Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

9 Top Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dan Trendi Sepanjang 2020

Berbicara mengenai usaha memang selalu menarik. Akan tetapi tidak semua orang mampu melakukannya lantaran kurang sabar atau terlalu takut dengan resiko kerugian. Namun, ada banyak peluang bisnis rumahan modal minim dengan hasil yang lebih maksimal.

Tidak mudah memang membaca peluang usaha apa yang sedang trend saat ini. Terlebih sepanjang tahun 2020 yang mana tengah terjadi pandemi covid-19, kemudian mengakibatkan penghasilan hampir semua orang anjlok. 

Peluang usaha rumahan yang lagi trend

Meskipun begitu, masih tetap ada peluang usaha yang patut Anda coba untuk tetap menghasilkan uang. Nah, ini ada beberapa peluang bisnis rumahan yang menjanjikan. Baca sampai selesai ya!


Top Peluang Bisnis Rumahan yang Lagi Trend Bangat

1. Usaha Freelance

peluang usaha rumahan menjadi agen freelance

Mengingat sepanjang tahun 2020 ini telah terjadi pandemi, tidak heran jika mengakibatkan semua orang harus sekolah dan bekerja dari rumah. Maka freelance pun menjadi salah satu bisnis online rumahan yang menjanjikan.

Sebab, pekerjaan seperti ini dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Bahkan bangun tidur tanpa perlu rapi-rapian pun bisa langsung melakukannya. Contohnya seperti jasa penulisan artikel, design graphic, pembuatan website hingga aplikasi.

2. Affiliate Bisnis

Belakangan ini bisnis afiliasi menjadi populer dan begitu digandrungi banyak orang. Sebab, usaha tersebut tidak membutuhkan terlalu banyak modal akan tetapi hasilnya cukup menjanjikan. Istilah kasarnya dari bisnis tersebut adalah Anda sebagai marketer atau penjual produk orang.

Akan tetapi terdapat teknik khusus serta kesepakatan pada awalnya sehingga bisa memperoleh komisi. Caranya adalah dengan membuat sebuah link yang telah terhubung dengan produk tertentu, kemudian membagikannya kepada konsumen. Apabila mereka membelinya, maka satu kali klik akan memberikan pendapatan.

3. Usaha Pulsa dan Paket Internet

Sebelumnya telah sedikit menyinggung bahwa sepanjang tahun 2020 ini, orang-orang tengah melakukan semua pekerjaan termasuk pendidikan via internet. Maka, secara otomatis kebutuhan akan pulsa dan paket data juga akan naik.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk berjualan pulsa dan paket internet dirumah. Tentunya harus bersamaan dengan strategi bisnis yang matang supaya konsumen melirik ke usaha tersebut. Terlebih dalam pembelajaran daring ini semua pelajar membutuhkan koneksi internet. 

4. Usaha Kuliner

top peluang bisnis rumahan yang lagi trend

Bisnis yang rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah usaha kuliner. Tidak bisa mengelak meskipun selama pandemi ini banyak usaha seperti cafe dan restoran yang tutup karena memang tidak boleh beroperasi. Meskipun begitu, pada kenyataannya bisnis kuliner tetap banyak yang membutuhkannya.

Meskipun konsumen tidak jajan keluar, akan tetapi terkadang banyak yang masih memanfaatkan layanan delivery order. Maka, Anda pun tidak boleh ketinggalan. Bahkan bisnis makanan rumahan online akan banyak dicari oleh orang-orang yang tidak sempat memasak.

5. Menjadi Influencer

Menjadi influencer merupakan peluang usaha rumahan untuk mahasiswa dijaman digital 4.0. Karena belakangan ini jasa seorang influencer tengah naik daun di berbagai platform media sosial, seperti YouTube, Instagram dan TikTok. Terlebih dengan kian banyaknya orang yang mengakses internet lantaran harus work from home dan juga study from home.

