Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

8 Tips Sederhana Pengembangan Usaha Cocok untuk Pemula

Menjadi seorang wiraswasta memang terbukti menjanjikan. Akan tetapi perkembangan dunia bisnis begitu cepat dan positif mengikuti pergerakan teknologi sehingga sebagai pebisnis pun tidak boleh tertinggal. Maka dari itu, perhatikan beberapa tips teknik pengembangan usaha yang sudah ada bagi pemula.

Mengapa Harus Mengembangkan Usaha?


Mungkin bagi sebagian orang memilih langkah lebih jauh dalam mengembangkan bisnis itu terlalu beresiko. Apalagi jika sudah berada di zona nyaman lantaran bisnis berjalan lancar dan memiliki penghasilan tetap meskipun tidak seberapa.

Akan tetapi benarkah sudah puas sampai disitu? Tentu selain berani mengambil resiko, ada banyak alasan yang mengharuskan bisnis Anda harus berkembang apabila ingin bertahan lama dan tidak tergilas oleh zaman.

Alasan utama adalah persaingan dan kompetitor akan semakin tinggi. Apabila Anda tidak melakukan tindakan berupa inovasi atau mengikuti perkembangan teknologi, maka sudah pasti akan tertinggal jauh. Bahkan bisa jadi usaha tersebut lama-lama akan menunjukkan kemunduran.

Tahapan Pengembangan Usaha untuk pemula

cara mengembangkan usaha untuk pemula

Memang pada dasarnya memulai bisnis apalagi berusaha untuk mengembangkannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ketika memutuskan untuk maju, maka akan ada lebih banyak rintangan yang dihadapi. Oleh karena itu, berikut ini tahapan pengembangan bisnis untuk pemula:

1. Perencanaan Keuangan

Cara pertama untuk contoh pengembangan usaha adalah dengan melakukan perencanaan keuangan yang matang dan baik. Anda pun harus memiliki banyak rencana cadangan karena setiap orang tidak akan tahu apa yang terjadi pada masa depan.

Apalagi jika bisnis sudah memiliki keuangan yang cukup stabil sehingga pengaturan seperti itu sangat perlu. Hal ini supaya antara pengeluaran dan pemasukan tetap berjalan seimbang, maka bisa mengantisipasi adanya kerugian di masa mendatang.

2. Mencari Banyak Link

strategi mengembangkan usaha

Bagi sebagian orang mengandalkan dan berlangganan dengan satu vendor merupakan salah satu bentuk loyalitas. Tentu tidak salah karena pada dasarnya membangun bisnis adalah menjaring banyak link, akan tetapi Anda pun harus pandai melihat situasi juga.

Jadi, dalam hal ini Anda pun harus mampu mengetahui daerah mana saja yang bisa menjadi suplai cadangan. Alhasil apabila terjadi sesuai dengan vendor utama, maka tidak akan kelabakan. Serta untuk dapat mengetahuinya pun harus memiliki banyak kenalan, terlebih untuk menyusun strategi mengembangkan usaha.

3. Banyak promosi

banyak promosi bisnis di media sosial

Sebuah bisnis tidak akan ada artinya tanpa melakukan promosi dengan tepat. Sebab, pemasaran adalah kunci utama sehingga sebuah usaha dapat berkembang dan dikenal oleh banyak orang. Hal ini pula yang akan menjadi kesempatan emas bagi pebisnis jika sampai terdengar oleh investor.

Meskipun begitu, dalam melakukan promosi pun tetap ada cara dan strategi bisnisnya sehingga tidak asal mengeluarkan uang. Di zaman sekarang, cara paling efektif adalah dengan memanfaatkan sosial media.

4. Kenali pesaing

Hal yang paling penting dalam teknik mengembangkan usaha adalah dengan mengenali kompetitor. Maka dari itu, promosi pun tidak bisa hanya sekali dua kali saja, melainkan harus secara terus-menerus. Selain itu, cara pemasaran seperti ini akan berguna untuk mempelajari pesaing.

Saat mempelajari apa yang kompetitor lakukan dalam memasarkan, maupun memproduksi usahanya akan memberikan Anda banyak inspirasi dan masukan hingga ide-ide baru. Misalkan strategi pemasaran, harga jual, kreatifitas dari si pesaing tersebut.

5. Tingkatkan Sumber Daya

Sumber daya, baik manusia atau produk keduanya adalah komponen yang cukup penting dan berjalannya pun harus beriringan. Tatkala Anda berusaha meningkatkan penjualan bisnis, maka bisa dipastikan SDA yang dibutuhkan akan bertambah karena permintaan yang naik.

Maka, seiring dengan perkembangan tersebut Anda pun harus berpikir untuk menambah sumber daya manusianya pula. Sebab, dengan adanya keeimbangan poduk dan jalannya bisnis pun akan berjalan lancar. Bahkan tim juga tidak akan tertekan yang berakibat pada menurunnya kinerja.

6. Pelayanan Terhadap Konsumen

Setelah beberapa hal sebelumnya telah berhasil berjalan sebagaimana mestinya, kini harus memikirkan dari aspek konsumen. Bagian ini penting untuk mendapatkan perhatian, karena Anda membutuhkan mereka jadi buatlah pembeli memerlukan produk tersebut.

Tentu dengan memperhatikan aspek kenyamanan. Jadi, dalam hal ini pelayanan terhadap konsumen pun harus bisa terjaga. Cara mengembangkan usaha online juga bisa dengan memanfaatkan sosial media untuk berinteraksi, dalam platform tersebut Anda bukan hanya sekedar promosi saja.

7. Inovasi

Ilustrasi inovasi usaha

Tampaknya Anda harus ingat bahwa perkembangan zaman terjadi begitu cepat dan signifikan sehingga sebagai pebisnis pun harus mampu mengiringinya. Salah satu caranya dengan mengikuti inovasi-inovasi yang sesuai tren.

Mengikuti tren bukan hanya tentang merubah produk secara total akan tetapi bisa saja Anda mempertahankannya akan tetapi pembaruan apa di dalamnya itu yang harus ada. Hal ini pun juga akan membuat bisnis tersebut tidak kalah dengan para kompetitornya.

8. Konsisten dan Fokus

cara mengembangkan usaha online cocok untuk pemula

Mengapa konsisten dan fokus masuk dalam kategori tips mengembangkan usaha? Perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut berguna supaya bisnis tetap berjalan pada tujuan utama. Meskipun pada akhirnya nanti banyak yang berubah seperti produk, tradisi,sumber daya dan sejenisnya.

Akan tetapi tetapi saja, tujuan dari Anda berbisnis itu apa dan bagaimana harus konsisten sehingga bisa berjalan dengan arah yang jelas. Terlebih dalam hal ini konsisten harus tetap ada dibarengi dengan kesabaran karena menjalankan usaha tidaklah mudah apalagi jika masih pemula.

Pada dasarnya menjalani sebuah bisnis apalagi mengembangkan usaha tersebut tidaklah mudah. Bahkan tidak jarang orang-orang yang terjun ke dunia tersebut pada akhirnya menyerah begitu saja karena tidak sabar. Oleh karena itu, sifat ulet dan sabar memang harus melekat dalam diri.

Post a Comment for "8 Tips Sederhana Pengembangan Usaha Cocok untuk Pemula"