Iklan di bawah menu

5 Jenis Kain Terbaik Untuk Baju Kemeja Kampus dan Harganya

Banyak sekali pilihan jenis kain terbaik yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat kemaja kampus, seragam sekolah, maupun kerja. Dari satu model seragam bisa terdiri dari berbagai jenis kain, dengan kualitas bahan dan fungsinya masing-masing.
Kain untuk kemeja pria maupun wanita selain tampilan dan tekstur yang cukup beragam juga harus disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Karena sangat banyak jenis kain. Seperti kain drill, oxford, rayon, canvas, castilo.
Bahan kain terbaik kemaja kampus
Contoh gambar baju kemeja kampus mahasiswa UPI / sumber :  kemahasiswaan upi
Pemilihan jenis kain yang berkualitas untuk dikenakan tentu akan berpengaruh dalam aktivitas sehari-hari terutama aktivitas kampus, harus membuat nyaman penggunanya. Ingin tahu lebih lengkap mengenai jenis kain untuk baju kemeja kampus beserta harganya? Baca artikel ini sampai habis!

Berbagai Pilihan Jenis kain Terbaik untuk baju kemeja kampus

Meskipun berikut ini jenis-jenis bahan kain yang cocok digunakan untuk baju kemeja kampus. Akan tetapi kain ini bukan hanya untuk kampus ya. Sangat di rekomendasikan untuk kebutuhan seragam sekolah, kantor, TV dan kemeja santai kekinian. 

Bahan kemeja katun

Bahan untuk membuat kemeja kampus dan kantor bisa menggunakan dari kain katun. Kain ini merupakan kain dengan bahan terbaik dari serat kapas 100%. 

Katun mempunyai beberapa kelebihan, yaitu bahannya yang dingin, dapat menyerap keringat, tidak mudah kusut, tidak berbulu, tidak luntur, serta mudah disablon. Kelemahan dari kain ini yaitu mudah robek karena tipis.

Bahan kemeja drill

Jenis kain kemeja kampus yang halus dan dingin
Gambar desain baju kemeja net.tv / sumber : konveksi-surabaya.com
Kain drill merupakan kain yang cukup tebal, halus, lembut, dingin dan nyaman dipakai dalam beraktivitas, meskipun dalam cuaca yang panas. 

Sehingga dari dulu menjadi pilihan bahan yang bagus untuk kemeja lapangan. Seperti seragam militer, kampus, tv, dan kantor. Kain bahan drill dapat menyesuaikan dengan bahan dasar yang dipakai untuk menentukan harga dan kualitasnya. 

Semakin banyak bahan katun dalam kain ini maka tentu akan semakin mahal harganya. Kain drill sendiri memiliki 3 jenis loh, berdasarkan pada besar kecilnya serat kain. Berikut penjelasan dari ketiganya:

  • Kain American Drill / Serat Sedang
Kain American drill memiliki permukaan kain yang lembut dan biasa digunakan untuk membuat jas almamater, bisnis otomotis, PDH dan lain-lain. Maka dari itu, kain jenis ini sangat cocok digunakan untuk kemeja kampus. 

Untuk harga eceran tergantung merek biasanya mulai Rp. 24.000 - Rp. 28.000 per yard, sedangkan harga roll Rp22.000 per yard.

  • Kain Twist Drill / Serat Kecil
Jenis kain yang satu ini mempunyai karakter yang tahan air karena biasa digunakan sebagai jaket almamater dengan resleting. Oleh karena itu, banyak orang yang mengenakan jenis kain ini untuk kegiatan outdoor juga.

Harga kain twist adalah Rp. 30.000 per meter

  • Kain Japan Drill / Serat Besar
Kain japan drill merupakan kain yang tebal jika dibandingkan dengan kedua jenis kain drill sebelumnya. Jenis kain ini menjadi jenis kain drill terbaik yang paling banyak disukai karena komposisinya lebih banyak dari katun. 

Jenis ini juga memiliki serat yang baik dan ketika di print memiliki warna yang cerah serta tahan terhadap pudar ketika dicuci atau dijemur. 

Nah, Japan drill ini sangat rekomendasi bangat deh buat bahan kemeja net tv, trans tv/7, baju angkatan kampus, HMI, pemuda pancasila, PLN, Pertamnina dan lain-lain.

Harga kain drill japan dibandung itu kisaran Rp. 27.000 - 30.000 per year tergantung toko. Untuk lebih murah saya sarankan membeli per roll dari pada enceran. Karena untuk ukuran kain kemeja pria lengan panjang bisa menggunakan kain 1.5 Meter. Sedangkan 1 year = 90 CM.

Jenis kemeja kanvas

Jenis kain ini masih masuk ke dalam keluarga katun dan linen karena memiliki tekstur yang cukup tebal dan berat. Biasanya jenis kain ini digunakan sebagai seragam lapangan dan cocok sebagai kemeja kampus.

Jenis kemeja castilo

Kemeja berbahan kain castilo memiliki bahan yang bagus dengan harga terjangkau. Kain ini memiliki kelembutan yang cocok untuk bahan kemeja kampus dan tahan kusut, serta permukaannya berbeda antara bagian depan dan belakang. Tenunannya juga lebih kuat dan rapat menjadikan jenis ain ini cocok untuk seragam kerja.


Bahan Kain oxford

Kain oxfor dapat digunakan untuk kemeja kampus

Selain bisa untuk kemaja kampus, bahan kain dari oxford juga bisa untuk kemeja kantoran. Kain ini berkarakter cenderung rata dan bertekstur seperti titik-titik pixel. Namun tetap terasa nyaman saat digunakan untuk gaya formal maupun casual.

Kemeja oxford ini adalah kemaja klasik dengan bahan yang agak tebal, sehingga kain bahan ini tampak cocok dignakan siapa saja cowok/pria. Salah satu merk kain jenis oxford yang terkenal untuk membuat kemeja adalah taipan tropical.

Yang punya sedikit modal saya sarankan menggunakan bahan kain oxford cuman Rp. 20.000 - 23.000 Karena harganya lebih murah. Eh jangan salah tekstur kain dari taipan tropical ini kata abang konveksi seperti halnya bahan drill loh.

Itulah, sedikit penjelasan mengenai jenis kain untuk baju kemeja kampus beserta harganya. Dari bahan-bahan di atas, anda mau coba bahan kain yang mana untuk kemeja kampus?. Tulis dikomentar ya.

0 Response to "5 Jenis Kain Terbaik Untuk Baju Kemeja Kampus dan Harganya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel