Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

10 Wisata Kuliner Bali Paling Enak, Lengkap Sama Lokasinya

Pulau Bali (Denpasar) merupakan salah satu surga dunia tujuan wisata favorite keluarga dan bagi para traveler dunia seperti saya dan mungkin juga Anda. Selain menyuguhkan keindahan beragam wisata alam dan beragam budaya nya, pulau bali juga terkenal akan wisata kuliner yang menggugah selera sampai kemancanegara loh. 

Kuliner Bali memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta makanan karena racikan dari bumbu rempah-rempahnya yang kuat dan pedas khas bali. Berbagai macam makanan tersedia halal dan nonhalal bisa di pilih sesuai dengan keinginan. Terlebih, untuk rasa yang diberikan juga sangat terasa  kuat, membuat lidah anda ingin mencobanya lagi.

Nah, bagi Anda yang merencanakan liburan ke Bali musim liburan dan tahun baru 2020 nanti. Yuk kita cari tahu wisata kuliner paling enak di Bali. Tak terkecuali Kuliner legendaris Bali yang sudah terkenal akan cita rasanya. Catat ya!

Rekomendasi Kuliner Bali Terbaik dan Paling Enak 2019/2020

Di bawah ini akan diulas mengenai apa saja wisata kuliner di bali 2019/2020 yang wajib Anda coba. Berikut ini rekomendasi kuliner Bali enak di jimbaran, sanur, seminyak, denpasar, ubud, badung dan sekitar pulau dewata :

1. Ayam Betutu Bali

Wisata Kuliner Bali Paling Enak, Lengkap Sama Lokasinya
Ayam betutu pedas legendaris bali
Menu makanan khas bali ini sudah sangat terkenal bagi orang indonesia dan dunia. Kuliner ayam bali betutu oleh almarhum Bapak Bondan Winarno ini sangat cocok bagi Anda pecinta masakan ayam pedas dan halal. 

Bumbu yang ada dalam ayam betutu merupakan campuran dari rempah-rempah dan tekstur pedasnya bikin ketagihan. Nah, di ayam betutu ini bumbunya dimasukkan ke dalam perut ayam kampung atau bebek, kemudian dipanggang dalam api sekam.

Tempat makan ayam betutu paling enak dan terkenal di Bali:
  • Ayam betutu khas Ghilimanuk. Lokasi :Jl. Raya Tuban No. 2x, Tanjung, Tuban
  • Ayam Betutu Men Tempeh, Lokasi Gilimanuk Melaya

2. Sate Lilit Gianyar Pak Komang 

Wisata kuliner halal di Bali
Sate lilit enak di Bali
Wisata kuliner halal di Bali adalah sate lilit. Berbeda dengan sate pada umumnya dengan daging ikan tengiri yang ditusuk. Pada sate ini, justru dibuat dengan caranya dililit. Jadi, sebelumnya daging dicincang dulu dan di ramu dengan bumbu Bali. Lalu dililit di batang daun serai atau tangkai bumbu. 

Salah satu tempat yang menjual sate lilit halal paling terkenal di Bali adalah 

  • Berlokasi di Pasar sukawati, Gianyar, Cari saja nama penjualnya pak Komang, menurutku sambalnya paling enak dan halal.
  • Harga murah bangat: Rp.10.000 untuk 10 Tusuk sate lilit
  • Buka : Setiap hari Jam 12.00 : 16.00 Waktu Bali

3. Babi Buling

Makanan khas bali babi guling
Babi guling bali
Bagi Anda pecinta makanan olahan babi, makanan non halal yang satu ini perlu masuk ke dalam daftar wisata kuliner makan siang Anda selama di Bali. Warna kulit dari bai guling yaitu kecoklatan dan dagingnya sangat empuk karena yang digunakan anakan babi dan kaya akan rempah-rempah. 

Uniknya lagi, umbu basa genep Bali dan sayur daun ketela pohonnya dan sayuran, dimasukkan ke perut babi dan diguling di atas bara api sampai matang. Menu babi guling legendaris bali sudah sangat terkenal dan disajikan dengan nasi putih dan lawar, sate lilit, serta semangkuk kecil jukut ares.

Tempat makan babi guling di Bali yang terkenal adalah :
  • Babi guling Candra, Lokasi : Jalan Teuku Umar no 140 Banjar beraban, Denpasar. Buka Pagi 5 AM- 10PM. Harga mulai Rp35.000
  • Babi guling Ibu Oka, Lokasi : Jl. Suweta, Ubud. Harga Paket komplit Rp70.000

4. Nasi Campur Ubud

Wisata kuliner bali favorite
Nasi campur khas bali
Nasi campur merupakan makanan khas Bali 2019 yang sangat populer. Bagi penduduk asli Bali, makanan ini adalah menu mereka sehari-hari dan harga nya murah. Satu porsi terdiri dari Sete lilit, suwiran ayam sisit bumbu basa genep Bali, sayur urap, serta lawar ayam siap dimakan dengan nasi putih. 

Menu ini selalu muncul dengan lauk yang bervariasi di setiap rumah di Bali. Mereka biasanya menghidangkan dengan ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goring, dan lain-lain.

Rekomendasi tempat makan khas bali nasi campur ayam yang sering dikunjungi cocok untuk tempat makan keluarga di Bali :
  • Nasi campur Ibu Mangku Kedewaten, lokasi : jalan raya kedewaten No. 18, ubud. Harga cuman Rp25.000
  • Nasi campur ibu Oki, lokasi : Uluwatu jimbaran, Kuta selatan

5. Nasi Jinggo Bali

Nasi jinggo khas bali paling lezat
Nasi jinggo di bali paling enak
Kuliner Bali nasi jinggo merupakan rekomendasi makanan khas Bali halal berikutnya yang unik dan murah meriah. Keunikan dari nasi jingo yaitu pada kemasannya dengan bungkus daun pisang dan sambal super pedas. Kalau di Jogja seperti Nasi kucing.

