Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

6 Peralatan Mancing Mania di Laut dan Sungai Untuk Pemula

Memacing merupakan salah satu hobi yang menyenangkan dan sering digunakan untuk melepas penat setelah satu minggu bekerja penuh. Anda bisa melakukan kegiatan memancing di alam seperti sungai dan di laut dengan angin sepoi-sepoi sehingga membuat badan menjadi relax. 

Alat pancing terbaik bisa didapatkan dimana saja karena sudah banyak toko alat pancing terdekat yang menyediakan perlengkapan memancing. Mulai dari joran, pelampung, umpan, reel, senar dan lain-lain.


Peralatan mancing di laut dan sungai untuk para angler pemula

Bagi Anda yang baru pertama kali memancing, maka membutuhkan alat pancing pemula agar kegiatan memancing dapat dilakukan dengan asyik. Lalu apa saja peralatan memancing? yuk kita bahas.


Ini Dia Peralatan Mancing Mania Terbaik

Adapun peralatan mancing terbaik perlu dipersiapkan dengan maksimal agar kegiatan memancing dapat dilakukan maksimal, tidak putus dan bisa mendapatkan ikan yang besar. 

1. Joran Pancing

Tips memilih joran terbaik untuk mancing di laut

Tentu sebelum Anda melakukan kegiatan memancing, terutama di alam seperti sungai dan laut perlu adanya joran. Joran ini digunakan untuk menjamin tangan Anda tetap aman dari gesekan senar ketika melawan ikan. 
Joran sendiri memiliki fungsi sebagai fasilitas untuk dudukan reel dan sebagai tempat bertumpunya senar. Tidak hanya itu, joran juga dapat mengarahkan Anda kepada tarikan ikan sehingga mudah didapatkan dan tidak akan lolos.

Saya akan bocorkan tips pilih joran pancing laut murah dan berkualitas yang sering di pakai oleh para angler pemancing mania, yaitu sebagai berikut :



  1. Apabila memilih joran sepaket dengan gulungan senar sebaiknya jalanya jangan memilih dari bahan besi tetapi yang terbuat dari bahan reel. Pililah dari lapisan keramik yang gak mudah berkarat, agar tali pancing tidak mudah putus saat menarik ikan. 
  2. Diameter joran juga harus diperhatikan, karena joran dengan diameter terlalu besar sangat tidak nyaman dipegang. Tetapi juga jangan memilih joran dengan ukuran kecil jika area memancing kita dilautan dengan target ikan besar seperti tuna, cakalang, dan lain-lain.
  3. Joran One piece road, merupakan joran terbaik yang cuman satu batang saja 180 cm.
  4. Joran biasanya terbuat dari fiberglass dan carbon, menurutku ini hanya tergantung selera masing-masing sih. Perbedaanya adalah joran yang terbuat dari fiberglass itu kuat dan elastis saat melengkung. Tetapi cukup berat. Joran ini harganya murah. Biasanya dipakai untuk pemula. Sedangkan joran dari bahan carbon itu ringan dan tidak mudah lentur, harganya lebih mahal, saat strike lebih enak daripada bahan fiberglass.

2. Reel Pancing

alat pancing terbaik di laut

Selain joran, Reel pancing juga menjadi salah satu peralatan pancing yang perlu dimiliki. Fungsi dari reel ini sebagai penggulung dan penampung senar. 

Semakin berkembangnya zaman, reel pancing juga mengalami kemajuan akan bahan dan bentuknya yang banyak dilakukan modifikasi. 
Semakin bagus kualitas dari reel, maka akan semakin baik juga kekuatan untuk melawan tarikan ikan.

3. Kail Pancing

Jenis kail untuk pancing

Selain joran dan reel, kail ini menjadi penting untuk kegiatan memancing. Fungsi dari kail adalah untuk mengaitkan umpan yang terpasang dengan mulut ikan sehingga bisa ditarik dan ikan berhasil untuk didapatkan. 
Kail sendiri memiliki ukuran dan bahannya masing-masing serta memiliki keunggulan dan kekurangan yang patut diketahui. Maka dari itu, sesuaikan kail dengan daerah atau tempat dimana Anda memancing.

4. Senar Pancing

Senar merupakan peralatan pancing

Senar menjadi peralatan penting lainnya dalam memancing. Jika Anda tidak memiliki senar, maka tidak mungkin untuk dilakukannya kegiatan memancing. Senar sendiri berguna sebagai penyambung antara ikan dan pemancing. 
Jika kail sudah tersangkut dengan mulut ikan, maka Anda perlu menarik senar tersebut sehingga ikan yang tersangkut di kail bisa dibawa ke darat.

5. Snap Pancing

Peralatan mancing mania dilaut dan sungai

Adakah yang tidak mengetahui snap pancing? Fungsi dari snap pancing ini untuk memudahkan Anda agar dapat menghubungkan dan memutuskan rangkaian kail dengan senar. 
Snap pancing juga berfungsi untuk menghubungkan dan menyatukan pelampung dengan senar agar pelampung dapat bergerak sesuai keinginan Anda.

6. Pelampung Pancing


Pelampung pancing boleh ada boleh tidak karena tidak wajib ada ketika memancing. Hanya saja, jika Anda merupakan pemancing profesional dengan menerapkan teknik-teknik memancing yang ada, maka pelampung ini perlu digunakan. 
Fungsi utama dari pelampung pancing ini untuk membantu Anda dalam memberikan sinyal atau tanda bahwa umpan telah dimakan oleh ikan.
Sekian, peralatan mancing terbaik yang perlu ada ketika sedang memancing sebagai alat penunjang dalam memperoleh ikan dari kegiatan memancing. Silakan pertimbangkan alat apa saja yang Anda butuhkan dan tidak serta sesuaikan dengan daerah dimana tempat memancing.

Post a Comment for "6 Peralatan Mancing Mania di Laut dan Sungai Untuk Pemula"