Iklan di bawah menu

Tips Merawat Kelinci yang Benar Agar Sehat dan tidak Cepat Mati

Tips merawat - Selain kucing, kelinci termaksud hewan lucu, unik dan menarik bahkan sangat menggemaskan, sehingga wajar jika banyak orang yang merawat, memelihara dan menyukai kelinci, terutama anak-anak. Hanya saja mungkin tidak semua berhasil memeliharanya, kalaupun bisa mungkin tidak akan bisa bertahan lama, dan bahkan tidak sampai besar lalu mati. hal ini perlu tips memelihara dan merawat kelinci harus di pelajari agar mencegah penyakit dan kematian.

Tips Merawat Kelinci yang Benar Agar Sehat dan tidak Cepat Mati

Tips Merawat Kelinci yang Benar Agar Sehat dan tidak Cepat Mati

1. Teratur Memberi Makan dan Minum


Makanan kelinci yang paling disukai adalah jenis sayur-sayuran atau umbi-umbian seperti wortel, sawi, kangkung daun ketela, kol dan sebagainya. Kelinci yang masih kecil anda bisa memberi daun sawi karena jenis sayuran ini mengandung kadar air tinggi sehingga tidak perlu memberi minum. Pada umumnya kelinci yang mati terutama yang masih kecil karena salah dalam memberi minum, ini karena belum paham tentang cara memberi minum yang benar.

Memberi minum kelinci dengan cara memegang kepala kelinci lalu didorong kedalam wadah tempat berisi air dengan maksud agar kelinci bisa minum, padahal perilaku ini bisa berakibat fatal bahkan kelinci bisa mati, karena secara tidak sengaja air bisa terhirup oleh kelinci melalui hidung dan membuat kelinci menderita flu dan mati. Lebih baik, merawat  kelinci yang masih kecil cukup berikan sayuran yang mengandung kadar air tinggi.

2. Rajin Membersihkan Kandang

Pada dasarnya kelinci sangat menyukai tempat yang adem, dingin. tetapi kelinci tidak suka kadang yang lembab baik itu karena kencingnya sendiri atau kotorannya. Jika kandang kelinci dibiarkan basah dan lembab, kelinci akan menjadi stress lalu mati. Sebaiknya rajin melakukan perawatan kandang, selalu buang sisa makanan yang ada dalam kandang dan membersihkan sisa kotoran nya dengan air bersih.

3. Jangan Suka di Pegang

Kelinci hewan yang lucu, terlebih jika kelinci bersih, sehingga sering kali kita ingin mengelus dan memegang nya. Suka di pegang dalam hal ini jika cara memegang nya yang salah, misal mengangkat kelinci dengan cara memegang telinga nya. Meskipun telinga kelinci tinggi, hal ini tidak baik dilakukan padahal bisa berakibat kematian. Karena kelinci dapat stress akibat ketakutan. Meskipun kelinci sudah cukup besar jangan pernah mengangkat dengan memegang telinga nya.

4. Pelihara 2 Ekor Kelinci

Memelihara 1 ekor kelinci akan rentan lebih cepat mati, karena kelinci tidak punya teman dan pasangan sehingga membuat kelinci stres, terlebih jika kelinci ditempatkan di area terbuka dan selalu dipegang maka kelinci yang masih baru akan stres dan ketakutan kemudian mati, Berbeda dengan 2 ekor kelinci dan ditempatkan dalam satu kandang biasanya kelinci akan tampak senang, karena biologis nya dapat terlsalurkan.

Bagaimana Cara Memandikan Kelinci ?

Catatan sebelum memandikan kelinci pastikan umur kelinci lokal telah berumur 3 bulan sedangkan kelinci anggora harus menunggu umur 6 bulan, hal ini karena point nomor 2. untuk menghindari kelinci stres lebih besar. Cara memandikan kelinci yang benar :

Alat yang dibutuhkan:
1. Siapkan shampo bayi atau anak
2. Wadah berisi air bersih siapkan 2 wadah.
3. Kain Bersih/tissue untuk lap
4. Hair dryer jika diperlukan

Cara memandikan kelinci:
1 Pegang dengan lembut tubuh kelinci bagian bawah.
2. Siram tubuh kelinci perlahan dengan air menggunakan tangan.
3. Oleskan sampo secukupnya sambil pijat lembut dan bersihkan.
4. Hati-hati jangan sampai shampo mengenai matanya.
5. Setelah selesai shampo bilas dengan air bersih di wadah ke 2 yang sudah disediakan air.
6. Keringkan dengan kain bersih.
7. Selesai deh.

Demikian, tips merawat kelinci yang benar, agar cepat besar dan sehat. Mudah bukan ? anda tinggal mempraktekan nya dirumah. perlakukan dengan baik kelinci-kelinci peliharaan anda, agar tidak stres dan cepat mati.

0 Response to "Tips Merawat Kelinci yang Benar Agar Sehat dan tidak Cepat Mati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel