Iklan di bawah menu

Tips Jitu Lulus Tes Kesehatan Mata Bintara TNI AD Terbaru

Tes kesehatan mata bintara TNI AD merupakan salah satu rangkaian tes kesehatan pertama dalam seleksi penerimaan calon TNI AD. Setiap calon siswa TNI harus dipastikan sehat luar dalam agar memenuhi syarat menjadi anggota TNI di kesatuan angkatan darat. Tes kesehatan dasar pokok menjadi anggota bintara TNI AD agar tidak gugur saat pendidikan dan saat tugas.

Sebelum melaksanakan tes kesehatan tni ini, sobat terlebih dahulu akan melewati tes administrasi, jika dinyatakan lulus kemudian lanjut ke tahap tes selanjutnya yaitu kesehatan pertama. Proses seleksi penerimaan TNI AD sangatlah ketat. Hal ini, karena beratnya tanggung jawab menjadi seorang TNI AD di medan tugas sebagai alat negara dibidang pertahanan.

Tugas pokok menjadi TNI adalah menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. Oleh sebab itu setiap calon siswa harus layak baik fisik maupun kesehatan. Agar bisa ditempatkan disetiap tugas operasi militer seluruh indonesia. 
Tips Jitu Lulus Tes Kesehatan Mata Bintara TNI AD Terbaru
Tes kesehatan mata Secaba TNI AD / foto : orbitdigitaldaily
MABES TNI telah menetapkan standar tes kesehatan pertama dan kesehatan kedua yang harus dipenuhi setiap calon anggota dari bentuk wajah sampai telapak kaki. Tes kesehatan sangatlah ketat, detail dan berhati-hati supaya memastikan setiap BINTARA TNI AD yang lulus tidak cacat dan sakit. 

Seleksi tes kesehatan meliputi apa saja? setidaknya ada 2 tahap tes kesehatan calon TNI yaitu kesehatan pertama dan kesehatan kedua. Kesehatan pertama adalah pemeriksaan kesehatan luar meliputi kesehatan mata, THT, GIGI, Anus, wasir, ambeien, varikokel, bentuk kaki dan telapak kaki. Sedangkan tes kesehatan kedua meliputi tes urine, tes darah, dan rontgen.

Pada tes kesehatan mata setiap kelompok yang sudah dibagi akan memasuki ruangan khusus tes mata dan terdapat beberapa orang perawat dan dokter mata TNI untuk menilai setiap calon siswa. Disini casis akan berdiri satu persatu menunggu giliran, kemudian menghadap panitia untuk di uji mata nya. Ada 2 tes kesehatan mata yaitu tes buta warna dan tes minus mata. Penjelasannya ada dibawah.


Tips Tes Kesehatan Mata Bintara TNI AD Agar Lulus

Untuk lanjut ketahap selanjutnya, tes masuk SECABA TNI AD harus lulus tes kesehatan. Salah satunya kesehatan mata. Calon siswa akan gugur ketika tidak padap melihat ANGKA dan HURUF. Berikut tips jitu lulus tes kesehatan mata bintara TNI AD yaitu :

  • Tes Buta Warna

Tes buta warna disebut suatu kelainan mata yang disebabkan ketidak mampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor keturunan. Akibatnya mata tidak dapat melihat ANGKA dalam kumpulan warna-warna yang samar atau pudar. 

Karena saat tes buta warna sobat akan di arahkan melihat sekumpulan warna-warni didalam nya ada ANGKA NOMOR tertentu dan kadang juga bentuk hewan, dan wajah tertentu. Sobat hanya dikasih kesempatan sekali untuk menebak nomor atau binatang apa yang sobat lihat secara cepat. 
Tips Lulus Tes Kesehatan Mata Bintara TNI AD Buta warna
Contoh soal tes buta warna TNI AD 
Jika mata sobat normal dan sehat sobat dapat melihat angka atau jenis hewan yang ada didalam yang sengaja disamarkan. Begitupun sebaliknya. Coba perhatikan gambar diatas, Angka berapa yang anda lihat? Apakah 72, 74, 24 Jawab di kolom komentar ya. Nanti saya memberikan jawaban yang benar.

Sobat bisa mengetahui apakah mata sobat normal atau buta warna dengan cara berlatih quiz dengan buku buta warna atau menggunakan aplikasi tes buta warna online yang saat ini sudah bisa di download di play store atau App store. Tapi sebaiknya pergilah kedokter mata agar hasil nya lebih akurat dan disana akan diberikan resep jika mata tidak sehat.

Jika hasilnya mata normal maka beryukurlah dan tetap menjaga kesehatan mata. Jika hasilnya, buta warna maka segeralah periksakan ke dokter mata untuk tindakan lebih lanjut atau mencoba herbal. 


