Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

8 Cara Ampuh Mengatasi Hp Lemot dan Panas Dengan Sangat Mudah

Karena hp sudah menjadi kebutuhan maka harus mengetahui cara mengatasi hp lemot dan panas, jika suatu ketika tiba-tiba Hp lemot dan panas mendadak sobat tidak bingung lagi memperbaikinya sendiri tanpa harus ke tukang service. Hp merupakan kebutuhan setiap orang untuk mengirim teks, gambar dan suara. Semakin sering handphone digunakan, maka akan berkurang juga kinerja nya.
8 Cara Ampuh Mengatasi Hp Lemot dan Panas Dengan Sangat Mudah
8 Cara Ampuh Mengatasi Hp Lemot dan Panas Dengan Sangat Mudah
Masalah berupa handphone lemot memang kerap kali terjadi. Jika hp sudah mulai terasa lemot dan panas, harus segera mungkin dilakukan penanganan sebelum menggantinya dengan yang baru. Banyak sekali faktor yang mengakibatkan hp lemot dan panas seperti file yang menumpuk, dan aplikasi yang di install terlalu banyak. 

Beberapa Cara Mengatasi Hp Lemot dan Panas

Terdapat beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi lemot pada hp. Berikut ini adalah cara mengatasi hp lemot dan panas, dengan sangat gampang :

1. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Cara mengatasi hp lemot Hapus Aplikasi Tidak Penting
Cara mengatasi hp lemot Hapus Aplikasi Tidak Penting
Mungkin, banyak dari anda yang secara sadar melakukan installasi banyak aplikasi. Padahal, hal ini sangat tidak di rekomendasikan. Karena, dengan melakukan banyak installasi berarti data yang masuk semakin banyak. Terlebih, jika anda hanya memiliki handphone dengan memori data yang sedikit.

Hp lemot padahal aplikasi sedikit ini dikarenakan ruang penyimpanan RAM hp sangatlah terbatas. Maka, sangat penting untuk dapat menghapus aplikasi yang tidak anda perlukan. Tentu anda lebih mengetahui aplikasi yang tidak penting untuk di gunakan. Dengan begitu, akan lebih membuat ruang memori menjadi luas. Maka, tidak akan ada lagi lemot di handphone yang anda miliki. Cara ini terbukti cukup ampuh!


2. Hapus File Tidak Penting

Cara mengatasi hp lemot Hapus file Tidak Penting
Cara mengatasi hp lemot Hapus file Tidak Penting
File yang tersimpan dalam memori telepon tentu hanya akan membuat ponsel anda semakin lemot. Untuk itu, perlu anda ketahui bahwa file yang tidak berguna jangan di simpan begitu saja. Melainkan, dapat di hapus dengan segera terutama yang tersimpan dalam memori telepon.

Memori telepon memang menampung banyak data. Jadi, tidak heran jika data yang disimpan berlebihan hanya akan menyebabkan handphone menjadi lemot. Mulai sekarang, cek apakah handphone memiliki memori telepon yang berlebihan. Jika iya, maka bersihkan sekarang juga!

3. Jangan menggunakan HP saat charger

Jangan menggunakan HP saat charger agar hp tidak panas

Inilah salah satu kebiasaan buruk manusia yang tidak sabar menunggu sampai pengisian baterai penuh, tangan selalu gatal ingin segera bermain atau sekedar cek hp. Lebih buruk lagi jika mengisi daya sambil bermain game. Padahal menggunakan hp saat di charger mengakibatkan ponsel menjadi lebih cepat panas dan baterai bahkan membengkak. Maka, kebiasaan buruk ini segera hindari.

4. Multitasking Secukupnya

Kegiatan multitasking atau menjalankan aplikasi secara bersamaan jelas memakan banyak RAM. Adanya RAM yang memiliki ruang kosong akan membuat kinerja dari handphone tidak terlalu terkuras. Berbeda halnya jika RAM pada handphone menjadi penuh karena adanya kegiatan multitasking ini.

Terlebih, jika anda hanya memiliki handphone dengan RAM 1 GB saja. Maka, harus menyadari bahwa multitasking bagian hal yang cukup penting. Setidaknya, anda hanya bisa menjalankan 3 aplikasi di latar belakang saja. Selebihnya, dapat di pastikan handphone anda menjadi lemot.

Walaupun hp dalam keadaan standby atau sedang tidak di gunakan, namun tanpa kita sadari sebenanya ada beberapa aplikasi tetap berjalan semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang tentu saja ini membuat kinerja RAM berkurang dan lebih berat lagi dan kadang hp menjadi panas.

Sekarang untuk melihat dan menghentikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang 
  • Kita tinggal buka saja menu setting atau pengaturan 
  • Kemudian cek bagian bawah cari tulisan aplikasi terinstal/aplikasi
  • Bagian atas ada beberapa pilhan, pilih saja menjalankan
  • Nanti muncul beberapa aplikasi yang berjalan dilatar belakang / background
  • Untuk mengatasinya pilih salah satu yang kurang berguna
  • Cara menghentikannya pilih saja (klik) kemudian pilih klik berhenti
  • Selesai

5. Hilangkan Penggunaan Widget

Sebagian orang tidak menyadari bahwa penggunaan widget dapat menyebabkan hp menjadi lemot. Mengapa demikian? Karena, widget berjalan di latar elakang dengan menguras RAM dari handphone. Terlebih, jika anda menggunakan banyak widget pada layar utama.

Untuk itu, sangat di sarankan agar mengurangi ataupun bisa menghilangkan penggunaan widget di handphone. Selain itu, jangan tambahkan aplikasi untuk penambah widget pada hp. Dijamin, hp anda yang semula lemot akan menjadi lebih smooth!

6. Bersihkan Cache Data

Penyebab hp lemot padahal aplikasi sedikit biasanya terlalu banyaknya data cache tersimpan di android. Cache adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang di gunakan atau yang pernah kita gunakan. Namun, jika data ini di biarkan menumpuk terus menerus tentu saja akan membuat hp menjadi lemot.

Penggunaan aplikasi seperti sosial media, game ataupun yang terdapat data memang menyisahkan cache. Hp lemot padahal aplikasi sedikit, namun cachenya yang terlalu besar. Cache yang menumpuk dapat menjadi penyebab dari hp anda menjadi lebih lemot. Untuk itu, solusi terbaik yang dapat dilakukan dengan menghapus cache. Berikut ini cara setting hp android agar tidak lemot dengan menghapus data cache, sangat gampang kok:
  • Menuju Ke menu pengaturan lalu klik
  • Geser kepaling bawah pilih penyimpanan
  • Kemudian klik Apps pilih All
  • Selanjutnya, pilih aplikasi dengan data yang besar
  • Setelah itu, klik hapus chace
  • Tunggu beberapa saat sampai proses penghapusan selesai

7. Segera Ganti Baterai

8 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Panas Ampuh!
8 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Panas Ampuh!
Cara mengatasi hp panas lainnya adalah mengganti batrei yang baru. Jika masalah baterei hp sudah membengkak dan daya tampung energi sudah tidak kuat lagi alangkah baiknya sisipkan uang jajan anda untuk segera mengganti dengan baterai yang baru. karena baterai rusak akan mudah sekali panas.

8. Gunakan Memori Berkualitas

8 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Panas Ampuh!

Cara agar mengatasi hp lemot berikutnya dengan menggunakan memori card yang berkualitas, jangan tergoda dengan memori yang harga nya murah saja, pertimbangkan kualitas pakai dan kapasitas memori tersebut. Salah satu manfaat menggunakan memori yang bagus dan kapasitas besar adalah memori anda tidak akan mudah error yang akan menyebabkan hp mudah sekali lemot dan error, jika sudah error hp akan mudah panas

Kesimpulan

Nah, begitulah cara mengatasi hp lemot dan panas. Sebenanrnya masih banyak lagi faktor hp lemot  dan panas, Sehebat dan semahal apapun sebuah smartphone terutama hp android suatu saat seiring pemakaian terlalu lama akan mempengaruhi dan mengalami perubahan kinerja kecepatan dan daya tahan baterai. 

Salah satu di antaranya yaitu menjadi lemot atau lambat. Baik itulah penyebab handpone menjadi lambat, dan cara mempercepat hp android yang lemot, untuk mengatasinya. semoga tips ini bermanfaat dan mudah-mudahan hp teman menjadi kembali lancar.

Post a Comment for "8 Cara Ampuh Mengatasi Hp Lemot dan Panas Dengan Sangat Mudah"