Bahkan banyak influencer dari kalangan mahasiswa yang terbukti sukses. Apabila Anda memiliki skill dan kekreatifan tanpa batas pada bidang digital tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Asalkan mampu menghadirkan konten berkualitas dan layak tonton.


6. Ternak Unggas

Salah satu peluang bisnis rumahan berikutnya adalah ternak unggas. Meskipun banyak yang menganggap sepele terhadap para peternak. Akan tetapi pada faktanya bisnis seperti ini pun terbilang sangat menjanjikan (apabila mengetahui seluk beluk hewan yang dipelihara).

Terlebih usaha ternak unggas ini memiliki target pasar yang sangat luas dan pasti akan selalu banyak orang membutuhkannya. Contoh hewan yang bisa Anda pelihara adalah bebek, ayam horn, pedaging maupun kampung.

7. Budidaya Sayuran Organik

usaha rumahan ibu rumah tangga

Bukan hal aneh lagi jika seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang mulai peduli terhadap kesehatan sehingga lebih memilih mengkonsumsi makanan yang sehat. Salah satunya dengan lebih banyak mengkonsumsi sayuran organik dengan kadar gizi yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, apabila Anda begitu tertarik dengan bidang pertanian, maka bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk ide bisnis rumahan online. Meskipun sedikit mahal, akan tetapi peminatnya cukup banyak dan tentu saja harus dibarengi dengan promosi tepat.

8. Bisnis Laundry

Apabila Anda tinggal pada daerah yang sibuk dengan orang-orangnya yang rata-rata berkarir atau berada pada lingkungan mahasiswa, maka bisa mencoba bisnis yang satu ini. Laundry cenderung memberikan cukup keuntungan meskipun modalnya tidak terlalu banyak.

Bahkan ide bisnis seperti ini tidak memerlukan keahlian khusus asalkan mampu mencuci dan menyetrika dengan benar itu sudah cukup. Bahkan untuk pencucian pun harus menggunakan mesin cuci, sehingga Anda juga tidak akan turun tangan secara langsung.

9. Blogger

Blogger sangat cocok menjadi bisnis rumahan online terlebih bagi orang yang suka menulis. Penghasilannya pun cukup menjanjikan meskipun tidak bisa langsung serta memerlukan kesabaran ekstra dalam melakukan monetisasi supaya pendapatan bisa cair.

Cara untuk memulainya adalah dengan membuat website terlebih dahulu di blogspot atau wordpress, kemudian memberikan nama domain yang mudah diingat dan dihafalkan seperti infoopas.com ini. Selain itu, perhatikan pula servernya supaya bisa mengantisipasi apabila suatu ketika traffic melonjak naik.


10. Konsultan SEO

bisnis rumahan online

Semakin canggihnya teknologi, dunia internet pun kian berkembang. Bahkan apabila seseorang memiliki blog atau sejenisnya tidak bisa hanya asal memposting tanpa memperhatikan aspek lain. salah satunya adalah SEO (Search Engine Optimization).

Maka, apabila Anda memiliki skill dalam bidang tersebut, bisa mencoba untuk membuka jasa konsultan SEO. Sudah pasti akan banyak pemilik website memerlukan hal tersebut untuk menaikkan lalu lintas pengunjungnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa peluang bisnis rumahan yang bisa sobat kembangkan. Memang pada awalnya mungkin akan menemui banyak kesulitan karena masih baru dan banyak orang belum mengetahuinya. Akan tetapi apabila sobat kreatif, tekun dan sabar, yakin bahwa selanjutnya bisnis akan berkembang. Selamat mencoba sukses buat sobat.

2 comments for "9 Top Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dan Trendi Sepanjang 2020"

  1. konsultan seo pekerjaan paling bagus di pandemi gini kak dan btw ada gak informasi tentang usaha rumahan yang lagi trend dan cara budidaya jamur tiram, dan jangan lupa untuk kunjungi situs koinx.id yaa!

    ReplyDelete