Daftar Kuliner pagi ini nasinya disajikan hanya sekepalan tangan orang dewasa, dan lauknya terdiri dari daging ayam suwir/sapi suwir, mie goreng, dan tempe goreng. Agar makin lezat nasi jinggo tergantung sambal yang pedas. Jadi, Anda tidak akan merasa kenyang jika hanya menyantap satu bungkus nasi jinggo. 

Inilah, rekomendasi alamat makanan khas nasi jinggo dibali paling enak :

  • Nasi jinggo Ibu Toyo, lokasi : Jimbaran, Kuta selatan Badung. Harga mulai Rp5.000.
  • Nasi Jinggo simpangan, Berlokasi : Uluwatu, Denpasar. Harga mulai Rp6.000. Buka : Jam 7 Malam - Pagi.
  • Nasi Jinggo diponegoro, lokasi : di halaman pertokoan kertajaya, jl. diponegoro, denpasar.

6. Serompotan Klungkung Bali

Serompotan merupakan makanan khas klungkung bali yang terdiri dari berbagai jenis sayur-sayuran di rebus hingga matang. Biasanya sih sayur kecambah, bayam, kangkung segar, kancang panjang, buncis, toge, terong bulat. 

Penyajiannya semua sayuran dicampur lalu diberi kuah khas bali, perasan jeruk, dan serundeng. Cocok nih, bagi vegetarian.

Lokasi wisata kuliner sayuran klungkung adalah di desa Semarapura kelod kangin, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung.

7. Lawar Kuwir Khas Bali

Kuliner tradisonal bali
Kuliner tradisonal bali
Lawar adalah campuran dari sayur-sayuran dan daging cincang yang di ramu menggunakan rempah-rempah bumbu khas Bali. Pada umumnya, lawar diolah dengan campuran daging babi. Namun ada juga yang halal, yaitu lawar dicampur sapi atau kuwir (bebek entog) juga menjadi daging alternative yang bisa dicampurkan. 

Biasanya daging entog (bebek) ini sudah dicincang dan dicampur pake tangan dengan potongan sayur kacang panjang serta parutan kelapa dan dilumuri bumbu Bali. Mantap kan?

Alamat tempat makan nasi lawar di Bali paling enak :
  • Warung lawar sapi odah, lokasi: Jl. Segara Ayu
  • Warung Nasi lawar Men Tingen, lokasi : Jl. Pejang sari tepatnya di Pasar Intaran

8. Rujak Kuah Pindang Kuta Bali

Anda suka rujak? eits ini bukan rujak biasa ya. Ini rujak makanan kekinian di Bali Karena terdapat kombinasi dari beberapa buah-buahan segar yang hampir mirip dengan rujak manis pada umumnya. Yang membedakannya dengan rujak biasa adalah pelengkapnya, yakni kaldu yang terbuat dari ikan pindang, garam, cabai.

Tempat makan rujak pindang khas bali yang sudah terkenal :
  • Warung Bu Putu, Lokasi : Jl. Blambangan 4x, Kuta
  • Gula Bali The Joglo, Lokasi cafe : Jl. Merdeka II No. 16, Renon, Denpasar

9. Kue Tradisional Laklak Bali

Kurang lengkap traveling jika tidak mencicipi kue tradisional bali. Penasaran dengan kue tradisional halal khas Bali? Coba deh makan kue laklak. Kue ini hanya ada di daerah bali, memiliki bentuk mirip kue lumpur. Rasa nya sangat enak karena masih dimasak di tungku seperti membuat surabi bandung.

Bahan dasar nya juga rempah indonesia asli yaitu tepung beras di campur daun suji dan daun pandan agar berwarna hijau dan wanginya khas. Jadi, bisa dijadikan oleh-oleh keluarga, bisa tahan 3 hari.

Ada 2 Tempat jualan kue laklak tradisional Bali, yang terkenal :
  • Cake Laklak Bali Rama, Lokasi : Jl. Panji No. 47, Dalung, Kuta Utara.
  • Laklak Bali "Jayatu", Lokasi : Jl. Antasura, Peguyangan Kangin, Denpasar.

10. Tipat Blayang Bali

Makanan khas dibali yang ke-10 adalah tipat blayang. Satu porsi makanan khas dari buleleng bali ini terdiri dari ketupat, kacang kedelai, sayuran, kelapa parut, ayam suwir, ceker ayam goreng, kerupuk kulit dan sambal pedas terasi.

Soal rasa tipat blayang jangan ditanya, wuenakkk bangat. Aroma wangi dari kuah kuning khas bali menambah lezatnya makanan ini. Bayangin deh anda makan dengan kuah yang super sedap. Terbukti banyak pengunjung yang datang dari berbagai kota memenuhi setiap meja. 

Tempat makan tipat blayang di bali yang enak dan terkenal, berlokasi di jalan surapati No. 124, kampng baru, buleleng.

Itulah, rekomendasi 10 makanan khas bali yang terkenal. Tidak semua kuliner di bali mahal. Masih ada yang enak dan murah, untuk dikunjungi. Jadi, mau coba kuliner wisata tradisional yang mana dulu nih? Semua rasanya enak, apalagi sambal khas bali. Uumm yami (enak).

Post a Comment for "10 Wisata Kuliner Bali Paling Enak, Lengkap Sama Lokasinya"