Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

6 Tips Mudah Menabung Emas Pasti Untung Besar, Wajib Tau!

Menabung emas untuk modal usaha, menikah atau menikmati masa tua sangat-sangat bagus, karena selain tidak kehilangan emas, menabung dalam waktu yang lama bisa bernilai tinggi dan mendapatkan keuntungan. Hal ini karena nilai kurs dolar dan emas terus meningkat setiap hari.

Investasi emas tidak harus menuggu anda kaya raya. Pernah dengar istilah “Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit” ? ya ini istilah yang sering digunakan orang sukses untuk kegiatan menabung. Di harapkan memulai investasi menabung dengan sedikit, pasti lama-lama hasilnya akan banyak.
Tips menabung emas pasti untung

Meskipun terlihat mudah, namun saat dikerjakan menabung ini cukup sulit bagi sebagian orang. Berikut ini tips dan cara menabung emas bagi pemula yang ingin mendapatkan keuntungan besar. Simak ya.

Beberapa Cara Menabung Emas yang Wajib Kamu Tau

1. Alokasikan Uang Untuk Tabungan Emas

Tips menabung emas untuk pemula

Tips menabung emas untuk pemula adalah dengan mengalokasikan sebagian uang dari gaji bulanan. Dengan membagi-bagi uang ini anda akan tetap dapat menikmati uang gajian sesuai kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan dapat dibedakan menjadi 3 yaitu kebutuhan hidup, keinginan dan tabungan.

Contoh anda punya gaji 4 juta/bulan. Maka, bagi uangmu 50 persen (2 juta) untuk kebutuhan hidup, seperti sandang dan pangan serta kebutuhan tersier yag dianggap sebagai kebutuhan pokok. 

Kemudian 30 persen (1.250.000) untuk keinginan (jalan-jalan) misalnya berbelanja, menonton bioskop, rekreasi dan liburan. Dan sisanya alokasikan sebesar 20% (750ribu) uang untuk menjadi tabungan baik itu tabungan uang dan dapat dibelikan 1 gram emas antam. Menabung, mudah bukan?



2. Menabung untuk Investasi Emas

Tips Menabung untuk investasi emas

Di karenakan setiap bank mempunyai biaya admin tiap bulannya, setiap tahun inflasi mengurangi nilai uang anda. Maka, agar tetap untung besar, banyak orang memilih menabung emas menjadi investasi. 

Dalam hal ini, investasi sangat penting karena nilai emas anda bukannya berkurang akan tetapi malah bertambah sepanjang waktu. Caranya membeli emas saat murah dan menjual emas saat mahal. 

Dengan metode jual beli ini biasanya kita tidak menyimpan emas terlalu lama. Targernya buka itu!. Tetapi, targetnya adalah jual beli emas. Mereka beli saat murah lalu menjual emas saat naik. 

Lalu, nunggu lagi, saat harga emas turun beli lagi. Begitu terus. Ohya yang dijual emas batangan ya, emas antam. Bukan yang sudah berbentuk perhiasan. Pola ini bisa anda tiru untuk ivestasi jangka panjang. Kesempatan bagi anda yang ingin memiliki penghasilan yang utung besar. 



3. Emas Sebagai Asuransi Masa Depan

Emas sebagai tabungan jangka panjang. Jadi anda menabung untuk kebutuhan tujuan tertentu menggunakan emas. Contohnya jika memilik tujuan untuk menikah, maka kumpulkan minimal emas 1 gram per bulan. 

Biar motivasi menjadi lebih tinggi anda harus punya target.Kan keren tuh, jika saat menikah mas kawinnya 50 gram emas.


Tapi disini lain, bukan hanya itu. Anda harus bisa mejaga aset tersebut agar nilainya tidak turun. Tenang emas meskipun harga nya turun tidak terlalu besar hanya ratusan rupiah. Tidak sebanding dengan nilai jualnya yang selalu naik. Update harga emas batangan antam januari 2020 yaitu 720.000/gram.



4. Investasi emas untuk modal kerja

tips menabung emas untuk modal kerja

Bagaimana menabung emas sebagai modal kerja/usaha? caranya, emasnya ditaruh di pegadaian (digadaikan). Ambil uangnya, lalu uangnya diputar sebagai modal usaha. Seperti jual beli barang, produk online lalu jual lagi, bisnis kuliner dan sebagainya.

Nah, kalau anda hanya simpan emas dibrangkas, maka tidak akan mendapatkan cashflow. Biar tetap mendapatkan keuntungan arus keluar masuk uang. Emas lebih baik disimpan dipegadaian. 


Jadi kawan, investasi emas untuk modal usaha di pegadaian itu sangat bagus. Selain emasnya tidak akan hilang, malah mendapatkan dua kali keuntungan besar.



5. Perhatikan dimana Anda Menabung Emas 

Cara menabung emas di pegadaian

Ini masih ada hubungannya dengan point 4 diatas. Anda harus teliti dimana tempat akan menabung emas yang aman. Jika menabung di tempat yang salah, alih-alih berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan, anda malah akan mendapat kerugian bahkan penipuan. 

Maka dari itu calon penabung sebaiknya melihat dan memilih tempat yang tepat yang terpercaya baik dari segi pembelian dan keamanan selama bertransaksi. Pilihan yang tepat adalah Pegadaian.


Keuntungan menabung emas dipegadaian adalah sebagai berikut :

  1. Bisa dilakukan secara kredit maupun tunai. Artinya apabila anda membeli emas secara cash (tunai), emas yang anda beli akan diterima paling lama dua minggu. Namun, jika memilih membeli emas kredit, maka akan baru menerima emas tersebut beserta sertifikatnya setelah cicilan tabungan emas selesai.
  2. Pegadaian adalah lembaga resmi milik pemerintah (BUMN) artinya aman untuk investasi emas.
  3. Proses transaksi sangatlah cepat hanya 30 menit.
  4. Di pegadaiann jangka waktu cicilan tidak membebani, anda boleh memilih jangka waktu 1 bulan sampai 36 bulan.
  5. Apabila ditengah jangka waktu cicilan anda membutuhkan dana untuk keperluan usaha, maka emas tersebut bisa digadaikan lagi. Pihak pegadaian akan menghitung sudah berapa bulan cicilan yang anda bayarkan. Itulah nilai maksimal dana yang anda dapatkan
  6. Di pegadaian emas tersedia berbagai pilihan berat, mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, hingga emas batangan 1 kg.
  7. Point ini paling penting untuk investasi yaitu keamanan. Emas anda dijaga oleh negara, jadi jangan takut emas akan hilang.


6. Ketahui Harga Emas Saat ini dan Syarat-syaratnya 

Apabila anda akan menabung emas, sebaiknya anda harus mencoba melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui harga emas saat ini. Anda bisa mengunjungi situs resmi pengelolaan emas untuk mengetahui harga – harga emas sekarang ini.

Siapkan berbagai syarat untuk menabung emas seperti memiliki rekening tabungan emas, kartu identitas berupa kartu tanda penduduk atau kartu izin mengemudi, biaya administrasi, minimal saldo, memilih proses pembelian emas, membayar DP dan mengisi formulir.


Kesimpulan

Memang awalnya untuk memulai menabung terasa sulit, namun jika dijalani dengan senang hati dan mengingat tujuan awalnya mungkin akan lebih mudah. Jangan lupa jika ingin hasil yang maksimal memiliki keuntungan besar anda harus menabung secara konsisten tiap bulannya dan juga  menginvestasikanya ke usaha agar arus cashflow tetap ada setiap harinya.

Nah, itulah beberapa tips menabung emas mungkin bisa anda terapkan untuk pengelolaan tabunganmu. Jika tidak memilki brangkas, maka investasi emas pada tempat yang aman di pegadaian. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai menabung dan semoga bermanfaat kedepannya.

Post a Comment for "6 Tips Mudah Menabung Emas Pasti Untung Besar, Wajib Tau!"