Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

7 Cara Merawat Jaket Kulit Supaya Tidak Berjamur dan Pudar

Apakah Anda salah satu orang yang gemar memakai jaket kulit domba/sapi sebagai hobi naik motor? merawat jaket kulit tidaklah sulit, hanya perlu sedikit waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Jaket kulit asli biasa dipakai sebagai gaya anak muda yang sedang trend dan selain itu berfungsi juga untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Jika jaket kulit terus dipakai tanpa perawatan, bukan tidak mungkin jaket tersebut bisa berjamur dan pudar. 
cara merawat jaket kulit yang benar agar awet

Tips yang sederhana ini bisa dilakukan sendiri dirumah. Berikut ini cara yang benar dalam mencuci dan merawat jaket kulit asli maupun sintesis.  Yuk ah kita mulai saja.

Ini Dia Cara Merawat Jaket Kulit yang Baik dan Benar

1. Upayakan Hindari Dari Air

Iya sih jacket kulit itu identik dengan anti air, namun jika hujannya terlalu besar pasti basah juga. :D
Kenapa jacket harus menghindari air? ya karena kalau jacket kulit sering lembab akan menjadi rusak, berjamur dan pelan-pelan warna khas kulit akan pudar. gak mau kan jaket kesayangamu pudar.?
Bagaimana kalau terlanjur terkena air hujan? jangan coba-coba melipatnya. Lakukan perawatan dengan segara. Lap jacket kulitmu sampai kering dan bersih menggunakan kain halus. Kemudian gantung diruangn terbuka, awas jangan dijemur.

2. Lindungi Jaket Kulit dengan Spray Khusus

Cairan untuk merawat jaket kuliit

Apabila Anda baru saja membeli jaket kulit baru, segeralah untuk dilakukan tahap perlindungan awal. Semprotkan cairan berbentuk spray dengan formula khusus untuk bahan leather atau suede sebelum Anda menggunakan jaket kulit. 
Sebagai langkah pencegahan sebelum terjadinya kerusakan pada jaket kulit. Selain itu, menggunakan spray akan membuat tekstur jaket asli tetap elastis, tidak berjamur dan tidak bau.

Namun, sebelum itu Anda perlu memastikan bahwa spray tersebut original khusus untuk bahan kulit seperti sangreat spray. Sehingga aman dan tidak merusak jaket kulit.

3. Pakai Minyak Baby Oil

Lakukan perawatan minimal sebulan sekali. Kalau belum mampu beli lotion khusus bahan kulit anda bisa menggunakan minyak baby oil. Ayo coba sekarang.

Caranya tuangkan minyak baby oil ke handuk halus, lalu bersihkan bagian dalam dan luar jaket kulit secara perlahan. Kemudian keringkan dengan handuk kering, lalu angin-anginkan saja tanpa kena sinaran matahari.


4. Hindari Mencuci Jaket Kulit Menggunakan Mesin

Kalau mau uji coba silahkan saja, lihat resikonya. Hancur guys hehe..

Jaket kulit memerlukan perhatian ekstra. Cuci jacket kulit kamu hanya menggunakan tangan saja, ngga perlu makai mesin cuci. Bahan-bahan untuk mencuci jaket kulit yang harus kamu siapkan adalah sampo sebagai pengganti detergen, air hangat, kain bersih, dan kain kering.


5. Tips mencuci jaket kulit

Cara mencuci jaket kulit asli yang benar

Sebagai pemula tentu akan bingung cara mencuci jaket kulit asli yang benar. Padahal mudah bangat. 

Setelah mengetahui bahan yang digunakan diatas, mari kita lanjut ke proses mencuci jaket kulit. Ikuti petunjuk dibawah ya sob :
  • Pertama, untuk mempermudah pengerjaan gantung jaket kamu terlebih dahulu
  • Mulai lap jaket dengan air sedikit hangat yang sudah diberi shampo secara perlahan menggunakan kain halus, usahakan satu arah ya
  • Setelah semua bagian jaket dirasa cukup, kemudian bilas dengan handuk. Cara yang sama menggunakan air bersih tanpa sampo
  • Pastikan tidak ada air sampo yang tersisa dijaket kulit, karena akan membuat jaket kamu bau, berjamur
  • Terakhir, keringkan dengan memakai handuk kering dan di angin-anginkan saja..

6. Jika terkena noda tinta, bersihkan dengan cairan alkohol

Apabila jaket kulit Anda terkena noda yang membandel seperti tinta, gunakan cairan alcohol untuk membersihkannya. Hapus noda tinta tersebut dengan isopropyl alcohol yang dapat ditemukan di toko obat dan oleskan secara lembut sehingga noda dapat hilang. 
Gunakan kain katun dengan warna putih agar tidak luntur, lalu rendam dengan alcohol tadi, kemudian bersihkan noda tinta dengan lembut dan perlahan hingga noda tersebut memudar.

7. Jika Anda memiliki jaket kulit old school, oleskan cairan kondisioner

Kondisioner ini bertujuan untuk melembutkan serta melindungi bahan kulit yang ada pada jaket kulit namun hanya untuk jaket kulit old school saja. 
Jika Anda memiliki jaket kulit dengan model terbaru dan terbuat dari kulit lembut serta tipis, maka tidak wajib menggunakannya. Anda bisa melakukan Semir jaket kulit dengan kondisioner tersebut untuk mencegah bahan jaket kulit menjadi pecah-pecah dan rapuh dimakan waktu.
Itulah, pembahasan mengenai tips terbaik cara merawat jaket kulit yang benar agar tetap awet. Usahakan untuk melakukan perawatan atau pembersihan secara manual dan natural. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Cara Merawat Jaket Kulit Supaya Tidak Berjamur dan Pudar"