Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

5 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh

Mentimun memiliki bahasa latin Cucumis sativus. Mentimun merupakan salah satu buah favorite hampir semua orang. Timun sebagai makanan pelengkap yang sering dikonsumsi sehari-hari sebagai lalapan atau jus. Timun memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Timun merupakan buah yang ampuh meredakan kolesterol dan dehidrasi. Selain itu, mentimun juga mengandung 96% air maka cocok dimakan pada siang hari untuk mencegah dehidrasi dan panas dalam. Seluruh kandungan air dalam mentimun mengandung lignin yang efektif mengusir racun dari dalam tubuh dan menyehatkan ginjal serta mencegah dari berbagai jenis kanker
5 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh
5 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh
Mentimun mengandung vitamin A, B, dan C yang meningkatkan sistem imun, memberikan energi, menjaga kesegaran tubuh dan Meningkatkan sistem kekebalan Pada tubuh. Tidak hanya itu, ada berbagai manfaat kesehatan lainnya dari mentimun yang tak kalah penting bagi kesehatan tubuh. Apa saja ? simak penjelasan manfaat mentimun dibawah ini.

1. Kesehatan mata

Merawat kulit dan kesehatan mata dengan mentimun merupakan pilihan yang tepat karena sejumlah kandungan gizi nya berkhasiat membantu mengusir rona lelah pada mata.

Berikut beragam nutrisi mentimun yang baik untuk kesehatan mata, seperti 

  • Potongan timun merupakan salah satu buah yang mengandung kadar air tinggi yaitu sekitar 96 persen , berkat melimpahnya air dalam buah mentimun tersebut di manfaatkan untuk menghilangkan mata panda (sembab) akibat kelelahan.
  • Mentimun kaya kandungan vitamin C, satu buah mentimun terdapat 14 persen vitamin C untuk kebutuhan tubuh dalam sehari. Vit C dapat merawat kulit dan mengusir kerutan membandel di area mata. Caranya dengan mengkonsumsi jus timun secara teratur.

2. Baik bagi kesehatan kulit wajah

Untuk tampil berseri-seri terkadang memang tidak mudah, berbagai carapun dilakukan pria maupun wanita untuk mendapatkan wajah yang mulus dan kulit bersinar. salah satu usaha yang sering dilakukan adalah dengan menggunakan bahan alami masker mentimun.

Mentimun adalah buah yang kaya vitamin, magnesium dan kalium dipakai untuk mempermulus wajah. Dan manfaat lainnya untuk wajah adalah:
  • Menghilangkan mata panda
  • menghilangkan jerawat
  • menyamarkan noda hitam
  • meremajakan kulit
  • membuat kulit bersinar

3. Membantu perkembangan janin

Makan mentimun saat hamil ternyata memberikan banyak manfaatnya loh bunda, namun jangan mengkonsumsi nya secara berlebihan.

Manfaat timun bagi ibu hamil yang pertama adalah dapat membantu perkembangan janin, karena kandungan nutrisi mentimun seperti B1, B2, B3, seng, kalium, zat besi dan asam folat.

Selain itu, kandungan kolagen pada timun dapat membantu mengurangi selulit pada perut, akibat efek dari kehamilan ibu. Dan nutrisi buah mentimun berperan menjaga mood ibu hamil sehingga pertumbuhan janin tidak terganggu.

4. Menurunkan hipertensi (Darah tinggi)

Khasiat jitu mentimun untuk menurunkan tekanan darah tinggi sudah tidak diragukan lagi, sudah banyak dibuktikan oleh para atlet dan militer.

Menurut sebuah penelitian buah mentimun mengandung, mineral, serat, kalium dan magnesium dapat mengurangi dan mengontrol tekanan darah secara efektif. Selain itu juga mengandung antioksidan yang mampu menurunkan hipertensi.

5. Menurunkan berat badan

Solusi bagi yang ini memiliki tubuh ideal sering mengkonsumsi mentimun di jus maupun dimakan langsung atau dalam bentuk acar tanpa garam. Mentimun adalah camilan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Itulah sebagian manfaat dari sekian banyak manfaat kesehatan bagi tubuh dari mentimun. Untuk mendapatkan hasil yang optimal sobat harus menghindari pemicu-pemicu lain. Semoga bermanfaat..
Abu Ziyad
Abu Ziyad Wisdom : "Hamba yang banyak dosa, jika kehilangan b akan jadi hama di dunia."

Post a Comment for "5 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh"