Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Ternyata 2 Faktor Ini yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol siapa yang tidak takut dengan kata yang satu ini, biasanya jika seseorang mengetahui dirinya terkena kolesterol tinggi akan panik. Dan pasti akan berlomba-lomba mencari cara untuk menyembuhkannya.

Sebenarnya apa sih kolesterol itu? kolesterol merupakan senyawa lemak belilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lagi didapatkan dari makanan. kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit serius loh.

Faktor penyebab kolesterol tinggi
Penyakit yang mengintai penderita tinggi kolesterol sangatlah berbahaya. Biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol belilin pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung. Menurut data WHO 35% penduduk indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal untuk kesehatan.

Faktor kolesterol ini banyak disebabkan karena konsumsi makanan yang tidak sehat dan juga kurangnya olahraga. Kalau bicara soalnya penyebab, apa sih yang menyebabkan kolesterol itu? Berikut ini penjelasannya.



Beberapa Penyebab Koleserol Tinggi 

Kenapa bisa terjadi kolesterol ?Setidaknya ada 2 faktor yang menyebabkan kolesterol yaitu faktor yang dapat di kontrol dan faktor yang tidak dapat di kontrol.

1. Faktor yang tidak dapat di kontrol

Faktor yang tidak dapat di kontrol biasanya adalah faktor keturunan (genetik). Kalau ada orang tua memiliki kolesterol tinggi biasanya anak berpotensi memiliki kolesterol tinggi. Kemudian faktor umur. 

Ribet juga ya kalau takdir sudah seperti ini..

Setelah usia lebih 20 tahun lemak di badan cenderung meningkat. Untuk pria kolesterol akan mudah naik setelah umur 50 tahun. sedangkan pada wanita kolesterol akan muda naik setelah masa menopause.


2. Faktor yang dapat di kontrol

  • Stres Berlebihan
Jangan salah loh, ternyata tidak hanya makanan, faktor penyebab kolesterol bisa karena pikiran. Saat stres berlebihan otak akan memproduksi hormon kortisol. Jadi jangan hanya memperhatikan jenis makanan pemicu lemak, hindari banyak pikiran yang membuat stres.
  • Minum kopi
Minuman penyebab kolesterol salah satunya adalah kopi. Hal ini diperkuat hasil penelitian dengan judul research reports membuktikan bahwa mengkonsumsi kopi tubruk yang tidak disaring bisa meningkatkan kolesterol. Nah jadi yang menyebabkan kopi tinggi lemak karena tidak melalui proses penyaringan.
  • Olahraga yang kurang
Sudah jelas dan pasti jika malas olahraga maka lemak akan terus menumpuk. Sehingga bisa dibilang penyebab kolesterol tinggi selain makanan adalah olahraga yang kurang.
  • Makan-makanan yang kurang sehat
Biasanya faktor makanan ini yang paling utama penyebab kolesterol. Banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh berkurang sehingga semakin mudah terserang penyakit. 

Makanan yang umumnya kita konsumsi sehari-hari pastinya mengandung lemak, namun lemak tidak semuanya buruk bagi tubuh karena sumber energi, asalkan kadar lemak yang kita peroleh dari sumber makanan tidak lebih batas normal.
Ternyata ini Faktor yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi
Ternyata ini Faktor yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi
Untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang memiliki kadar kolesterol yang aman, cukup tinggi, dan sampai tinggi sekali. Ini dia makanan dengan jumlah kolesterol tiap 0mg/10gr. 

Jenis makanan yang masuk dalam kategori aman di konsumsi adalah karena kadar kolesterol nya yang rendah. Berikut ini kandungan kolesterol dari :


(Namamakan : kadar lemak / 10gr)


Putih telor ayam               : 0mg/10gr

Susu sapi non fat             : 0mg/10gr
Daging ayam tampa kulit : 50mg/10gr
Ikan air tawar (mujair)      : 55mg/10gr
Daging kambing tampa lemak : 70mg/10gr

Jenis makanan yang masuk kategori boleh dikonsumsi sekali-kali karena kolesterol ( kandungan lemak) cukup tinggi seperti : 


(Namamakan : kadar lemak / 10gr)


Iga Sapi : 100 mg/10 gr

Daging sapi : 105 mg/10 gr
Ikan bawal : 120 mg/ 10gr

Jenis makanan penyebab kolesterol naik dan berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Berikut ini kandungan kolesterol tinggi sekali, seperti: 


(Namamakan : kadar lemak / 10gr)


Daging sapi berlemak : 120mg / 10gr

Gajih sapi                    : 130mg/10gr
Keju                             :140mg / 10gr
Sosis daging               : 150mg / 10gr
Udang                         : 160mg/ 10gr
Belut                            : 185mg / 10gr
Santan                         : 185 mg/10gr
susu sapi                     : 250mg/10gr
coklat                           : 290 mg/ 10gr
Margarin                       : 300mg/ 10gr
Jeroan sapi                   : 380mg /10gr
Kerang putih                  : 450mg / 10gr
Cumi-cumi                     : 1170 mg/ 10gr
Kuning telor ayam         : 2000mg / 10gr
Otak sapi                      : 2300mg /10gr
Telur puyuh                   : 3640 mg / 10gr

Ayo makanan apa yang diatas sering kalian konsumsi? jawab yang jujur loh dalam hati. Nah, buat sobat yang sudah terkena ataupun belom terkena yang namanya kolesterol tinggi memang sangat wajib mengawasi setiap makanan yang masuk dalam tubuh.


Untuk mengawasi setiap makanan yang masuk kedalam tubuh diperlukan pencegahan, jadi tergantung kita bagaimana gaya hidup sehat setiap hari. Jika jumlah kolesterol kita masih dalam batas nomral yaitu 120 mg /dL - 130 mg /dL. 


Tidak ada salahnya kita menjaga makanan yang di konsumsi dan rajin berolahraga setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Demikianlah, faktor penyebab kolesterol tinggi yang harus dicegah sebelum penyakit datang. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Ternyata 2 Faktor Ini yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi"