Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

5 Aplikasi Terbaik Recovery Data PC 2020 Terbukti Ampuh

Data merupakan asset penting dari kehidupan berteknologi sekarang ini. Namun pernahkah anda secara tidak sengaja menghapus data penting dari hardisk, flashdisk, yang bikin panik lagi apabila data sudah terhapus dari folder Recycle Bin. 

Nah, Jangan panik dulu buat anda yang tidak sengaja menghapus data penting tersebut, kamu masih bisa kok untuk menyelamatkan data yang terhapus dengan menggunakan bantuan aplikasi recovery data terbaik untuk pc dan laptop.
Aplikasi recovery data PC
Aplikasi terbaik recovery data untuk PC (Sumber : tinyquip.com)
Sebetulnya ada banyak Software recovery data yang dapat anda coba untuk memulihkan data dan mengembalikan data anda yang sempat hilang. Sahabat info akan coba menjelaskan 5 aplikasi recovery data yang sering admin pakai. Selain itu, aplikasi ini mudah digunakan. Penasaran? Yuk, langsung simak berikut ini.

Pilihan Aplikasi Recovery Data PC Gratis Terbaik

Berikut beberapa Aplikasi Recovery Data PC Terbaik yang dapat anda coba ketika ingin mengembalikan data yang hilang :

1. Aplikasi Test Disk

Aplikasi recovery data pc terbaik

Aplikasi Recovery Data terbaik yang pertama adalah  TestDisk. TestDisk ini merupakan software open source alias gratis dan multi-platform yang memungkinkan anda untuk mengembalikan data yang hilang atau memperbaiki hard disk non-booting.

Software ini mempunyai beragam fitur yang mudah dioperasikan untuk pemula dan para ahli untuk digunakan mengembalikan data. Walaupun secara tampilan masih sederhana tapi kinerjanya sangatlah powerful loh!

Beberapa kelebihan aplikasi testdisk ini yaitu diantaranya dapat memperbaiki tabel partisi, Recover sektor boot FAT32, Memperbaiki dan membangun filesystem ext2/ext3/ext4, serta mengembalikan data folder yang terhapus dari FAT, exFAT, ext2 dan NTFS. Selain itu software ini dapat dijalankan diberbagai operasi system windowsXP/7/8/10, linux, mac.

2. Aplikasi Recuva

Software pemulihan data yang hilang di pc

Aplikasi Recuva merupakan Aplikasi Recovery Data PC gratis terbaik untuk mendapatkan kembali data kamu yang terhapus. Recuva ini menggunakan Teknik menimpa data yang aman untuk menghapus data penting, pribadi, dan sensitive

Keunggulan dari recuva ini adalah mudah digunakan. Anda dengan mudah mencari dan mendapatkan kembali dokumen, file, data, folder atau informasi lainnya yang telah terhapus karena bug, atau kesalah sistem yang crash dan virus.

Kelebihan lainnya : dengan Recovery data yang superior, mode pemindaian mutakhir, serta fitur penyimpanan aman yang menggunakan Teknik penghapus standar industri.

Untuk mengembalikan data yang terhapus dan hilang. Ikuti langkah recuva tutorial berikut ini :

  1. Buka aplikasi recuva yang sudah di install
  2. Klik next pada jendela wizard
  3. Pilih tipe filemu yang akan dikembalikan
  4. Pilih lokasi file yang terhapus, Keterangan : jika tidak mengingat lokasi klik saja I'm not sure.
  5. Silahkan centang enable deep scan untuk mencari file keseluruhan
  6. Kemudian klik start
  7. Saat proses pencarian file beralngsung jangan tinggalkan PC, tetapi jika file sudah ditemukan, silahkan centang fie tersebut >> Klik Kanan >> dan klik recover checked
  8. Barulah pilih dimana untuk menyimpa file yang sudah ditemukan, Misal partisi D atau my document, lalu klik ok
  9. Selamat file anda telah berhasil kembali di folder penyimpanan.

3. Pandora Recovery

Software recovery data terbaik

Pandora Recovery merupakan aplikasi yang memungkinkan anda untuk melakukan Recovery data yang sudah terhapus secara permanen. Namun, anda hanya bisa mengembalikan data yang dihapus sebulan sebelum Pandora Recovery diinstal, lebih lama dari itu tidak bisa mengembalikan. Aplikasi ini merupakan aplikasi portable sehingga tidak menghabiskan banyak memori.

4. Undelete 360

Undelete 360 merupakan salah satu aplikasi terbaik recovery data

Undelete 360 merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk mengembalikan data yang sengaja maupun tidak sengaja terhapus. Undelete 360 ini juga memungkinkan untuk pemulihan file dan folder. 

Cara kerjanya dengan memulai menelusuri dan mencari data yang terhapus pada drive yang anda tentukan. Memungkinkan melihat data berdasarkan kategori dan fungsi pencarian.

Cara menggunakan aplikasi recovery data undelete 360 adalah sebagai berikut :

  1. Download terlebih dahulu disini, kemudian instal aplikasi
  2. Klik menu tombol 'Search'
  3. Pilih drive yang kamu inginkan. Keterangan : Drive yang dipilih nanti sebagai tempat file yang akan di recovery
  4. Kemudian Klik start
  5. Proses recovery data berjalan, biarkan saja melakukan scan mencari file yang hilang/terhapus
  6. Setelah proses scan selesai, Anda bisa melihat file yang ditemukan berdasarkan kategori
  7. Jika sudah menemukan data yang anda cari, silahkan tandai file tersebut lalu klik 'Recover'
  8. Tahap selanjutnya pilih recovery option dan tentukan tempat penyimpanan file yang di recover
  9. Klik start lagi, silahkan tunggu konfigurasi sampai selesai 100%.
  10. Klik open untuk melihat hasilnya.

5. Mini Tool Power Data Recovery

Data recovery aplikasi

Mini Tool Power Data Recovery merupakan aplikasi recovery data pc yang selanjutnya. Aplikasi ini mampu mengembalikan atau memulihkan semua jenis kehilangan data seperti server, desktop, laptop, dan berbagai jenis file audio, gambar, video dan masih banyak lagi. Aplikasi ini cocok untuk memulihkan data yang kehilangan data secara keseluruhan.

Nah, itulah beberapa aplikasi recovery data pc terbaik yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan data yang sengaja atau tidak sengaja terhapus pada perangkat memori PC, laptop, flashdisk, CD, hardisk anda. 

Salah satu dari pilihan diatas sangat pantas anda coba, apalagi jika anda baru saja panik karena kehilangan data di dalam sistem penyimpanan utama atau penyimpanan lainnya.

Semoga apa yang dijelaskan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Pastikan mencoba beberapa aplikasi diatas terlebih dahulu saat anda kehilangan data. Selamat mencoba dan semoga berhasil memulihkan data anda.

Post a Comment for "5 Aplikasi Terbaik Recovery Data PC 2020 Terbukti Ampuh"