Iklan di bawah menu

10 Tips Menghadapi Tes Kesehatan Taruna Akmil dan Akpol 100% Lulus

Tes kesehatan TNI/Polisi - Cita-cita menjadi taruna taruni Akmil dan Akpol adalah idaman semua orang, syaratnya harus dinyatakan sehat jasmani (fisik) dan rohani. Tes kesehatan TNI / POLRI merupakan salah satu rangkaian tahap kegiatan tes seleksi penerimaan menjadi calon prajurit TNI dan anggota Polisi.

Penerimaan tes masuk AKMIL dan AKPOL sangatlah ketat. Harus selektif, objektif, transparan dan akuntabel. Hal ini, karena beratnya tanggung jawab menjadi seorang PERWIRA TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polisi di medan tugas sebagai alat negara dibidang pertahanan dan keamanan.

MABES TNI dan Polri telah menetapkan standar tes kesehatan pertama dan kesehatan kedua yang harus dipenuhi setiap calon siswa dari dari rambut, bentuk wajah sampai telapak kaki. Tes kesehatan sangatlah ketat, detail dan berhati-hati supaya memastikan setiap Taruna dan Taruni yang dinyatakan lulus, tidak cacat, tidak sakit dan tidak gila. 
10 Tips Menghadapi Tes Kesehatan Taruna Akmil dan Akpol 100% Lulus
10 Tips Menghadapi Tes Kesehatan Taruna Akmil dan Akpol 100% Lulus / foto ig : duniamiliter
Seleksi tes kesehatan Tni meliputi apa saja? setidaknya ada 2 tahapan tes kesehatan amkil/akpol yang mesti dilalui mulai dari kesehatan pertama yaitu pemeriksaan kesehatan luar meliputi kesehatan mata, THT, GIGI, Anus, wasir/ambeien, varikokel, bentuk kaki, telapak kaki dan tensi. 

kemudian tahapan kesehatan kedua meliputi tes urine, EKG, tes darah, rontgen, dan kejiwaan. Setiap perwira Taruna (pria) maupun Taruni (wanita) harus dipastikan sehat luar dalam agar memenuhi syarat menjadi keluarga besar TNI / POLRI di kesatuan. 


Tips Persiapan Tes Kesehatan Taruna Akmil dan Akpol 

Casis yang dinyatakan lulus tes kesehatan dapat mengikuti seleksi tahapan tes akmil selanjutnya. Nah sobat, agar tidak gugur di tes kesehatan. Berikut ini adalah tips menghadapi tes kesehatan TNI Akmil dan POLRI.

1. General Check Up

Jika niat dan tekad sudah kuat ingin mengabdi kepada negara dengan menjadi anggota TNI-POLRI. Maka, langkah pertama yang harus sobat persiapkan adalah medical check upCek kesehatan ini sangat wajib sobat lakukan ya, minimal 6 bulan - 1 tahun sebelum pendaftaran Akmil Akpol 2020-2021 dibuka. 

Dan jika bisa saya sarankan untuk melaksanakan check up di rumah sakit TNI dan rumah sakit POLRI. Karena, rumah sakit tersebut sudah ahli dan paham betul kebutuhan atau jenis tindakan pemeriksaan yang sesuai dengan syarat tes kesehatan, dan hasil yang dikeluarkan sangat akurat bisa dipertanggungjawabkan. Untuk biaya tes kesehatan dirumah sakit TNI / POLRI sekitar 700.000-1.500.000 tergantung paket

Medical Check up bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Baik itu kesehatan tubuh bagian dalam dan kesehatan badan luar. Sehingga dari hasil check up ini sobat bisa mengambil kesimpulan apa saja yang harus dibenahi dan segera disembuhkan jika mengidap suatu penyakit.

Misal hasil check up ternyata diketahui sobat menderita sakit ambeien, maka tidak ada cara lain, selain tindakan operasi pengangkatan ambeien. Atau juga menderita penyakit hepatitis. Maka, harus segera tindakan pengobatan sejak jauh hari penerimaan. Jika tidak melakukan check up langsung mengikuti tes akmil/akpol maka dipastikan gugur atau dinyatakan tidak lulus karena mengidap suatu penyakit yang berbahaya.


2. Tes Urine

Tes urine merupakan suatu metode pemeriksaan tes kesehatan menggunakan air seni yang bertujuan untuk mendeteksi gangguan dan gejala awal penyakit tertentu, seperti mengetahui fungsi ginjal, narkoba, kristal, diabetes dan sebagainya.

Tips nya sebaiknya minum 2 liter atau 8 gelas air putih sehari dan hindari konsumsi obat-obatan sebelum tes minimal 1 bulan menuju hari tes kesehatan dan Istirahat yang cukup (jangan begadang). 

Setiap casis akan diberi wadah kecil untuk sampel urine. Cara untuk menghadapi tes ini adalah buang ari kencing pertama, (keluarkan dulu sedikit) lalu ambil yang di tengah secukupnya. Karena, urine yang awal itu mengeluarkan limbah bakteri dan racun dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urine.


3. Cek Darah

Tes darah merupakan pemeriksaan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Sampel darah akan di ambil melalui suntik, di masukan dalam botol kecil, lalu dibawa ke laboratorium untuk diperiksa apakah ada suatu penyakit yang berbahaya seperti hepatitis, AIDS dan fungsi organ lainnya.

Oleh karena itu tips sebaiknya hindari konsumsi obat-obatan minimal 2 hari sebelum jadwal pemeriksaan tes kesehatan, perbanyak minum jus buah, air kelapa, kurma, dan buatlah infused water untuk sistem kekebalan tubuh.


4. Tes pemeriksaan paru-paru

Tes pemeriksaan paru-paru merupakan tes yang digunakan untuk dapat mengetahui fungsi saluran pernafasan dan memastikan tidak ada penyakit paru-paru basah maupun kering.

Tips menghadapi tes kesehatan paru-paru supaya terlihat sehat dan baik adalah sebaiknya tidak merokok dan hindari asap rokok selama 7 hari sampai luruh rangkaian tes selesai. 

Selain itu bagi perokok aktif lakukan cara membersihkan paru-paru ini agar bersih yaitu dengan minum secangkir teh hijau di malam hari, konsumsi bawang putih secara teratur, dan menghirup udara segar di hutan hijau bebas polusi.


5. Tes kesehatan gigi

Pentingnya periksa gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali bertujuan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Pemeriksaan gigi oleh ahlinya bisa mendeteksi dan mengobati berbagai gangguan gigi, misal gigi berlubang (karies), kerang gigi dan gigi tidak rata.

Jika gigi sobat tidak rata, berlubang, gigi ompong dibelakang dan kotor maka dipastikan tidak lulus (gugur). Tips lolos kesehatan gigi dengan memperhatikan saran dari dokter gigi. Misal dari hasil check up gigi menunjukan gigi tidak rata. Maka, rapihkan dengan memakai kawat gigi minimal 1 tahun sebelum  penerimaan polisi-tni. Begitupun kerang gigi harus dibersihkan terlebih dahulu 1 bulan sebelum tes kesehatan.


6. Tes rontgen dada

Tes rontgen bertujuan untuk melihat dan menemukan masalah tubuh bagian dalam. seperti jantung, paru-paru, saluran pernafasan, dan pembuluh darah. Sebelum menghadapi scan rontgen perhatikan tips lulus tes rontgen berikut ini minum rutin air kelapa muda dan air putih, berhenti merokok sementara, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau dan hindari gorengan. 


7. Tes tekanan darah

Tes tensi selalu disepelekan oleh peserta casis, karena di anggap tidak berpengaruh pada hasil tes kesehatan, padahal jika tensi sobat tinggi maka saat tes jasmani (samapta) sobat akan di relokasi ke suatu tempat dan akibatnya tidak di izinkan mengikuti tes jasmani. Tekanan darah normal antara 80-120.

Cara lulus tes tekanan darah (tensi) agar tekanan darah normal dan ideal yaitu sebaiknya beristirahat yang cukup dan tepat waktu jam 9/10 malam sudah tidur, perbanyak makan yang sehat (buah-buahan), perbanyak minum air putih dan hindari makanan tinggi kolesterol (seafood dan kambing) selama seminggu sampai hari H tes.


8. Tes Mata dan THT

Tes mata dan THT merupakan rangkaian paket tes kesehatan akmil dan akpol. Jika ingin lolos ketahap berikutnya mata dan THT harus normal dan sehat. Misal seperti kesehatan mata tidak boleh buta warna dan rabun jauh, sedangkan periksaan THT meliputi pendengaran, penciuman dan amandel.

Tips Untuk lolos tes kesehatan mata dan THT sebaiknya setiap calon perwira sering mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A, hindari penggunaan alat untuk menggaruk lubang telinga, dan hindari minuman dingin dan beralkohol.


9. Tes EKG

Pemeriksaan fungsi jantung merupakan langkah wajib untuk memastikan setiap anggota tidak kelainan jantung sehingga tidak membahayakan saat pendidikan. Karena pendidikan pertama dimagelang penuh dengan tekanan.

Menjaga kesehatan jantung dengan cara tidak mengkonsumsi obat-obatan yang menyerang jantung (obat kuat), hindar rokok, konsumsi makanan sehat, berat ideal, dan olahraga. Pada saat periksaan jantung setiap casis akan disuruh berbaring kemudian di pasangkan alat di badan dan jempol. Supaya lolos tes jantung usahakan tetap tenang dan mengatur nafas seperti biasa. Jika gugup hasilnya bisa sangat fatal.


10. Tes umum

Menghadapi tes kesehatan secara umum keseluruhan persiapan harus matang sehingga merasa sudah siap mengikuti seluruh rangkaian tes baik itu kesehatan pertama dan kesehatan kedua. Jangan paksakan jika mengidap suatu gejala penyakit lebih baik berobat untuk proses penyembuhan dulu. 

Sobat wajib mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, susu, telor, ikan, buah, sayur-mayur. hindarilah yang menyebabkan penyakit yaitu alkohol dan minuman soda.

Kiat sukses seleksi Taruna Taruni AKMIL AKPOL adalah teruslah berlatih dengan gigih dan jangan lupakan Tuhanmu. Jika gagal / gugur seleksi pertama jadikanlah pelajaran dan motivasi untuk bangkit di tes TNI Polisi tahun berikutnya. JANGAN MENYERAH. SEMOGA LULUS.

0 Response to "10 Tips Menghadapi Tes Kesehatan Taruna Akmil dan Akpol 100% Lulus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel