Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Cara Ini Ampuh Menjaga Baterai Hp Kuat Tidak Kembung

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada hp. Baterai hp memiliki fungsi menampung energi listrik untuk didistribusikan ke seluruh perangkat hp. Dengan cara menjaga baterai hp yang benar membuat hp bisa awet dan bisa berfungsi seharian 24 jam.
Baterai yang bagus adalah baterai dengan daya tahan yang lama, dan memiliki kapasitas tinggi. Dengan daya tahan yang lama dan berkapasitas tinggi membuat Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai di tengah jalan. 
Cara menjaga baterai agar awet dan tidak rusak atau kembung

Tips merawat baterai dibawah ini bisa anda aplikasikan sejak mulai dari pertama kali membeli hp agar kinerjanya tetap terjaga dan tidak cepat rusak atau kembung. Apapun hp yang sedang anda pakai baik itu samsung, oppo, iphone. Silahkan di simak ya.

Beberapa Tips Jitu Menjaga Baterai Hp Tetap Awet Agar Tidak Cepat Rusak


Menggunakan Charger Original

agar baterei hp tahan lama adalah menggunakan charger ori

Cara menjaga baterai agar tidak rusak yang pertama adalah dengan selalu menggunakan charger original. Karena charger tersebut sudah disesuaikan dengan daya baterai. Apabila charger bawaan rusak atau hilang, Anda bisa membelinya kembali dengan tipe dan jenis yang sama-sama original.
Tegangan lsitrik yang diberikan oleh charger yang tidak original biasanya tidak sesuai dengan standart kapasitas baterai smartphone yang dicharger. Kadang tegangannya bisa tinggi, kadang bisa rendah dan tidak stabil. Hal ini biasanya yang menjadi penyebab mengapa baterai cepat rusak dan tidak awet bahkan bisa kembung.

Jangan Charger Hp Terlalu Lama

Tips agar baterei hp tidak kembung

Tips agar baterai awet yang satu ini masih berhubungan dengan pola charger. Pastikan baterai benar-benar terisi penuh ketika Anda melakukan pengecasan. Jangan cabut sebelum benar-benar penuh dan cabutlah sebelum terlalu lama hp dicas karena bisa membuat sel di dalam baterai menjadi rusak.
Kerusakan yang disebabkan karena pengecasan yang terlalu lama adalah aliran listrik yang terus masuk ke dalam sel. Jadi, untuk mencegah hal tersebut terjadi maka Anda jangan melakukan charger hp semalam suntuk karena akan mengurangi umur baterai. Saran dari saya maksimal charger 3-4 jam saja.

Jangan Memainkan Hp Ketika Dicharger

Tips menjaga baterai hp tetap awet

Kadang kita malas peduli dengan kebiasaan buruk satu ini. Selalu di anggap remeh. Padahal penyebab terbesar batrei hp cepat rusak dan kembung adalah memainkan hp sambil di cas/charger.

Jika Ingin baterai hp tetap terjaga keawetannya? Jangan pernah memainkan hp ketika sedang dicharger adalah salah satu caranya. Bila perlu, matikan hp ketika sedang dicharger untuk menjaga aliran listrik tetap stabil dan baterai menjadi cepat penuh. Ingat ya kebiasaan buruk ini jangan sering dilakukan.
Memainkan hp atau saat bermain game sambil dicharger hanya akan membuat baterai menjadi cepat kembung karena aliran listrik yang masuk akan langsung keluar kembali. Hal ini dikarenakan hp sedang digunakan ketika dicharger. Tips menjaga baterai tetap awet ini jangan disepelekan karena efeknya tidak hanya merusak baterai, namun merusak hp juga. Bisa-bisa Hp meledak loh kawan.

Jaga Suhu Baterai Tetap Dingin

Menjaga bateri agar tidak rusak bisa dilakukan dengan menjaga suhu baterai. Jangan biarkan hp berada di bawah terik matahari langsung, disaku celana jeans dan dalam dompet. Karena dapat menyebabkan hp cepat panas dan imbasnya langsung ke baterai. 
Tidak hanya menaruh hp di tempat yang panas saja, menggunakan hp nonton video youtube dan film dengan durasi yang lama juga bisa mengakibatkan hp dan baterai menjadi cepat panas. Jadi, gunakan hp seperlunya dan perhatikan suhu hp agar tetap awet. Saat hp dirasakan sudah panas, segere berhenti dulu 1 jam, kemudian bisa dilanjutkan lagi.
Sekian pembahasan mengenai tips jitu menjaga baterai hp tetap awet agar tidak rusak dan kembung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi Anda yang membutuhkan.

Post a Comment for "Cara Ini Ampuh Menjaga Baterai Hp Kuat Tidak Kembung"