  • Tes Mata Minus

Rabun jauh atau mata minus merupakan suatu kelainan mata dimana tidak dapat melihat suatu objek secara jelas jika jarak terlalu jauh. Biasanya dengan orang mata minus memerlukan alat bantu kaca mata untuk dapat melihat jelas. Kondisi ini sangatlah tidak nyaman.

Saat tes minus mata ini sobat akan di tes dengan jarak kurang lebih 5 meter. Berdiri menghadap tembok. Dengan mata ditutup satu menggunakan telapak tangan atau alat khusus secara bergantian. 

Kemudian sobat diarahkan melihat HURUF, yang terdiri beberapa tingkat kesulitan, mulai dari yang tersulit (huruf kecil) sampai dengan yang termudah (huruf besar). Sobat hanya di kasih kesempatan sekali untuk menebak HURUF yang di tunjuk oleh tim dokter seleksi masuk tni. 
Tes mata minus merupakan bagian tes kesehatan mata Bintara TNI
Tes mata minus merupakan bagian tes kesehatan mata Bintara TNI / foto : kompasiana
Perhatikan gambar diatas, jika sobat dapat melihat jelas HURUF tersebut, mata normal. Begitupun sebaliknya jika tidak dapat melihat dan samar-samar maka mengalami mata minus. 

Tips agar lulus tes kesehatan mata minus TNI AD :
  • Dengan cara berlatih dirumah setiap hari. Mintalah bantuan teman atau keluarga untuk mengarahkan huruf didepan (seperti gambar).
  • Coba setiap saat meskipun lagi dijalan untuk memfokuskan mata pada suatu objek tulisan atau angka yang jauh, ulangi proses ini beberapa kali dan istirahat. 
  • Check up terlebih dahulu minimal 3-6 bulan sebelum tes seleksi tni dimulai. Supaya muda ngobati jika ada kelainan mata.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini beberapa tips cara menjaga dan merawat mata agar lulus tes TNI-POLRI :
  • Sebaiknya konsumsi makanan yang sehat untuk mata. Asupan vitamin C, Vitamin A, vitamin E, beta - carotene dan zinc dapat secara signifikan mengurangi resiko dan merupakan natural treatments yang sangat baik. Jenis buah-buahan: wortel, tomat, semangka. Jenis sayuran : Daun kelor kaya akan nutrisi. Selain itu ikan salmon juga dikenal omega-3 yang menutrisi membran sel pada sel saraf termaksud retina.
  • Hindari gaya pola hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minuman alkohol. karena dapat meningkatkan resiko katarak, meningkatkan kerusakan macula, merusak saraf optik.
  • Yang bisa sobat lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah hindari kebiasaan terlalu lama menatap layar laptop. monitor dan tv. karena akan menyebabkan iritasi, mata merah, mata gatal, mata kering, mata lelah, dan membuat tegang leher. Jika pun terpaksa karena pekerjaan tips agar mata tetap sehat yaitu Lebih baik berilah waktu jeda sebentar setelah menatap monitor 2 jam, mengatur posisi duduk, dan gunakan kaca mata biasa (bukan minus) untuk menghindari kontak langsung dengan layar.
  • Selain mengkonsumsi makanan sehat, untuk lulus tes kesehatan mata bintara TNI AD, sebaiknya sering-sering melihat keluar ruangan, seperti taman, hutan hijau, dan persawahan. Karena untuk penyegaran mata dan berguna melatih mata melihat objek yang berwarna hijau sambil menutup satu mata selama 10 detik secara bergantian. Selain itu cahaya alami yang segar mengurangi resiko rabun dekat.
  • Untuk menjaga kesehatan matamu pastikan menghindari kebiasaan membaca dan menulis dalam cahaya lampu redup. Karena dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Jika mata sudah layu dan lelah akibat capek menulis dan membaca, berhentilah untuk sementara waktu dan beristirahat.
  • Cek kondisi mata secara teratur konsultasikan kedokter mata, minum air putih minimal 2 liter perhari dan Rajinlah berolahraga. 
Demikianlah sobat, tips lulus tes kesehatan mata bintara TNI AD. Jika benar-benar sobat memiliki cita-cita tinggi dan niat yang kuat untuk menjadi bagian dari TNI AD. Maka bersiaplah dengan matang dan mulailah dari sekarang menghindari hal-hal yang dapat merusak mata. 

Kiat sukses seleksi TNI AD adalah teruslah berlatih dengan gigih dan jangan lupakan Tuhanmu. Jika gagal / gugur seleksi pertama jadikanlah pelajaran dan motivasi untuk bangkit di tes TNI tahun berikutnya. JANGAN MENYERAH. SEMOGA LULUS.

0 Response to "Tips Jitu Lulus Tes Kesehatan Mata Bintara TNI AD Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel