Iklan di bawah menu

Inilah 6 Perbedaan Hub Dan Switch Dalam Jaringan, Biar Tau!

Saat membuat jaringan komputer di ruangan yang luas, umumnya membutuhkan switch dan hub. Kedua perangkat ini memiliki bentuk dan fungsinya yang hampir sama. Namun jangan terbalik! Hub dan Switch ternyata memiliki beberapa perbedaan yang perlu Anda pahami. 
Apa sih pengertian hub dan switch itu ? begini penjelasannya
Pengertian hub yaitu sebuah perangkat yang digunakan untuk mentransfer berbagai data dengan port hub yang sudah tersedia. Pengertian switch yaitu jenis komponen jaringan komputer untuk menghubungkan beberapa hub dengan membentuk jaringan komputer yang lebih besar. 
Dari pengertian tersebut diatas tentu sudah jelas bahwa fungsi switch dan hub berbeda ya kan?
Perbedaan Hub dan Switch dalam jaringan komputer
Gambar hub dan switch
Lalu apa saja sih Perbedaan hub dan switch dalam jaringan ? akan dibahas lebih mendalam pada artikel ini secara singkat oke.

Beberapa Perbedaan Hub dan Switch dalam jaringan Komputer

Perbedaan Switch dan hub secara fisik terlihat sama, namun prinsip kerjanya berbeda loh. Fungsi hub dan switch berbeda dalam hal jaringan komputer. Ingin tahu perbedaannya? Berikut adalah beberapa perbedaan dari hub dan switch:

1. Bekerja di OSI layer yang berbeda

Perbedaan hub dan switch di jaringan

Oke yang pertama adalah cara kerja switch tentu berbeda dengan cara kerja hub terutama di bagian OSI layer. Hub sendiri bekerja di OSI layer pertama yaitu layer physical. OSI merupakan sebuah model referensi semacam kerangka layer dengan 7 tingkat yang berbeda (lihat gambar). Sehingga dengan kerangka ini bisa menjadi patokan untuk standar koneksi sebuah komputer.
Cara kerja hub ini sama seperti kabel atau sinyal wifi yang hanya menyalurkan atau mengirimkan data saja. Karena bekerja pada OSI layer pertama. Sedangkan switch bekerja pada lapisan kedua di OSI Layer yang bisa menambahkan MAC Address pada paket berupa Data Link. 
Belum jelas? lanjut yuk nomor 2.

2. Perbedaan cara kerja antar keduanya

cara kerja hub dan switch dalam jaringan
cara kerja hub dan switch dalam jaringan, gambar : youtube

Dengan melihat cara kerja dari osi layer Switch hub saja berbeda, otomatis mereka berdua juga memiliki cara kerja yang berbeda juga lah. 
Lalu bagaimana cara kerja antar keduanya? mungkin kira-kira begini.
Nah, untuk Hub hanya bisa menerima dan mengirimkan sinyal-sinyal listrik dari kabel yang sudah tersambung saja. Sedangkan switch lebih kompleks selain bisa mengirim dan menerima sinyal, juga kelebihannya mampu melakukan proses informasi yang ada pada layer Data Link berupa MAC address dari setiap perangkat yang disambungkan.

3. Handal mana switch atau hub?

kinerja dari switch dianggap lebih bagus dan handal dari hub

Meskipun sama-sama memiliki cara kerja yang sederhana, ternyata kinerja dari switch dianggap lebih bagus dan handal dari hub. Kok bisa? 

Ya karena,
Pada switch sudah menggunakan sistem seleksi terhadap semua perangkat yang terhubung. Sehingga switch ini dapat melakukan seleksi (memilih) dari setiap perangkat yang terhubung dengan jaringan berdasarkan MAC Address. Kira-kira begitu yah. 

Trus dengan hub bagaimana ?

Hub tidak dapat melakukan hal yang sama seperti switch, hub ini hanya bisa menerima sinyal dari setiap port yang terhubung dan langsung mengirimkan ke semua port setiap perangkat yang terhubung.

4. Cepat mana perihal transfer data?

Perbedaan hub dan switch terhadap pengiriman data

Perbedaan hub dan switch terhadap pengiriman data yaitu switch memiliki kerja menyeleksi terlebih dahulu MAC Address membuat data yang dikirimkan menjadi lebih cepat. 
Sedangkan hub hanya mengirimkan sinyal saja secara menyebar dan tidak peduli perangkat mana saja yang menjadi tujuan dari data tersebut.

5. Lebih Aman mana?

switch dan hub dalam jaringan
Sumber : learnabhi.com
Jika berbicara mengenai sistem keamanan jaringan dari keduanya. Ketika data yang dikirimkan hub sampai ke tujuan, pasti data tersebut dalam kedaan utuh. Namun, jika data dikirim oleh switch, data tersebut belum tentu utuh. 
Hal ini membuktikan bahwa setiap paket data yang dikirim switch akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan data tetap aman. Dengan ini, data yang dianggap mencurigakan tidak akan sampai pada perangkat tujuan.

Jadi, berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk sistem keamanan data maka switch lagi-lagi lebih unggul. Karena penerima tidak akan menerima data yang merugikan seperti SPAM dan Virus komputer.

6. Murah mana hub dengan switch?

Jika Anda ingin membeli hub atau switch, tentu harus mengetahui perbandingan harga diantara keduanya. Dengan fitur yang lebih kompleks membuat switch memiliki harga yang lebih mahal dari hub. Penasaran harganya? silahkan lihat tabel di bawah.

Tabel harga switch terbaik 2020 :
Tabel harga switch terbaik 2020

Daftar harga hub terbaik 2020 :
Daftar harga hub terbaik 2020

Nah, perbedaan hub dan switch dalam jaringan sudah dijelaskan pada pembahasan di atas. Semoga artikel ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk Anda sekalian yang masih bingung mengenai perbedaan diantara keduanya.

0 Response to "Inilah 6 Perbedaan Hub Dan Switch Dalam Jaringan, Biar Tau!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel