak berbulu, warna awet tidak mudah pudar dan motifnya sangat banyak loh. Gimana tertarik ingin membuat baju gamis dengan kualitas terbaik?


7. Kain Sultra

Model gamis kain sutra
Model gamis kain sutra. Sumber : hijabfres.com
Jenis kain sultra sering digunakan untuk bahan dasar batik tulis pria. Meskipun kain sultra masuk kategori jenis kain batik. Namun, memilih kain sultra untuk membuat gamis merupakan hal yang sangat tepat.

Jika ada yang bertanya, gamis yang bagus bahan apa? jawabannya adalah kain katun dan kain sultra. Akan membuat anda tampak ganteng, elegant dan pria modern kekinian bangat.

Kain sultra ini berkarakter halus, lembut dan licin berkilau. Pada pemakaiannya tidak mudah kusut. Pada umumnya kain jenis ini memiliki bahan yang ringan meskipun kain ini cukup tebal dan menyerap keringat.

Pilih kain sultra cina yang terbuat dari tenunan serat sultra sehingga harga nya premium dan mahal yaitu di kisaran Rp. 130.000.- Rp. 150.000 per meter. Selain itu kain ini jika anda sentuh sangat lembut karena tak bertekstur. Kain sultra cina biasanya di produksi dengan lebar kain 1,2.- hingga 1,5 Meter.


Tips Merawat Kain Gamis Agar tidak Cepat Rusak

Meskipun beragam jenis kain untuk gamis kain, masing-masing bahan itu memiliki kelas yang berbeda, dari yang biasa sampai yang premium. Oleh karena itu, gamis membutuhkan perawatan agar tetap awet dan tidak mudah pudar. Berikut ini tips merawat kain gamis :

1. Hindari mencuci busana/baju koko berbahan gamis dengan mesin cuci. Karena, putaran mesin yang kencang akan merusak benang dan membuat kain cepat pudar. Lebih baik gunakan cara manual saja dengan tangan tambahkan sabun mandi batang (jenis sabun apa saja boleh).

2. Setelah melalui proses pencucian sebaiknya gamis cukup digantung saja, lalu diangin-anginkan dibawah atap, tanpa harus kena matahari langsung. Supaya tidak cepat pudar.

3. Hindari mengunakan sikat yang keras, bayclin atau bahan kimia lainnya. Kecuali pewangi pakaian.

4. Jangan di setrika, agar tetap rapi lebih baik menggunakan setrika uap. Karena ada beberapa type kain gamis yang mudah rusak.

5. Supaya baju gamis tidak cepat rusak, sebaiknya jangan terlalu sering mencucinya. Setelah pemakaian langsung di hanger saja, masukan kelemari. 

Mudah bukan? ikuti petunjuk label perawatan yang ada dalam baju (lihat gambar dibawah)
tips merawat pakaian gamis agar tetap awet

Kesimpulan

Sekian Informasi dari sahabat infoopas mengenai jenis kain untuk gamis. Banyak macam-macam bahan gamis terbaik yang bisa anda pilih seperti sultra, rayon, katun, jersey, ceruti, balotelli dan wolfis. Menyesuaikan iklim tempat tinggal anda serta harganya. Semoga bermanfaat ya wanita terindahku. eh

Post a Comment for "7 Jenis Kain Terbaik Untuk Gamis Pria dan Wanita Modern"