Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Pengertian Dan Arti Lambang Pancasila : Sila 1, Sila 2, Sila 3, Sila 4, Sila 5

Sudahkah mengenal arti dan makna lambang sila yang terdapat pada Pancasila secara benar? Sebagai masyarakat Indonesia yang mencintai bangsanya tentu harus mengetahui dengan benar. Karena, pancasila merupakan dasar negara dan bagian yang terpenting dalam negara kesatuan republik Indonesia. 

Untuk itu, setiap warga Negara harus bisa memahami arti lambang garuda pancasila dengan fasih tidak hanya di hafal tetapi setiap sila di terapkan dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia. oleh sebab itu ideologi pancasila tidak boleh diganggu gugat apalagi diganti oleh ideologi lain.

Pancasila memiliki lima dasar yang harus di pahami oleh semua masyarakat Indonesia. Dengan memahaminya, maka akan dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik. Karena, pancasila mencerminkan pribadi dari masyarakat Indonesia. Karena itu, ketahui lebih dalam mengenai pengertian dan arti lambang pancasila dibawah ini.

Apa Pengertian Pancasila?

Makna Pancasila ialah ideologi dasar, falsafah dalam kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalamnya, terdapat lima sila yang menjadi dasar pada kehidupan berbangsa dan bernegara bagi rakyat Indonesia. Dengan adanya pancasila, tentu mencerminkan kehidupan dari berbangsa masyarakat Indonesia. 

Dalam pancasila, terdapat lambang pancasila sila 1-5 yang berada di dada burung garuda. Berikut lambang yang terdapat pada gambar pancasila, meliputi:
  1. Sila ke-1 Lambang Bintang
  2. Sila ke-2 Lambang Rantai Emas
  3. Sila ke-3 Lambang Pohon Beringin
  4. Sila ke-4 Lambang Kepala Banteng
  5. Sila ke-5 Lambang Padi dan Kapas

Apa Bunyi Pancasila?

Pancasila Terdiri dari dua suku kata Sanskerta "Panca" berarti 5 dan "Sila" bermakna prinsip atau asas. Meskipun hanya terdiri hanya 5 sila saja, namun masih ada juga masyarakat indonesia yang belum hafal teks pancasila dengan benar sesuai nomor urut dasi sila pertama. Berikut teks bunyi pancasila :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Arti Lambang Pancasila


Pengertian Dan Arti Lambang Pancasila : Sila 1, Sila 2, Sila 3, Sila 4, Sila 5
Pengertian Dan Arti Lambang Pancasila : Sila 1, Sila 2, Sila 3, Sila 4, Sila 5
Sebagai setiap warga Indonesia, alangkah lebih baiknya mengetahui makna lambang dari pancasila. Karena setiap lambang atau gambar tentu memiliki maknanya masing-masing. Berikut ini arti dari lambang pancasila.

Arti Simbol Pancasila, Sila Ke 1

Arti Simbol Pancasila, Sila Ke 1 BIntang

Sila ke satu dalam pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Simbol dari pancasila ini memiliki gambaran sebagai bintang yang memiliki lima sudut. Arti dari bintang yaitu bermakna bahwa indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan yang maha esa dengan agama dan kepercayaan nya. Hal ini tentu berkaitan langsung dengan dasar negara, tujuan negara dan sifat negara.

Kemudian, untuk warna hitam pada latar belakang bintang memiliki arti sebagai alam. Jadi makna sila ke 1 dapat di artikan berkat rahmat Allah segala sumber ada pada dunia ini. Dapat di pastikan, bahwa hal ini menjadi yang begitu penting.

Arti Simbol Pancasila, Sila Ke 2

Arti siombol rantai emas pancasila

Simbol kedua memiliki gambaran sebagai mata rantai emas dengan bentuk lingkaran dan persegi yang saling membentuk suatu lingkaran. Untuk makna dari lambang ini cukup mendalam. Yaitu mata rantai bentuk segi empat melambangkan laki laki. Sedangkan, untuk mata rantai lingkaran melambangkan perempuan.

Dengan hal ini, sangat jelas memiliki makna bahwa dalam kehidupan ini laki laki dan perempuan saling berkaitan. Dengan hubungan yang baik, maka akan menjadi kuat seperti rantai. Serta untuk makna sila ke 2 yaitu memperlakukan sesama dengan adil dan beradab tidak ada saling menjatuhkan demi tujuan bangsa.

Arti Simbol Pancasila, Sila Ke 3

Arti Simbol Pancasila, Sila Ke 3 Pohon Beringin

Simbol yang ketiga yaitu memiliki gambaran berupa pohon beringin yang terdapat akar dan sulur. Dalam hal ini, memiliki makna sebagai tempat untuk berteduh serta berlindung bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tentunya, sebagai tempat yang nyaman dan aman di gunakan.

Sedangkan, untuk sulur dan akar yang terdapat pada pohon beringin juga memiliki arti. Yaitu sebagai keberagaman dalam suku bangsa Indonesia. Jadi, secara keseluruhan makna sila ke 3 yaitu ke aneka ragaman yang bersatu dan berlindung dalam pancasila.

Arti Simbol Pancasila, Sila ke 4

Arti Simbol Pancasila, Sila Ke 4 kepala banteng

Gambar sila ke 4 pada pancasila yaitu di lambangkan dengan kepala banteng. Jadi, untuk hal ini berkaitan langsung dengan jiwa sosial atau pun lingkungan bersama-sama. Dengan begitu, harapannya bahwa rakyat indonesia bisa bersama sama membangun lingkungan masyarakat yang lebih baik. Fungsinya, agar terhindar dari berbagai ancaman yang kurang baik.

Secara keseluruhan makna sila ke 4 yaitu untuk dapat berkumpul dan bermusyarakat dalam mencapai mufakat. Sejatinya, masyarakat memang harus melakukan hal ini guna mengambil keputusan. Jadi, hasil dari mufakat dapat di jadikan pedoman.

Arti Simbol Pancasila, Sila Ke 5

Arti Simbol Pancasila, Sila Ke 5 Padi dan Kapas

Lambang sila ke 5 ini, melambangkan mengenai padi dan kapas. Tentu, terdapat makna mendalam dari simbol ini. Yaitu sebagai kebutuhan dasar pada semua manusia berupa pangan dan sandang. Kebutuhan ini merupakan yang sangat penting dalam kehidupan. Jadi, memang sudah seharusnya kebutuhan ini dapat di penuhi.

Jadi, hal inilah yang menjadi cita cita dalam bernegara. Secara keseluruhan makna sila ke 5 ialah kebutuhan sandang dan pangan rakyat yang harus terpenuhi.

Itu dia pengertian dan arti lambang pancasila lengkap. Bagaimana, sekarang anda sudah jauh lebih paham bukan? Tentunya, dan dapat anda pelajari lebih dalam lagi.

Post a Comment for "Pengertian Dan Arti Lambang Pancasila : Sila 1, Sila 2, Sila 3, Sila 4, Sila 5"