Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Cara Memelihara Kelinci Yang Benar Di Rumah Untuk Pemula Agar Sehat

Selain kucing, memelihara kelinci di rumah salah satu hobby yang menyenangkan. Kelinci hias termaksud hewan lucu, unik dan menarik bahkan sangat menggemaskan. Sehingga wajar jika banyak orang yang memelihara dan merawat kelinci dengan tulus hati, terutama anak-anak. 

Hanya saja mungkin tidak semua berhasil memeliharanya, kalaupun bisa mungkin tidak akan bisa bertahan lama, dan bahkan tidak sampai besar lalu mati. hal ini perlu tips memelihara dan merawat kelinci harus di pelajari agar mencegah penyakit dan kematian.

Tips Merawat Kelinci yang Benar Agar Sehat dan tidak Cepat Mati

Nah, untuk sobat yang sayang sama binatang terutama kelinci hias, kami sudah merangkum beberapa cara memelihara kelinci yang benar dirumah untuk pemula agar tetap sehat dan tidak cepat mati. Simak yaa.

Ini Dia Tips Memelihara Kelinci Di Rumah Agar Sehat


1. Teratur Memberi Makan dan Minum

Cara memelihara kelinci di rumah agar sehat dah gemuk

Tips memelihara kelinci di rumah yang pertama adalah teratur memberi makan dan minuman. Makanan kelinci yang paling disukai adalah jenis sayur-sayuran atau umbi-umbian seperti wortel, sawi, kangkung, daun ketela, dan kol.

Kelinci yang masih kecil anda bisa memberi daun sawi karena jenis sayuran ini mengandung kadar air tinggi sehingga tidak perlu memberi minum. 

Perlu di ingat, pada umumnya kelinci yang mati terutama yang masih kecil karena salah dalam memberi minum, ini karena belum paham tentang cara memberi minum kelinci yang benar.

Memberi minum kelinci dengan cara memegang kepala kelinci lalu didorong kedalam wadah tempat berisi air dengan maksud agar kelinci bisa minum, padahal perilaku ini bisa berakibat fatal bahkan kelinci bisa mati, karena secara tidak sengaja air bisa terhirup oleh kelinci melalui hidung dan membuat kelinci menderita flu dan mati. 

Jadi, saran dari kami lebih baik, saat berniat memelihara kelinci dihalaman rumah yang masih kecil cukup berikan sayuran yang mengandung kadar air tinggi.


2. Rajin Membersihkan Kandang

Model gambar kandang kelinci yang bagus untuk dihalaman rumah


Cara memelihara kelinci di halaman rumah berikutnya yaitu rajin membersihkan kandangnya. Pada dasarnya kelinci sangat menyukai tempat yang adem, dingin. 

Tetapi kelinci tidak suka kadang yang lembab baik itu karena kencingnya sendiri atau kotorannya. Jika kandang kelinci dibiarkan basah dan lembab, kelinci akan menjadi stress lalu mati. 

Tips agar kelinci tetap sehat sebaiknya rajin melakukan perawatan kandang, selalu buang sisa makanan yang ada dalam kandang dan membersihkan sisa kotoran nya dengan air bersih.


3. Jangan Suka di Pegang

Tips memelihara kelinci hias seperti anggora


Kelinci hias seperti anggora merupakan hewan yang lucu, terlebih jika kelinci bersih, sehingga sering kali kita ingin mengelus dan memegang nya. 

Suka di pegang dalam hal ini jika cara memegang nya yang salah, misal mengangkat kelinci dengan cara memegang telinga nya. Meskipun telinga kelinci tinggi, hal ini tidak baik dilakukan padahal bisa berakibat kematian. 

Karena kelinci dapat stress akibat ketakutan. Meskipun kelinci sudah cukup besar jangan pernah mengangkat dengan memegang telinga nya yaa. Itu hanya membuat kelinci peliharaan stress.


4. Pelihara 2 Ekor Kelinci

Cara memelihara kelinci dihalaman rumah


Memelihara 1 ekor kelinci dirumah akan rentan lebih cepat mati, karena kelinci tidak punya teman dan pasangan sehingga membuat kelinci stres. 

Terlebih jika kelinci ditempatkan di halaman dan selalu sering dipegang maka kelinci yang masih baru akan stres dan ketakutan kemudian mati.

Berbeda dengan sepasang kelinci dan ditempatkan dalam satu kandang biasanya kelinci akan tampak senang, karena biologis nya dapat terlsalurkan.

Bagaimana Cara Memandikan Kelinci ?

Catatan sebelum memandikan kelinci pastikan umur kelinci lokal telah berumur 3 bulan sedangkan kelinci anggora harus menunggu umur 6 bulan, hal ini karena point nomor 2. untuk menghindari kelinci stres lebih besar. Cara memandikan kelinci yang benar :

Alat yang dibutuhkan:
1. Siapkan shampo bayi atau anak
2. Wadah berisi air bersih siapkan 2 wadah.
3. Kain Bersih/tissue untuk lap
4. Hair dryer jika diperlukan

Cara memandikan kelinci:
1 Pegang dengan lembut tubuh kelinci bagian bawah.
2. Siram tubuh kelinci perlahan dengan air menggunakan tangan.
3. Oleskan sampo secukupnya sambil pijat lembut dan bersihkan.
4. Hati-hati jangan sampai shampo mengenai matanya.
5. Setelah selesai shampo bilas dengan air bersih di wadah ke 2 yang sudah disediakan air.
6. Keringkan dengan kain bersih.
7. Selesai deh.

Kesimpulan

Itulah, cara memelihara kelinci di rumah, tips merawat kelinci yang benar ini cocok untuk yang baru mau memelihara kelinci hias, mudah bukan ? anda tinggal mempraktekan nya dirumah. perlakukan dengan baik kelinci-kelinci peliharaan anda, agar tetap sehat dan gemk.

Post a Comment for "Cara Memelihara Kelinci Yang Benar Di Rumah Untuk Pemula Agar Sehat"