Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

7 Cara Membentuk Otot Bahu Yang Cepat dan Terbukti Untuk Pemula

Mempunyai bahu yang berotot dan kekar memang membuat penampilan menjadi lebih menarik. Dengan adanya otot bahu yang kekar ini membuat perut menjadi terlihat lebih ramping dan atletis. Lalu bagaimana cara membentuk otot bahu yang cepat?
Otot bahu sebenarnya bisa dibentuk dengan mudah dibandingkan otot lain. Hal ini dikarenakan bahu jarang menyimpan lemak di dalamnya, berbeda dengan perut yang gemar menyimpan lemak sehingga otot perut sulit dibentuk secara cepat. 
cara membentuk otot bahu di rumah dan gym untuk pemula

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membentuk otot bahu. Latihan melebarkan bahu di rumah juga bisa dilakukan tanpa perlu waktu yang lama dengan latihan ringan. Berikut ini saya bocorkan pengalaman sendiri cara membentuk otot bahu yang cepat untuk pemula. Simak sampai selesai ya sobat.

Tips Membentuk Otot Bahu di Rumah dan Gym

1. Gerakan push up



Membentuk otot bahu dengan cepat harus dilakukan dengan variasi latihan otot bahu seperti gerakan push up. Latihan ini bisa sobat lakukan di rumah tanpa harus ketempat gym. 
Selain untuk membentuk bahu sebenarnya latihan push up juga bisa dilakukan untuk mengecilkan dan membentuk lengan bagian atas yang bergelambir loh sobat.
Push up berfokus pada kekuatan bahu, dada dan lengan untuk menopang berat tubuh sehingga cukup ukup efektif dan efisien untuk pemula.
Pengalamanku melakukan gerakan push up di rumah setiap hari, 12x setiap set. Coba hingga 5 set. 

2. Gerakan pull up

gerakan yang sering dilakukan untuk pembentukan otot bahu

Geraka Pull up merupakan gerakan yang sering dilakukan untuk pembentukan otot bahu dengan menggantung tubuh ke atas tiang. Dengan pull up, sobat diharuskan untuk bergelantungan dengan memegang tiang dan menggerakan atau menarik tubuh naik turun. 
Latihan gerakan pull up ini juga bisa dimanfaatkan untuk membentuk otot bahu belakang. Bahu terlihat lebih kokoh dan besar. Kalau mampu cukup 8x setiap set.

3. Gerakan arm circle


cara membentuk otot bahu tanpa alat gym
cara membentuk otot bahu tanpa alat gym, gambar pinteres
Arm circle merupakan latihan membentuk otot bahu yang dilakukan dengan memutar lengan. Di gerakan ini, sobat perlu meluruskan tangan sejajar dengan baju ke samping dan diputar ke depan dan belakang tanpa alat gym. Gerakan ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.

4. Gerakan plank

tips membentuk otot bahu dengan cepat di rumah

Gerakan plank merupakan salah satu gerakan yang hampir sama dengan push-up. Berdanya hanya ketika sobat melakukan push up, maka gerakannya ke atas dan ke bawah. Sedangkan plank dilakukan hanya berdiam diri menahan beban tubuh dengan tumpuan kedua sikuk. Gerakan ini terbukti ampuh bisa digunakan untuk membentuk otot bahu, dan otot paha.

5. Gerakan barbell high pull


cara membentuk otot bahu belakang dengan cepat

Nah, jika sobat ingin menambah variasi latihan, gerakan barbell high pull cocok untuk pembentukan otot sayap bahu dan bahkan perut juga kerasa yang hanya bisa dilakukan di tempat gym karena sobat harus membutuhkan bantuan alat.
Caranya, sobat hanya perlu memegang barbell sepanjang 1 meter, luruskan di bawah, lalu angkat ke atas hingga posisi mendekati dada dan turunkan kembali. Lakukan gerakan ini sebanyak 4 set. setiap set 8-12 kali dengan beban ringan terlebih dahulu.

Ohya sobat, gerakan high pull ini rawan cedera jadi tidak disarankan untuk pemula ya, namun jika ingin mencobanya minta bantuan ke teman atau pelatih gym untuk diarahkan.


6. Gerakan dumbbell high pull



Latihan membentuk bahu ini dilakukan menggunakan 2 dumbbell di kanan dan kiri secara bersamaan. Caranya, sobat perlu memegang dumbbell di tangan kanan dan kiri, lalu sedikit jongkok, angkat ke atas dengan menghadap ke depan sejejar bahu sambil berdiri, lalu turunkan kembali. Lakukan latihan ini secara bersamaan setiap set minimal 6x.

7. Gerakan seated lateral raise


cara melatih otot bahu agar terbentuk

Latihan bahu yang sering dilakukan di tempat gym adalah gerakan seat lateral raise. Karena, di anggap lebih efektif membentuk otot bahu dibanding gerakan lain. Aku juga sering terapkan latihan ini dirumah kalau gak ketempat gym.

Jika diperhatikan sih, gerakan hampir sama dengan gerakan dumbbell high pull, hanya saja pada seated lateral raise dilakukan dengan mengangkat dari samping bukan dari depan. Pegang kedua barbell di tangan kanan dan kiri, lalu naikkan keduanya ke atas menghadap samping badan dan turunkan kembali.
Sekian, cara membentuk otot bahu yang cepat dan mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja. Lakukan gerakan-gerakan tersebut secara rutin dan benar untuk mendapatkan hasil yang sempurna sobatku. Selamat mencoba.

Post a Comment for "7 Cara Membentuk Otot Bahu Yang Cepat dan Terbukti Untuk Pemula"