Iklan di bawah menu

Inilah 6 Jenis Ikan Protein Tinggi Bagus Untuk Tubuh

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat tinggi. Ikan selain harganya murah, sangat bermanfaat untuk tubuh. Karena dapat mensuplai hampir seluruh kebutuhan protein harian tubuh. Ikan laut maupun ikan tawar tetap sama mengandung protein tinggi yang bagus di konsumsi.



Makanan tinggi protein rendah lemak jawabnya sudah pasti ikan segar. Perbanyaklah konsumsi ikan karena ikan memiliki kandungan protein tinggi serta asam lemak omega 3. Jika tidak makan ikan kita tenggelamkan "Kata Ibu Susi" Menteri KKP

Faktanya, daging ikan sangat diperlukan tubuh. Bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kerja otak, pembentukan sel-sel dalam tubuh, mulai dari pertumbuhan otot dan tulang, peremajaan kulit, pertumbuhan rambut hingga produksi enzim, menurunkan kadar kolesterol darah dan hormon tubuh. 
 Inilah Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi |salmon

Sumber tinggi protein ikan yang bisa dan aman untuk dikonsumsi tersebut dikategorikan menjadi dua yaitu ikan air tawar dan ikan laut. Yuk kita bahas, agar Anda tidak salah beli ikan.

Jenis ikan air tawar yang mengandung protein tinggi ?

Kandungan gizi ikan tawar cukup tinggi hampir setara dengan ikan laut. berikut ikan tawar yang memiliki protein tinggi:

1. Ikan Lele

Ikan yang memiliki protein tinggi bagus untuk tubuh
 Inilah Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi | ikan lele
Ikan air tawar yang mengandung protein tinggi bagus untuk tubuh adalah lele. Ikan yang satu ini tentu banyak digemari, selain harganya murah-meriah, rasanya yang gurih, dan daging yang lembut, sangat menggoda untuk dikonsumsi. 

Ikan lele itu sempat dibandingkan dengan ikan salmon loh karena kandungan omega nya tidak kalah sama ikan mahal salmon. Luar biasa kan? disandingkan dengan ikan mahal.

Penelitian mengungkapkan ikan lele merupakan vitamin D terbaik, yang beranfaat untuk kesehatan tulang. Selain itu ikan lele juga mengandung asam solfat yang dibutuhkan oleh ibu hamil loh. 

Untuk mendapatkan ikan tawar protein tinggi, saranku belilah lele yang dibudidayakan secara teratur karena biasanya diberi pakan ikan protein tinggi seperti pelet pakan benih lele PF1000. 

Agar protein ikan tidak rusak, Goreng lele dengan minyak baru, ingat bukan minyak hitam yang telah di gunakan berkali-kali untuk menghindari kanker. Jadi jika ada mitos makan lele menyebabkan kanker? itu tidak benar. Tetapi cara penyejiannyalah yang salah.

2. Ikan patin

 Inilah Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi | ikan patin
 Inilah Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi | ikan patin
Ikan patin merupakan jenis ikan tawar, banyak dibudidayakan di indonesia, ikan patin tidak bersisik mudah jadi dimasak, Hampir semua bagian tubuh ikan ini bisa di konsumsi jadi gak kalah sama ikan lainya guys. 

Dalam 100 gram ikan patin mengandung protein sebesar 17% gr. Selain itu kandungan gizi ikan patin yang baik untuk tubuh seperti lemak tak jenuh yang tinggi sebesar 6,6 % sehingga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Ikan Bandeng

 Inilah Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi | ikan bandeng
 Inilah Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi | ikan bandeng
Ikan air tawar bandeng selain dibududayakan untuk di konsumsi. Ikan ini meskipun bersisik dan berduri, memiki potensi nilai ekonomi yang baik. Karena harganya yang murah, juga mengandung protein tinggi sehingga banyak masyarakat yang membeli untuk dijadikan ikan kuah kuning atau ikan pepes bandeng. Pernah konsumsi salah satunya kan?

