Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Cara Terbaik Memperbaiki Huruf Keyboard Yang Rusak, Work100%!

Keyboard yaitu salah satu komponen laptop yang rawan rusak. Kini keyboard banyak yang tersedia ditoko elektronik mulai harga murah hingga harga tinggi. 

Keyboard rusak bisa terjadi karena masalah dari keyboard itu sendiri. Misal, keyboard terkena air, kotor, dan suhu ruangan yang terlalu lembab. Selain itu, permasalahan keyboard yang tidak berfungsi juga bisa terjadi karena kerusakan dari komponen lain. 


Cara memperbaiki huruf keyboar rusak
Kerusakan ini bisa terjadi pada tombol yang sudah tidak berfungsi sebagian, salah memasukkan karakter, sampai tidak berfungsi sama sekali. Jika Anda menemui keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf. Nah, sebelum ketukang service untuk dapat memperbaikinya. Berikut ini cara merawat dan memperbaiki huruf keboar yang rusak.


Tips Memperbaiki Huruf Keyboard Yang Rusak

1. Bersihkan keyboard laptop dari debu dan kotoran

cara mengatasi keyboard lapto rusak tidak bisa ditekan

Salah satu penyebab keyword rusak mengetik sendiri bisa jadi karena kotor dan berdebu loh sehingga tersembut dicela keyboard. Maka dari itu, sobat wajib menjaga kebersihan setiap komponen hurufnya ya.
Untuk mengatasi keyboard laptop hurufnya mengetik sendiri yaitu bersihkan keyboard secara manual dengan melepas keyboard laptop satu persatu komponennya dengan penuh hati-hati, jangan sampai patah. Namun, jika ragu bisa dibawa ke tukang servis laptop terdekat.

2. Periksa tombol numlock pada keyboard

Mengatasi huruf keyboard tidak berfungsi

Jangan khawatir jika tiba-tiba keyboard tidak berfungsi secara mendadak, bisa jadi hal tersebut diakibatkan karena numlock masih menyala menyebabkan keyboard terkunci. 
Solusinya cukup mudah, sobat hanya perlu mematikan numlock pada keyboard dan keyboard pada laptop atau pc sudah kembali normal.

Letak tombol numlok setiap merek laptop kadang beda biasanya dibagian sisi atas kanan keyboard. misal pada laptop lenovo tombol numloknya terletak di tombol F8/F7. Cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan tombol numrik laptop adalah tekan fn + F8/F7.

3. Restart laptop atau pc

Jika dengan melakukan kedua cara di atas namun keyboard masih belum bisa berfungsi dengan baik. Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan merestart terlebih dahulu laptop atau pc. 
Apabila sobat tidak bisa merestart laptop dari menu start, tahan saja tombol power kurang lebih 5 detik untuk merestart.

4. Periksa driver keyboard


Untuk memperbaiki huruf keyboard rusak tidak berfungsi, sobat bisa periksa driver keyboard. Cara lanjutan ini bisa dilakukan jika ketiga cara di atas tidak bisa. Driver dan software sistem merupakan hal yang sama untuk mendukung kinerja hardware. 
Jadi, apabila terdapat hardware yang bekerja kurang maksimal bahkan tidak berfungsi, bisa jadi karena drivernya yang harus diperbarui. Maka dari itu, Anda perlu mengupdate drivernya.

5. Instal ulang laptop atau pc


Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun tetap saja keyboard laptop error, Anda mungkin bisa melakukan langkah terakhir yaitu menginstal ulang laptop
Instal ulang ini bertujuan untuk mengganti semua sistem yang ada di driver C dengan sistem yang baru. Nantinya file-file yang corrupt penyebab kinerja laptop terganggu bisa hilang dan membuat laptop kembali fresh dan kencang.

Saran

Anda perlu sewaktu-waktu memeriksa kesehatan laptop agar tidak terjadi error keyboard ketika sedang dibutuhkan. Ikuti semua langka diatas dengan teliti ya sobat.
Itulah, beberapa cara merawat dan memperbaiki huruf keyboard yang rusak. Anda bisa melakukannya sendiri maupun dilakukan oleh teknisi komputer terpercaya.

Post a Comment for "Cara Terbaik Memperbaiki Huruf Keyboard Yang Rusak, Work100%!"