Protein ikan ini tinggi, sehingga menjadikan ikan bandeng mudah dicerna dan baik dikonsumsi segala usia. Jumlah protein ikan bandeng per 100 gr sebesar 20% kalsium 20mg, 4,8% lemak, Vitamin B1 & A, ikan bandeng juga mengandung asam lemak omega 3.

Jenis ikan laut yang mengandung protein tinggi ?

Berikut ini adalah jenis ikan laut yang memiliki protein tinggi, bagus untuk dikonsumsi sehari-hari. 

4. Ikan Kembung

Ikan Kembung Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi
Ikan Kembung | Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi
Ikan kembung merupakan ikan air laut tinggi protein. Ikan ini cukup dikenal oleh masyarakat karena sering dikonsumsi dan menjadi komoditas para nelayan karena populasinya melimpah.

Ikan kembung yang segar memiliki rasa daging yang manis dan enak. ikan ini sangat nikmat jika di pindang, goreng dan kuah kuning. Tidak hanya itu kepala dan otak ikan kembung sangatlah enak.

Ini sungguh diluar dugaan, tenyata kandungan ikan kembung lebih banyak 3 kali mengandung omega-3 dibanding ikan salmon, Luar biasa guys.! Selain itu Jumlah protein ikan kembung per 100 gr sebesar 19,84%, lemak tak jenuh 2,3%, kalsium 20mg, energi 162 kkal, zat besi 1 mg.

5. Ikan Tongkol (Cakalang)

Ikan Tongkol | Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi
Ikan Tongkol | Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi
Tongkol atau cakalang merupakan ikan air laut yang populer di perairan laut sulawesi, dengan populasi yang banyak. Sehingga masyarakat dan nelayan ikan tongkol dijadikan ikan asap, ikan bakar, dan ikan kuah santan, sehingga nilai ekonomi jualnya bertambah.

Dalam 100 gr jumlah protein ikan tongkol 19,6 gr, energi 107 kkal, lemak 0,7% dan 5,5 karbohidrat. Kandungan omega 3 pada tongkol dapat mengurangi resiko penyakit dan kerusakan mata.

6. Ikan Tuna

Ikan Tuna | Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi
Ikan Tuna | Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi
Ikan air asin tinggi protein lainnya adalah ikan tuna, ikan ini mirip dengan ikan tongkol (cakalang) serupa tapi tak sama. ikan tongkol warna gelap, sedangkan ikan tuna lebih menonjol adalah ukurannya, Bahkan ikan tuna ada yang ukuran besar sehingga dipertandingkan di jepang.

Ikan tuna dalam bahasa inggris disebut blackfin tuna adalah ikan jenis tuna yang paling kecil ukuranya jika dewasa bisa mencapai 1 meter dengan berat 21kg loh.

Dan masih banyak lagi jenis ikan tuna lainnya dengan manfaat yang tetap sama. Jenis ikan tuna yang paling besar dan mahal adalah tuna srip biru (bluefin tuna). Karena di jepang ikan ini menjadi komoditas utama untuk dikonsumsi sehingga harganya mahal,

Ikan tuna memiliki nutrisi yang sangat tinggi, daging bertekstur lembut dan rasanya juga yang enak. Tuna sama dengan jenis ikan laut yang lain kaya akan protein. Dalam 100 gram ikan tuna mengandung jumlah protein 23,38 gram, lemak 0,95gr, kalori 108 kkal, kalium 444 mg dan omega 3.

Kesimpulan

Nah, demikian jenis ikan yang mengandung protein tinggi, jika melihat kandungan nutrisi dan protein pada ikan diatas, apakah kalian masih malas makan ikan? Meskipun masih ada jenis ikan protein rendah tetapi manfaatnya tetaplah sama. Jadikanlah ikan menjadi komoditas konsumsi setiap hari karena baik untuk tubuh dan kesehatan.

0 Response to "Inilah 6 Jenis Ikan Protein Tinggi Bagus Untuk Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel